eBright Skin Review | Metode Double Toning, Apa Ini?

by - October 19, 2021

Buat temen-temen pemula skincare, awal kita mencoba yang perlu dipenuhi adalah Basic Skincare: cleanse, hydrate, protect. Nah kalau udah oke basic-nya, temen-temen boleh nih tambahkan kegiatan skincare dengan metode double toning. Apa ini? Double toning adalah rangkaian perawatan kulit menggunakan 2 (dua) toner yang jenisnya berbeda. Setelah cuci muka. teman-teman pakai exfoliating toner, baru selanjutnya hydrating toner. Bedanya? Exfoliating toner fungsinya mengangkat sel kulit mati & membantu mengurangi bruntusan atau jerawat. Hydrating toner melembabkan kulit serta mempersiapkan kulit ke tahap skincare selanjutnya. Double toning dilakukan agar skincare bekerja lebih maksimal. 

Terkait dengan metode Double Toning tersebut, ada 2 (dua) toner yang mau aku bahas hari ini dari salah satu brand lokal, yaitu eBright Skin. Produknya yang satu exfoliating toner, yang satu hydrating toner. Sekalian aku juga mau review sabun wajahnya supaya lengkap. Mari disimak! 

eBright Morning Skin Barrier Brightening Cleanser
Sabun wajah ini kemasannya imut, deh! Ukurannya 30ml dan berbentuk tube. Aku suka-suka aja sih sama kemasannya, ukuran imut seperti ini enak buat dibawa-bawa pergi. Sesuai namanya, fungsi utama sabun wajah ini selain untuk membersihkan juga ada efek mencerahkannya. Ini sabun wajah yang bisa banget dicoba oleh semua tipe kulit karena dia no SLS, no paraben, no alcohol, dan no perfume. 

Mari kita bahas kandungannya. Sabun wajah ini ternyata punya kandungan yang biasa dipakai di step skincare selanjutnya untuk merawat kulit, seperti:
  • Niacinamide atau Vitamin B3, kandungan yang sudah terkenal punya banyak manfaat seperti mencerahkan kulit, membantu mengurangi jerawat, mengurangi noda hitam di wajah.
  • Alpha Arbutin merupakan salah satu bentuk dari arbutin, berfungsi untuk mencerahkan wajah dan mengurangi noda hitam (PIH) di wajah. Kandungan ini jauh lebih stabil dan efektif.
  • Aloe Vera Extract banyak digunakan dalam kandungan skincare untuk menenangkan kulit yang kemerahan, iritasi, atau bahkan terbakar.
  • Glutathione, sama seperti alpha arbutin punya kemampuan untuk menghambat eumelanin (zat melamin yang menyebabkan kulit jadi lebih gelap) lalu mengubahnya menjadi pheomelanin, zat melamin yang bisa membuat kulit yang lebih cerah.
  • Licorice kaya akan berbagai vitamin sehingga merupakan antioksidan yang bagus bagi kulit.
Seperti biasa, aku mau memberikan recap review. Aku akan membahas tekstur, wangi dan warna, rasa serta efek di kulit, cara pemakaian, dan harga.

Tekstur, Wangi dan Warna: sabun wajah ini punya tekstur gel runny berwarna bening, sehingga menurutku dia tergolong sebagai cleansing gel. Busanya juga sedikit, buat teman-teman yang suka sabun tanpa atau busa sedikit boleh dijadikan pilihan. Kusuka karena dia ga ada wanginya, jadi nyaman saat mencuci wajah!

Rasa dan Efek di Kulit: so far selama pemakaian sabun wajah ini aku merasa nyaman dan tidak merasa ada efek negatif di kulit. Sabun wajah ini juga ga bikin ketarik atau kenceng kulit, kulit terasa cukup bersih. Dibilasnya juga mudah, ga licin dan ga perih di mata. Untuk efek mencerahkannya sejauh ini belum terlihat sih, lebih ke membersihkan saja.

Cara Pemakaian: sabun wajah ini dipakai di pagi dan malam hari. Aku sendiri kalau sore selalu double cleansing supaya lebih bersih. Tuang secukupnya di telapak tangan, beri air, usap ke wajah, lalu bilas.

Harga: Rp 42.500,- bisa dibeli di shopee.

eBright First Preparation AHA Probiotic Face Toner
Exfoliating toner dari eBright ini punya kemasan spray. Mungkin mengikuti teksturnya yang cair, kali ya! Nah meski kemasannya spray, aku sarankan untuk toner dengan fungsi eksfoliasi seperti ini jangan langsung disemprotkan ke wajah, melainkan ditaruh dulu di kapas, baru usap ke wajah. Hal ini karena wangi acid dari produk ini cukup kuat kalau disemprotkan langsung. Informasi produk sendiri sudah terletak di botol spray-nya jadi cukup praktis jika ingin mempelajari ingredients-nya.

Yuk kita bahas kandungannya! Toner ini punya kandungan eksfoliasi Lactic Acid yang masuk ke golongan AHA. Fungsinya adalah membantu pengelupasan sel kulit mati sehingga merangsang pertumbuhan sel kulit baru. Selain kandungan tersebut, terdapat kandungan lain yaitu:
  • Galactomyces: merupakan sejenis jamur atau fungi, fungsinya mengurangi sebum yang berlebih, mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat. Kandungan ini juga mampu melembapkan dan melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Alpha Arbutin: kandungan yang sudah terkenal akan manfaatnya untuk membuat wajah terlihat lebih cerah. Zat ini memperlambat produksi tironase, sehingga melanin menjadi lebih sedikit sehingga kulit kusam pun terlihat lebih cerah.
  • Allantoin: menenangkan kulit dan mempunyai efek anti inflamasi.
  • Licorice Extract: mampu mengurangi hiperpigmentasi dan menenangkan kulit.
Note that toner ini tidak mengandung alkohol maupun parfum, so it's a plus point for me!

