Bhumi Luminight Exfoliating Serum & Claire Vibrant Booster Review | Advanced But Mild?!

by - September 08, 2022

Bhumi selalu deh keluarin produk yang advanced dan beda dari yang lain. Hari ini aku mau bahas 2 (dua) produk terbaru mereka yang akhir-akhir ini aku pakai, yaitu exfoliating serum dan brightening booster. Serum dan booster, beda atau sama ya? Lalu, apakah keduanya bisa dipakai bersamaan? Terlebih keduanya punya konsentrasi yang cukup tinggi, ya kan. Oleh karena itu, di posting-an ini aku mau review detail experience pemakaian serta cara penggunaannya seperti apa. Disimak ya!

Pertama-tama, aku mau memperkenalkan (kembali) Bhumi sebagai sebuah skincare brand lokal. BHUMI berdiri sejak tahun 2017 di bawah PT Riza Kreasi Naturalindo. Dinamai BHUMI karena rangkaian produk yang dihasilkan tercipta dari keindahan alam, salah satunya dengan menggunakan essential oil sebagai salah satu kandungan pada produk dan sumber inspirasi dari perusahaan. Seiring berjalannya waktu, produk-produk skincare yang dihasilkan tidak hanya berfokus pada essential oil tapi juga kandungan lain yang juga unik dan menarik.

♡ BHUMI LUMINIGHT EXFOLIATING SERUM 

Kayanya aku lumayan jarang deh bahas exfoliating serum di blog. Nah kalau teman-teman sedang mencari produk eksfoliasi yang kandungannya tinggi, tapi ingin efek yang nyaman di kulit boleh banget cobain Luminight Exfoliating Serum. Biasanya, tekstur exfoliating serum itu cair jadi lebih cepat nyerap dan bakal terasa tingling-nya. Punya BHUMI ini berbeda, teksturnya gel kental seperti jellyjadi saat diaplikasikan ke kulit ga langsung 'nyerap'  dan terasa less tingling.

Fungsi serum ini apa sih? Sesuai namanya, Luminight Serum berfungsi untuk eksfoliasi atau mengangkat sel kulit mati. Selain itu, dia juga punya fungsi mencerahkan kulit serta mengurangi bekas jerawat menghitam di wajah karena ada brightening agent-nya. Dengan cara pakai yang benar, serum ini ga bakal bikin kulit tingling, apalagi sampai iritasi. Oh ya, kemasannya ini khas BHUMI yaa, berbentuk silinder dengan pump di atasnya. Membuat produk lebih higenis dan cotrollable saat dikeluarkan.

Bagian paling seru tentu saat membahas kandungannya. Bhumi Exfoliating Serum ini punya 3 (tiga) kandungan utama:
  • 10% AHA BHA Complex: berfungsi mengangkat sel kulit mati dan membersihkan pori-pori tersumbat secara optimal (8% AHA + 2% BHA). Selain itu, juga membantu meratakan tekstur kulit.
  • 3% Alpha Arbutin: membantu mengatasi warna kulit tidak merata dan menjadikan kulit tampak lebih cerah.
  • 1% Prickly Pear (Cactus Stem Extract): mampu menenangkan kulit yang iritasi atau kemerahan, serta meratakan tekstur dan warna kulit.
  • 1% Allantoin: memiliki kemampuan skin healing dan anti iritasi pada kulit, memperbaiki skin barrier, serta menyamarkan bekas jerawat.
  • Licorice Extract mengandung glycyrrhizin yang mampu mengurangi gejala iritasi kulit seperti gatal-gatal dan kemerahan pada kulit.
Kalau kita lihat, serum ini termasuk multifungsi karena bisa membantu mengangkat sel kulit mati sekaligus mencerahkan. Karenanya, teman-teman cukup pakai ini saja sudah bisa mendapat beberapa manfaat sekaligus!

Seperti yang aku sebut sebelumnya, serum ini punya tekstur gel kental mirip soothing gel. Saat diratakan, dia terasa cukup sticky di awal, tapi setelahnya cepat menyerap. Dalam kondisi wajah normal serum ini ga bikin kulit terasa tingling atau drying, malah ada cooling sensation-nya. Menurutku teksturnya ngebantu banget sih, karena dia kental jadi saat diratakan gak langsung nyerap ke dalam kulit tapi perlahan-lahan. Makanya, serum ini feels mild tapi kandungannya advanced! Oh ya, salah satu plus poin lainnya adalah dia hampir ga ada wanginya jadi gak ganggu saat pemakaian.

