Skinoia Review: Cleansing Oil, Toner, Serum, Moisturizer | Skincare dari Teh?!

by - September 21, 2021

Halo semua! Hari ini aku mau memperkenalkan 1 (satu) rangkaian skincare yang sedang kupakai dari sebuah brand lokal, namanya Skinoia. Rangkaian ini terdiri dari cleansing oil, toner, serum, dan juga moisturizer. Nah dari keempat produk ini ada 1 (satu) yang sudah menjadi wishlist-ku sejak lama dan kemudian sekarang menjadi holygrail-ku! Coba ada yang bisa tebak apa? Kalau teman-teman ngikutin instagram aku mungkin bisa tebak, deh.

Skinoia sendiri sebagai sebuah brand sebetulnya sudah hadir di industri kecantikan sejak tahun 2018. Namun, namanya mulai dikenal saat mereka meluncurkan cleansing oil di tahun 2019. Kok bisa? Yes, kalau biasanya cleansing oil kurang digemari karena teksturnya yang kental, punya Skinoia menjadi favorit banyak orang karena teksturnya yang ringan, cair, mudah dibaurkan, dan wanginya enak. Dari pujian ini ketahuan deh mana yang menjadi favoritku yang aku hint sebelumnya! Namun, produk lainnya tak kalah menarik, kok. Penasaran? Yuk disimak review-nya.

- Calendula Light Cleansing Oil -
Teman-teman belum familiar dengan cleansing oil? Cleansing oil atau minyak pembersih pada dasarnya merupakan salah satu jenis first cleanser. Jadi, sebelum kita membersihkan wajah dengan sabun wajah (second cleanser), ada baiknya kita pakai first cleanser dulu supaya kotoran atau sisa makeup di wajah yang sulit dibersihkan oleh sabun wajah lebih mudah terangkat. Nah, dari beberapa jenis first cleanser yang sudah kucoba, cleansing oil merupakan favoritku karena kepraktisannya. Tinggal pump,  baurkan ke wajah, bilas. Punya Skinoia ini salah satu yang kusuka.

Dari segi kemasan, aku sangat suka karena pertama botolnya terbuat dari plastik jadi meminimalisir kemungkinan pecahnya kemasan karena tersenggol saat sedang membersihkan wajah. Selain itu, dia ini tipe kemasan pump, jadi cairan cleansing oil-nya dengan mudah keluar dan bisa terkontrol (gak kebanyakan). Untuk informasi produk sendiri sudah tertera di botol kemasan, tapi lama kelamaan akan pudar jadi sebaiknya kalau teman-teman ingin membaca informasi ini di suatu saat, simpan kotak kemasannya, ya!

Kita masuk ke kandungannya. Dari namanya saja cleansing oil, tentu kandungan utamanya adalah minyak. Namun selain minyak juga ada kandungan lain yang bagus untuk melembabkan dan menenangkan kulit, lho:
  • Apricot Oil, Sweet Almond Oil, Soybean Oil, dan beberapa oil lain: ini adalah beberapa jenis minyak yang digunakan untuk membersihkan makeup dan kotoran di wajah. 
  • Tocopherol atau Vitamin E: kaya akan antioksidan sehingga mampu menangkal radikal bebas.
  • Calendula Extract: mempunyai sifat anti inflamasi, anti bakteri, juga kaya antioksidan. Selain itu, ekstrak bunga ini bisa membantu melembabkan kulit.
  • Bisabolol: mampu menenangkan kulit dan juga bersifat sebagai antioksidan.
Seperti biasa, aku akan membuat recap review. Aku akan bahas tekstur, wangi dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, cara pemakaian, dan harga. 

Tekstur, Wangi, dan Warna: dari cleansing oil lokal yang pernah kucoba, punya Skinoia ini yang paling cair dan runny jadi pas ditaruh di wajah mudah banget buat diratain. Wanginya juga kaya teh, buatku relaxing banget dan cocok sama hidungku. Untuk warnanya sendiri seperti cleansing oil kebanyakan, berwarna kuning.