Tekstur, Wangi dan Warna: seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya, toner ini punya tekstur yang watery dan runny, makanya ditaruh pada kemasan spray. Wanginya sendiri dominan aroma acid, jadi baiknya jangan langsung disemprotkan ke wajah tapi ditaruh ke kapas. Warnanya sendiri bening.

Rasa dan Efek di Kulit: awal mencoba toner ini, aku melakukan kesalahan dengan menyemprotkannya langsung ke wajah. Aroma acid cukup terasa, karenanya aku menggunakan kapas untuk apply. Buatku toner ini cukup gentle karena ga ada rasa cekit ataupun semriwing. Dia juga lumayan bisa ngangkat kotoran yang tersisa di wajah. 

Cara Pemakaian: exfoliating toner biasa kupakai di malam hari. Ini beda-beda, tapi aku pribadi hanya pakai eBright Exfoliating Toner ini di area T-Zone saja. Usap perlahan menggunakan kapas, kalau kulit teman-teman sensitif boleh ditap saja. Aku pakai tiap hari, tapi kalau teman-teman belum terbiasa dengan eksfoliasi bisa pakai 2-3 hari sekali.

Harga: Rp 59.000,- bisa dibeli di shopee. Ada ukuran besarnya juga lho!

eBright Mugwort O'Cica Hydrating Toner
Si hijau ini tergolong sebagai hydrating toner. Secara kemasan, dia percis dengan AHA Toner, hanya beda di warna dan informasi produk saja. Kalau teman-teman tarik bagian tutupnya, kemasan toner ini berbentuk spray jadi biasa aku semprotkan langsung ke wajah jadi tidak menggunakan kapas. Informasi produk semua terletak pada kemasan botolnya, jadi kalau teman-teman ingin mempelajari kandungan cus tinggal lihat!

Sesuai namanya, toner ini punya kandungan utama Mugwort dan Cica. Kombinasi 2 (dua) produk ini tuh lagi in banget, secara keduanya punya manfaat menyegarkan dan menenangkan kulit. Aku jelaskan masing-masing manfaat dari setiap kandungan, ya!
  • Centella Asiatica Extract: kandungan ini sudah dikenal mampu menyegarkan dan menenangkan kulit yang iritasi.
  • Galactomyces: merupakan sejenis jamur atau fungi, fungsinya mengurangi sebum yang berlebih, mencerahkan wajah dan mengurangi jerawat. Kandungan ini juga mampu melembapkan dan melindungi kulit dari radikal bebas.
  • Tea Tree Water: berfungsi menenangkan kulit yang berjerawat. Kandungan ini punya sifat anti bakteri dan anti inflamasi untuk mencegah terjadinya jerawat.
  • Artemesia  Vulgaris (Mugwort) Extract: hampir sama dengan Cica Extract, kandungan Mugwort juga punya manfaat menenangkan kulit.
Toner ini tidak mengandung parfum, tapi memang saat disemprotkan ke wajah agak terasa, ya ada wangi-wangi tanaman yang cukup kencang. Sepertinya ini dari kandungan tea tree.

Tekstur, Wangi dan Warna: hydrating toner ini punya tekstur seperti exfoliating toner-nya. Cair, runny, sedikit ada busa makanya kemasannya dalam bentuk spray. Toner ini punya wangi yang cukup kencang yah buatku, tapi masih bearable kok.

Rasa dan Efek di Kulit: satu hal yang aku rasa dari toner ini, segar! Saat pertama disemprotkan, wajah terasa cukup adem dan segar. Aku biasanya tap-tap dengan tangan supaya merata. Untuk efeknya aku merasa toner ini lebih ke menyegarkan dan menenangkan saja, kalau melembabkannya tetap harus dibantu skincare lain supaya terasa. Buatku ini lebih oke untuk jadi skin prep, fungsinya mempersiapkan kulit ke tahap selanjutnya.

Cara Pemakaian: karena bentuknya spray, sebetulnya toner ini bisa dipakai kapan saja. Mau saat wajah kering bisa, mau dipakai di slot toner juga bisa. Produk ini cukup versatile karena pemakaiannya tinggal semprot-semprot aja.

Harga: Rp 55.000,- bisa dibeli di shopee. Ada ukuran besarnya juga lho!

Thank You for Reading!

You May Also Like

10 comments

  1. keren banget yah kandungannya. Menarik juga semua produknya kayanya sih yg bikin ngiler si toner hydrating-nya sih hehe

    ReplyDelete
  2. eBright nih manteb sih ingreds nya skg. Aku pake moist nya kak bagus2 bgt ingred mereka. Mana murah yaa kan๐Ÿ˜‚

    ReplyDelete
  3. eBright brand baru kah, kak El? aku naksir hydrating tonernya niihh, ingredientsnya aku sukaa :D

    ReplyDelete
  4. 2 tonernya ini bener-bener paket lengkap yaa buat double toning. Pengen cobain tapi sayang kadang aku breakout kalau kena probiotic.

    ReplyDelete
  5. Harganya cukup affordable yaa, paket tonernya juga menarik, ada exfo sekalian hydrating toner, worth to try :)

    ReplyDelete
  6. tonernya menarik, apalagi packagingnya yang pake aplikator spray tuh enakeun baget

    ReplyDelete
  7. Sabun sama cica tonernya bikin penasaran deh

    ReplyDelete
  8. Baru tau brand ini dan harganya terjangkau yaaa, ingredientsnya juga menarik >.<

    ReplyDelete
  9. Hydrating tonernya sih menggoda imanku. Komposisinya pas dengan kebutuhan kulitku๐Ÿ˜๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L