TAVI GEL TO OIL FIRST CLEANSER REVIEW | First Cleanser Dengan Tekstur Unik

by - October 22, 2022

Ada teman-teman di sini yang kalau travelling suka malas double cleansing? Ngerti banget sih, secara cleansing balm mungkin too heavy too bring, sedangkan cleansing oil rawan tumpah karena bentuknya cair. Aku sendiri juga gitu, mager banget bawa barang yang besar karena bikin koper penuh! 

Nah beranjak dari keresahan tersebut, brand Tavi melakukan gebrakan. Mereka mengeluarkan gel to oil first cleanser. Maksudnya apa ini? Jadi, first cleanser dari Tavi ini bentuknya gel, tapi saat diratakan berubah menjadi oil seperti cleansing oil. Asli sih keren banget, mereka memberi solusi dengan inovasi. Kemasannya pun dibuat bentuk tube dengan warna biru yang fun, super efisien untuk dibawa-bawa. 

♡ Gel to Oil 1st Cleanser 

By the way, mungkin ada teman-teman di sini yang belum tau apa itu first cleanser dan bedanya dengan sabun cuci muka biasa. Pada dasarnya, ada 2 (dua) jenis cleanser yang beredar di pasaran:
  • First cleanser, berbentuk minyak atau air - fungsinya untuk mengangkat kotoran, debu, makeup di wajah. 
  • Second cleanser, biasanya berbentuk cream, gel, atau air. Fungsinya untuk membersihkan sisa kotoran di wajah. 
Pemakaian 2 (dua) produk ini untuk membersihkan wajah dikenal dengan teknik Double Cleansing. Mengapa kita perlu pakai first cleanser? Tujuan utamanya tentu agar semua kotoran di wajah terangkat sempurna dan tidak ada sisa melekat di wajah yang bisa memicu jerawat. Meskipun kita tidak sedang menggunakan make up, ada beberapa sunscreen yang ternyata tidak mudah luruh hanya dengan sabun wajah biasa. Karenanya, tetap dianjurkan menggunakan 2 (dua) jenis cleanser tersebut terutama di malam hari setelah beraktivitas.

Ada 2 (dua) jenis ingredients yang diunggulkan, yaitu Supperberies & Amino Acid. 
  • Superberries terdiri dari Goji Berry, Acai Berry, dan Japanese Beauty Berry yang kaya akan antioksidan. 
  • Amino Acid merupakan bagian dari Natural Moisturizing Factors (NMF) yang berfungsi melembabkan & menutrisi kulit. Makanya, first cleanser ini ga berasa kering di kulit!
Teksturnya sendiri memang jadi keunggulan utamanya. Saat dikeluarkan, bentuknya gel kental berwarna bening. Saat diratakan, dia mulai berubah dari gel menjadi oil dan kemudian aku baurkan ke seluruh wajah. Menurutku teksturnya ini bikin dia jadi super mudah untuk dipakai, gak berantakan, minim residu putih, mudah dibilas, dan gak berasa greasy juga. Mau dipakai daily cocok, dibawa saat travelling juga oke. Setelah merata, bilas dengan air mengalir sampai wajah bersih.

Aku suka rasanya setelah pemakaian, wajah ga berasa kering ataupun ketarik. Daya hapusnya cukup oke, untuk foundation, eyebrow pencil, blush on dan lip products dia mampu menghilangkan dengan sekali usap. Untuk eye makeup, waterproof eyeliner & mascara perlu effort lebih untuk menghapusnya. Makanya, aku pribadi memilih pakai makeup remover saja supaya lebih mudah.
 
♡ Urban Shield 3in1 Super Fine Mist 
Selain gel to oil cleanser, Tavi juga punya beberapa produk lain yang menarik. Salah satunya face mist ini, namanya Urban Shield 3in1 Super Fine Mist! Aku suka karena dia aromanya enak dan semprotannya halus. Selain karena memenuhi kriteria tersebut, spray-nya tuh model aerosol jadi sebarannya lebih merata dan gak bikin wajah 'basah banget'. Bisa dipakai sebagai pengganti hydrating toner untuk melembabkan, dipakai sebelum makeup sebagai primer, juga sesudah makeup sebagai final touch face spray supaya makeup gak dempul.

