Dermaluz Hydrating Sunscreen & Soothing Cream Review | Harga 70 Ribuan?!

by - October 25, 2021

Hai teman-teman! Hari ini aku kembali ingin membahas satu brand lokal yang baru saja aku coba. Dermaluz Skincare lahir di akhir 2019 dengan meluncurkan produk pertamanya yaitu paket Acne Series. Seiring berjalannya waktu, Dermaluz mengeluarkan banyak varian produk, 2 (dua) yang aku coba dan hari ini adalah Hydrating Sunscreen dan Soothing Cream-nya. Yang menarik, harga mereka cukup affordable hanya di sekitar Rp 70.000,- (tujuh puluh ribu). Nah daripada berlama-lama, mari kita mulai review-nya! 

- Dermaluz Hydrating Sunscreen -

Desain kemasan sunscreen Dermaluz ini aku suka deh! Perpaduan warna hitam dan kuningnya bikin warna kemasan ini pop out banget. Kemasannya sendiri seperti sunscreen pada umumnya, berbentuk tube pipih. Dia tidak datang bersama kotak, poin plusnya ingredients sudah tertera di kemasan dan mengurangi sampah kertas juga. Jatuhnya lebih praktis aja! Yang agak disayangkan, di kemasan tidak tertera berapa SPF-nya jadi kita harus bertanya ke admin Dermaluz kalau penasaran. Aku sempat tanya dan dapat info kalau produk ini punya SPF 30 PA+++.

Yuk kita masuk ke ingredients-nya! Sunscreen ini termasuk sebagai hybrid sunscreen karena mengandung chemical sekaligus physical Ssnscreen, yaitu Phenylbenzimidazole Sulfonic Acid dan Zinc Oxide. Selain mengandung SPF, dia Dermaluz Hydrating Sunscreen ini juga punya kandungan yang oke untuk perawatan kulit seperti:
  • Niacinamide atau Vitamin B3. Kandungan ini dikenal luas punya manfaat yang beragam dan baik bagi kulit, makanya sering dipakai sebagai kandungan skincare. Fungsinya membantu mengatasi jerawat serta bekasnya, mengurangi noda hitam di wajah (PIH), serta mencerahkan wajah.
  • Salicylic Acid, merupakan salah satu jenis acid (BHA) yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit terutama jerawat dengan cara mengeksfoliasi sel kulit mati dan menjaga kebersihan pori-pori serta komedo.
  • Hyaluronic Acid, kandungan yang sudah dikenal luas mampu menahan kelembaban kulit di wajah, dan
  • Ceramide, yang dikenal luas mampu memperkuat skin barrier atau lapisan terluar kulit.
Sebagai sebuah sunscreen, menurutku produk ini punya banyak kandungan yang baik bagi kulit. Makanya, aku sebut sunscreen ini sebagai sunscreen rasa moisturizer! 

Yuk kita masuk ke recap review! Aku akan membahas tekstur, wangi, dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, harga, serta cara pemakaian.
Tekstur, Wangi, dan Warna: sunscreen ini punya tekstur cream tapi watery - hampir seperti gel texture. Aku suka karena dia ini no fragrance, jadi gak terasa wangi apapun. Untuk warnanya juga oke banget, sebagai sebuah sunscreen warnanya menyatu ke kulit dan tidak menimbulkan whitecast. 

Rasanya di Kulit: sunscreen ini saat diaplikasikan terasa sangat ringan, rasanya hampir seperti pakai gel moisturizer. Dia juga ga berat di kulit, jadi terasa nyaman di kulit. Finish-nya natural semi dewy (ada pantulan), terasa super ringan di kulit dan sticky hanya di beberapa menit awal saja.

Efeknya di Kulit: sunscreen ini di kulitku pribadi terasa nyaman, ga bikin kulit terasa berat. Hanya saja, karena dia SPF nya 30 PA+++, aku prefer pakai di rumah saja ketimbang keluar. Dia juga bisa menggantikan posisi moisturizer pagi, jadi cukup pakai face wash, toner yang tekstur cair, dan Dermaluz Hydrating Sunscreen. 

Cara Pemakaian: ada trik tersendiri buat suncsreen ini supaya nyaman saat diratakan. Aku biasa aplikasikan saat wajah dalam keadaan basah setelah pakai watery toner jadi dia bakal lebih mudah diratakan dan menyatu dengan baik di kulit. Kalau kita apply-nya saat wajah kondisi kering, dia bakalan seret dan ada potensi pilling

Harga: Rp 72.000,- beli di shopee.

