Whitelab Brightening Series Review | Harga 70 Ribuan, Pilih Mana?

by - December 05, 2021

Ingin mencerahkan wajah tapi bingung pakai brightening agent apa? Vitamin C.. atau Niacinamide ya? Whitelab punya jawabannya. Beberapa minggu lalu Whitelab mengeluarkan 3 (tiga) buah serum yang fungsi utamanya mencerahkan, dalam seri #PickYourBrighteningHero. Kalau dari kemasan secara bentuk memang mirip-mirip, tetapi kandungan, tekstur, dan efeknya di wajah jelas beda. Penasaran apa bedanya dan harus pilih yang mana? Aku bahas satu per satu, ya! 

Whitelab C-Dose+ Brightening Serum

Aku taruh dia di urutan pertama karena ini favoritku di antara yang lain. C-Dose+ dari Whitelab ini merupakan salah satu Vitamin C termelembabkan yang pernah aku coba. Secara aroma juga ter-soft dari produk Whitelab yang pernah kucoba. Awal sih agak skeptis surprisingly dia soft! Kemasannya sendiri dari botol kaca pipet berwarna hitam, didesain gelap agar Vitamin C tidak mudah teroksidasi. Pipetnya bikin sedikit effort untuk menarik produknya, tapi kalau uda tau triknya ga masalah. 

Sekarang mari kita bahas kandungannya. C-Dose+ Serum ini punya star ingredients yang keren-keren banget: 
  • 2% Ethyl Ascorbic Acid (Vitamin C): jenis Vitamin C yang lebih stabil, persentasenya yang kecil membuatnya bisa dicoba oleh pemula. Fungsi utamanya sebagai antioksidan dan mencerahkan wajah. 
  • Ferulic Acid: sebagai antioksidan yang berfungsi mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas. 
  • Marine Collagen: kolagen yang berasal dari kulit ikan, fungsinya untuk meningkatkan elastisitas kulit.
  • HyaluComplex-10: perpaduan 10 tipe Hyaluronic Acid yang punya manfaat melembabkan kulit.
Selain yang disebutkan sebelumnya, serum ini juga punya kandungan RayKami. Bernama latin Artemisia Capillaris Flower Extract, fungsinya menenangkan dan mengurangi kemerahan pada kulit. Sepertinya RayKami sedang banyak dipakai di produk-produk Whitelab ya! Produk ini memang mengandung parfum, tapi tenang wanginya super soft kok! 

Seperti biasa aku akan memberikan recap review. Aku akan membahas tekstur, wangi, dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, cara pemakaian, serta harga. 

Tekstur, Wangi, dan Warna: berbeda dari  Vitamin C biasa, serum ini punya tekstur gel-milky, sedikit runny. Aku suka dengan teksturnya karena dia licin saat diaplikasikan ke wajah. Wanginya sih yang aku kaget, soft banget! Beda dari produk Whitelab biasanya. 

Rasanya di Kulit: saat pertama diaplikasikan, serum ini lumayan terasa adem di wajah. Dia ringan, gampang diratakan, dan mudah menyerap. Ada rasa lengket hanya di beberapa menit awal sebelum menyerap, setelah menyerap kulit terasa ringan. 

Efeknya di Kulit: Suka pol! Sejauh ini dia jadi serum Vitamin C termelembabkan yang pernah kucoba. Kulit jadi terasa velvety dan halus saat disentuh. Lembabnya dapet, efek glowing dan/atau cerahnya cukup terlihat. Kurasa bakal nyaman untuk semua skin type karena non-sticky di kulit. Dia juga bikin wajah keliatan cerahan, apalagi kalau dipadukan dengan sunscreen di pagi hari. 

Cara Pemakaian: teman-teman boleh pakai serum ini di siang atau malam hari. Kalau pakai pagi hari, jangan lupa pakai sunscreen setelahnya. Aku setelah pakai ini biasa ga lanjut hydrating serum lagi, jadi cukup moisturizer saja. 

Harga: Rp78.750,- bisa dibeli di shopee.

Whitelab Brightening Booster Serum (5% Niacinamide)
Ada 2 (dua) jenis Niacinamide yang dihadirkan oleh Whitelab. Bedanya apa? Hanya di persenan Niacinamide-nya. Yang 1 (satu) 5%, yang 1 (satu) 10%. Ini dibuat karena tidak semua pengguna skincare cocok dengan persentase Niacinamide yang tinggi, jadi dihadirkanlah 2 (dua) pilihan. Kemasan serum ini berbentuk botol dengan pipet, berwarna putih. Informasi produk semua terletak pada kotak kemasan, jadi jangan dibuang ya! 