Aku pribadi paling sering pakai di area T-Zone dan dagu saja. Untuk area pipi aku hanya pakai kalau dirasa perlu. Efeknya cukup terasa, pagi setelah pemakaian kulit terlihat kinclong dan halus. Untuk efek mencerahkannya perlahan tapi pasti, asal kita telaten menurutku hasilnya lama-lama akan terlihat. Aku biasa taruh 1 (satu) pump untuk seluruh wajah. Jangan terlalu banyak ya, apalagi kalau kulit sedang sensitized sebaiknya skip aja karena takutnya jadi over exfoliation. Pakainya cukup 1-2 kali aja dalam seminggu di malam hari. Paginya jangan lupa pakai sunscreen!

♡ BHUMI CLAIRE VIBRANT BOOSTER 

Buat teman-teman yang ingin fokus mencerahkan kulit, meningkatkan antioksidan, dan anti-aging bisa cobain serum ini. Clairè Vibrant Booster bisa jadi alternatif brightening skincare buat temen-temen yang mungkin kurang cocok menggunakan Vitamin C atau brightening products dengan exfoliating agents yang berpotensi mengiritasi kulit. Yang unik, karena teksturnya super watery produk ini bisa digunakan dengan (dua) cara yaitu sebagai serum (tanpa dicampur) atau di-mix dengan skincare lain sebagai booster. 
  • Sebagai booster: tekan 1-2 pump booster pada serum atau moisturizer dan campurkan secara merata. Pijat lembut ke wajah dan leher hingga meresap.
  • Sebagai serum: tekan 2-3 pump booster ke telapak tangan atau jari. Pijat lembut ke wajah dan leher hingga meresap. Urutan pakainya: cleanser - toner - Claire Vibrant Booster - serum - moisturizer - sunscreen.
Kemasannya sendiri seperti serum Bhumi biasanya, hanya saja ukurannya sedikit lebih pendek. Warnanya super cantik, soft pink gitu dengan pump, jadi lebih higenis karena ga perlu colek-colek atau sering terkena udara seperti kalau pakai pipet. 

Mari kita bahas kandungannya. Ingredients pada booster ini full of brightening agents deh.
  • 3% Alpha Arbutin: membantu menyamarkan noda hitam, flek hitam, maupun warna kulit tidak merata.
  • 1% Glutathione: efektif meningkatkan tone kulit wajah dan mengurangi bekas jerawat PIE (kemerahan) atau PIH (bekas jerawat menghitam).
  • 0.5% Mulberry & Bearberry Extracts: kedua kandungan ini tinggi antioksidan yang dapat secara maksimal mencerahkan wajah, menjaga kulit tetap elastis, serta menyamarkan age spots, bekas jerawat, atau garis halus.
Tekstur serum ini super cair dan runny, persis kaya air tapi agak licin. Makanya, selain berfungsi sebagai serum yang dipakai sendiri dia juga berfungsi sebagai booster untuk kemudian di-mix dengan produk lain karena tekstur tersebut. Sejauh ini aku lebih sering pakai sendiri sebagai serum, rasanya super ringan di kulit dan cepat menyerap. Ada aroma masam yang cukup terasa, tapi untungnya cepat hilang jadi tidak terlalu mengganggu. 

So far aku merasa nyaman dengan serum ini dan ga merasa ada efek negatif saat pemakaian. Rasanya ringan dan mudah menyerap di kulit, cocok buat temen-temen yang suka layering products karena fungsinya memang fokus untuk mencerahkan. Kalau ingin kulit terasa lembab tinggal ditambah serum atau moisturizer, lalu terakhir sunscreen di pagi hari. Booster ini boleh dipakai di pagi atau malam, cukup taruh 2-3 pump lalu usap ke wajah.

Cara pakainya bagaimana? Kalau aku pribadi, biasanya pakai di waktu yang berbeda. Misalnya Claire di pagi hari, Luminight di malam hari. Atau, misalkan Claire kupakai hari ini, Luminight akan kupakai esoknya. Aku memilih tidak memakai bareng karena dari Luminight sendiri sudah ada kandungan brightening-nya. Namun, jika teman-teman ingin pakai keduanya bersamaan, menurutku ga masalah banget! Ada beberapa teman yang pakai bersamaan dan di kulit mereka hasilnya bagus. Thank you for reading!

Where to buy?

You May Also Like

2 comments

  1. aku gabisa pake aha terlalu tinggi jadi yang claire ada alpha arbutinnya menarik banget! mana packagingnya gemessss 🥺💖

    ReplyDelete
  2. Menarik banget yah. Aku sendiri masih takut kalau pake serum exfo takut ngga cocok atau pakenya ngga bener. Reviewnya membantu banget sih buat nnti referensi kalau udh mulai berani pake exfo serum hehe.

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L