- Dermaluz Soothing Cream -
Soothing cream, apa ini? Sebetulnya sih ini moisturizer, tetapi dia punya fungsi utama menenangkan kulit. Kemasannya sendiri persis dengan si sunscreen, hanya beda di warna saja yaitu warna hijau tua. Dia juga tidak ada kotak kemasan, jadi kandungan dan informasi lainnya sudah tertera di tube cream, termasuk kandungannya. Aku suka sih dengan kemasannya, biasanya untuk moisturizer brand memilih pakai jar packaging, kan. Ini pakai tube, jadinya lebih higenis.

Yuk kita masuk ke ingredients-nya! Kandungan cream ini oke banget buat lembabin dan nenangin kulit, sesuai nama produknya. Ada Hyaluronic Acid, Ceramide, Aloe Vera, dan Allantoin. Yang aku suka, produk ini tidak mengandung parfum ataupun jenis alkohol yang membuat kulit cenderung kering. Dia memang mengandung Cetyl Alcohol dan Cetearyl Alcohol, tapi kedua kandungan ini termasuk alkohol lemak yang justru baik untuk kulit dan malah bisa melembabkan. Dia juga mengandung Cactus Extract, yang fungsinya membantu mencegah penuaan dini, melembabkan kulit, mengencangkan kulit, dan menenangkan kulit yang iritasi.

Tekstur, Wangi, dan Warna: cream ini punya tekstur gel watery, mudah diratakan dan terasa cukup ringan di wajah. Secara tekstur hampir mirip dengan sunscreen, tapi si cream ini lebih seperti gel teksturnya (bening). Yang kusuka, dia ga terasa berat atau sumuk di wajah dan ga terasa lengket. Wanginya ini unik, seperti wangi buah yang manis gitu tapi soft jadi cocok di hidungku. 

Rasanya di Kulit: moisturizer ini definisi nama sesuai efeknya. Beneran soothing! Saat diaplikasikan dia terasa dingin di kulit, jadi kulit rasanya soothe atau tenang gitu. Aku suka karena dia bikin kulit terasa lembab tanpa meninggalkan rasa lengket atau greasy.

Cara Pemakaian: moisturizer ini paling enak dipakai jika kita pakai basic skincare aja, jadi hanya face wash, toner, moisturizer. Kalau terlalu berlayer, ada potensi moisturizer ini akan pilling. Makanya, aku pribadi prefer pakai di malam hari saja supaya tidak perlu dilayer lagi dengan sunscreen. 

Apakah Hydrating Sunscreen dan Soothing Cream bisa dipakai berdua? Sebetulnya bisa saja, tapi Aku pribadi memilih pakai sendiri-sendiri aja, karena dua-duanya punya tekstur creamy. Bakal terasa berat kalau ditumpuk.

Harga: Rp 72.000,- beli di shopee.

Thank You for Reading!

You May Also Like

8 comments

  1. Agak jarang yaa nemu sunscreen gak ada keterangan spf-nya, tapi konsepnya menarik juga, hydrating sun screen :)

    ReplyDelete
  2. Tekstur sunscreenya kaya skinaqua sekilas, menarik banget nih nggak ada fragrance cocok ya sepertinya buat kulitku yang agak sensi sma wewangian

    ReplyDelete
  3. Aku sempet penasaran sama kedua ini, karena harganya terjangkau pollll :') yesh kayaknya emg oke buat basic ya El, segi teksurnya kerasa ringan gitu tapi ternyata potensi pilling ya, diliat-liat IL nya ngingetin si The Ordinary NMF + HA ituuu lho.

    ReplyDelete
  4. wah aku belum nyobain dermaluz nih, untuk sunscreennya dia pilling ga kak el? trus biasanya kalo untuk keluar rumah prefer yang spf berapa?

    ReplyDelete
  5. Kandungan sunscreen nya menarik, surprisingly harganya cukup terjangkau yaa, aku kira bakal 100k keatas.

    ReplyDelete
  6. wah, lumayan thick ya teksturnya mba..kayaknya emg kalo sunscreennya lebih enak pake moist lain yang teksturnya gel/gel cream

    ReplyDelete
  7. Aku udah pakai juga duo cream sama moisturizer ini dari Dermaluz , paling suka sama moisturizer nya enaak di kulit untuk pakai di rumah aja karena ringan. Cactus creamnya juga enak, ingrenya unik pakai kaktus. Keren yah Dermaluz !

    ReplyDelete
  8. menarik banget! kalo aku pribadi biasanya langsung sunscreen sih waktu pagi. kayaknya aku kalo coba ini harus terpisah juga pakenya 🤔

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L