Sekarang kita masuk ke kandungan. Serum ini punya beberapa kandungan utama: 
  • Niacinamide 5%: kandungan yang sudah dikenal mampu merawat kulit yang berjerawat dan mencerahkan wajah. 
  • Glycerin: kandungan basic di suatu produk skincare yang fungsinya untuk melembabkan. 
  • HyaluComplex-10+: perpaduan 10 tipe Hyaluronic Acid yang punya manfaat melembabkan kulit.
  • Marine Collagen: kolagen yang berasal dari kulit ikan, fungsinya untuk meningkatkan elastisitas kulit.
Produk ini tidak mengandung alkohol, tapi mengandung perfume. Untungnya, wanginya masih bearable dan cukup soft jadi masih cocok dengan hidungku.
 
Tekstur, Wangi, dan Warna: serum ini punya tekstur cair sedikit kental, agak runny, berwarna bening. Aku bisa bilang sih teksturnya mirip Niacinamide serum pada umumnya ya. Wanginya sedikit lebih terasa dari yang Vitamin C tapi masih bearable.

Rasanya di Kulit: saat pertama kali diratakan, aku merasa teksturnya cukup ringan, licin, dan mudah diratakan. Terasa adem di wajah. Di aku pribadi gak ada rasa tingling atau apapun, cukup nyaman. 

Efeknya di Kulit: untuk kulit kering, dia memberikan efek lembab 10-15 menit awal pemakaian. Kalau didiamkan, kulit kembali terasa normal (ga lembab ga kering). Jadi, kalau  ingin lembabnya bertahan boleh dilayer 2 (dua) kali atau ditambah skincare lain, misalkan moisturizer. Efek cerahnya pelan tapi pasti.

Cara Pemakaian: serum ini boleh dipakai di pagi atau malam hari. Aku pribadi biasa pakai 2-3 pipet supaya wajah terasa basah. Ini preferensi masing-masing, ya! 

Harga: Rp68.750,- bisa dibeli di shopee.

Whitelab Intense Brightening Serum (10% Niacinamide)
Varian ini jadi best seller di antara ketiganya. Aku lihat di shopee dia sudah terjual lebih dari 1 juta pcs?! Gila kan. Setelah aku coba, antara yang 5% dan 10% tidak terlalu banyak perbedaan. Jadi di sini aku bakal bahas apa yang membedakan saja, ya! 

Pertama, soal kandungan. Kedua produk ini kalau dilihat ingredients list-nya sama persis, yang membedakan hanya Niacinamide yang 10% ada di urutan kedua, sedangkan yang 5% di urutan ketiga. Ini sesuai pilihan teman-teman saja, lebih nyaman pakai yang mana.

Tekstur, Wangi, dan Warna: secara wangi keduanya sama, cukup terasa buatku yang hidungnya sensitif tapi masih bearable banget. Tekstur juga hampir sama, bening cair sedikit kental — yang membedakan Niacinamide 10% sedikit lebih kental daripada Niacinamide 5%. Kalau sekilas pandang sih ga terlalu ketara perbedannya. 

Rasanya di Kulit: Feels surprisingly cukup beda. Niacinamide 5% terasa adem dan nyaman, sedangkan Niacinamide 10% di aku pribadi agak terasa semriwing (tingling di pipi). Namun, keduanya tetap terasa ringan, mudah diratakan dan mudah menyerap. 

Efek di Kulit: sama seperti yang 5%, serum ini juga  memberikan efek lembab 10-15 menit di awal pemakaian. Kalau didiamkan, kulit kembali terasa normal (ga lembab ga kering). Kalau  ingin lembabnya bertahan, boleh dilayer 2 (dua) kali atau ditambah skincare lain, misalkan moisturizer. 

Harga: Rp 78.750,- bisa dibeli di shopee.

Sudah bisa menentukan ingin coba yang mana? Share yaa! 

You May Also Like

3 comments

  1. Yaampun aku baru tau Whitelab punya Vit C serum. Mana ethyl ascorbic acid nya urutan 3 yaa. Selama ini selalu andelin vit C soalnya PIH prone bgt🥲

    ReplyDelete
  2. Kayanya kemasannya beda yah lebih cakepan dan agak kokoh hehe. Gilak ini paket lengkap baget sih semuanya buat mencerahkan. tinggal pilih sesuai sama kebutuhan.

    ReplyDelete
  3. Serumnya whitelab pada bikin penasaran, mana harganya murah mursidah kan. Heuheu... Tp stok masih bejibun ga abis2 😂

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L