Sama dengan first cleanser, face mist ini juga mengandung Supperberries dan Amino Acid.
  • Superberries terdiri dari Goji Berry, Acai Berry, dan Japanese Beauty Berry yang kaya akan antioksidan. 
  • Amino Acid merupakan bagian dari Natural Moisturizing Factors (NMF) yang berfungsi melembabkan & menutrisi kulit. Makanya, first cleanser ini ga berasa kering di kulit!
Karenanya, face mist ini juga punya manfaat anti polusi dan anti blue light. Dia ada kandungan perfume, tapi soft banget menurutku jadi nyaman saat disemprotkan, ga bikin hidung gatal. 

Face mist ini punya tekstur watery seperti air. Karena bentuknya aerosol, semprotannya menyebar ke seluruh wajah dan terasa ringan, gak belang-belangan di atas kulit. Gak ada rasa perih ataupun panas setelah pemakaian, nyaman aja! Produk ini juga bisa dipakai kapan saja, boleh pagi, siang, malam, saat wajah terasa sumuk, atau saat wajah terasa panas.

Emang pake face mist penting ya? Buatku sih penting, soalnya pakai skincare saat keadaan kulit basah bisa bantu memaksimalkan daya serap skincare. Makanya aku suka pakein face mist dulu, baru lanjut ke skincare lain. Kalau teman-teman punya tipe kulit kering, boleh semprot agak banyak lalu tap-tap supaya lebih 'berasa' lembabnya. Kalau spray ringan ke wajah rasanya lebih ke segar aja. 

♡ 10% Niacinamide + Zinc Acne Solution Serum 
Terakhir, mau bahas Acne Serum Tavi. Meski wajahku jarang ada jerawat, aku juga suka pakai srum ini karena dia mengandung 10% Niacinamide, jadi bisa bantu mencerahkan wajah yang kusam. Kemasannya sendiri sebetulnya sama dengan kemasan serum umumnya, terbuat dari kaca tebal dengan aplikator pipet. Yang membedakan, ukurannya jauh lebih gemuk dan besar, jadi tentu isinya lebih banyak dari serum biasa. Gemas!

Kandungannya sendiri ada 4 (empat) yang menjadi utama:
  • 10% Niacinamide: kandungan sejuta umat yang punya banyak fungsi. Membantu mengurangi jerawat, mencerahkan, menghilangkan bekas jerawat menghitam, serta melawan radikal bebas.
  • Zinc PCA: berfungsi melembabkan kulit dan mengontrol produksi minyak berlebih.
  • Allantoin: mengangkat sel-sel kulit mati, melembapkan, serta menjaga tekstur kulit agar tetap halus.
  • Sodium Hyaluronate: membantu melembabkan dan menghidrasi wajah.
Menurutku pribadi dia gak khusus hanya untuk serum jerawat saja karena dari segi ingredients ada manfaat mencerahkan dan melembabkannya juga. Bisa dibilang versatile, tapi memang fokusnya untuk jerawat.

Teksturnya sendiri cair ke kental, gel berwarna bening. Ada aroma alami dari serum yang agak masam tapi masih aman di aku. Aku cukup suka sama teksturnya, licin saat diratakan, ringan, dan mudah menyerap. Agak terasa kencang di muka kalau didiamkan, enaknya dilayer dengan serum lain. 

Serum ini ada rasa sedikit lengket tapi ga masalah buatku. So far so good, dia bikin kulit lebih radiant setelah pemakaian, tapi memang ga instan dan perlu waktu. Yang aku suka, meski Niacinamide-nya cukup tinggi tapi di kulit terasa normal, ga ada perih atau cekit-cekitnya.

Temen-temen udah coba Produk-produk Tavi? Boleh share di kolom komen dong! 

Where to buy?

You May Also Like

1 comments

  1. cleansernya menarik banget sih <3 beneran inovasi baruu buat yang gak suka balm/oil cleanser karena kadang suka greasy :')

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L