Rasanya di Kulit: satu hal yang bikin aku seneng pakai cleansing oil adalah kepraktisannya. Pakai ini tinggal pump, balurkan ke wajah trus bilas. Karena teksturnya tersebut, rasanya ringan di kulit dan mudah dibilas. Dia juga gak bikin mata burem ataupun perih. Yang penting jangan sampai cairannya masuk mata dalam jumlah banyak, jadi temen-temen kucek matanya pelan-pelan aja dan sambil merem.

Efeknya di Kulit: kemampuan membersihkannya oke banget. Semua makeup bersih dan terangkat sempurna, kecuali mascara baiknya pakai makeup remover saja supaya lebih bersih. Setelah dibilas wajah ga terasa tacky atau lengket juga, jadi nyaman banget. Sesudah dibilas, aku merasa wajahku terutama area pipi cukup lembab dan ga ada rasa ketarik. Senengnya aku pakai cleansing oil gini sih, jadi ga ada pergesekan antara wajah dengan kapas untuk angkat makeup seperti kalau pakai micellar water.

Cara Pemakaian: cleansing oil ini digunakan sebelum mencuci wajah dengan sabun. Taruh 1-2 pump di telapak tangan, balurkan ke seluruh wajah, lalu pijat perlahan. Jika kotoran di wajah sudah lumer, tambahkan air lalu bilas. Untuk area mata gosok perlahan.

Harga: Rp165.000,- bisa dibeli di shopee.

- Rose & Tea Hydrating Toner -
Temen-temen notice ada yang unik? Yes, toner ini ada rose petals-nya lho! Skinoia Rose & Tea Hydrating Toner ini sesuai namanya mengandung rose water dan tea leaf extract yang berfungsi untuk menenangkan kulit. Kemasannya sendiri terbuat dari plastik tebal, jadi tidak akan mudah pecah kalau tidak sengaja jatuh. Untuk informasi produk sendiri ada pada kotak kemasan, jadi kalau teman-teman ingin mempelajari jangan dibuang, ya.

Toner ini punya banyak kandungan yang menarik. Ada Niacinamide yang sudah dikenal umum mampu mengatasi banyak permasalahan kulit, juga ada Witch Hazel dan Centella Asiatica Extract yang berfungsi sebagai antioksidan. Centella Asiatica Extract bersama Allantoin dan Aloe Vera Extract juga dikenal mampu menenangkan kulit. Tak lupa Rose Damascena Flower Water dan Green Tea Extract sebagai kandungan yang diunggulkan di produk ini yang juga menjadi soothing agent. 

Tekstur, Wangi, dan Warna: toner ini punya tekstur watery dan runny, seperti air mineral biasa. Di dalamnya terdapat rose petals sebagai pemanis tonernya. Aku suka karena toner ini tidak mengandung parfum, hanya ada aroma-aroma segar yang cukup enak di hidung. Warnanya bening. 

Rasanya di Kulit: kalau aku pakai toner ini dengan cara langsung membaurkan ke wajah, rasanya lebih ke segar setelah cuci muka. Ada rasa-rasa adem juga. Nah kalau ingin menenangkannya lebih berasa, aku biasa pakai kapas dan menggunakannya dengan metode CSM (Chizu Saeki Method). Dengan begini, kulit terasa lebih dingin dan soothe.

Efeknya di Kulit: selama aku pakai toner ini, aku nyaman karena dia menyegarkan kulit. Untuk efek melembabkannya mungkin perlu dibantu dengan produk skincare selanjutnya. Dia aku pribadi dia selain menyegarkan juga bikin kulit terasa chill, apalagi setelah cuci muka. Wajah terasa siap untuk menerima skincare lanjutan.

Cara Pemakaian: ada banyak cara menggunakan toner ini. Ingin dibaurkan langsung ke wajah, bisa. Dengan cara CSM (Chizu Saeki Method) juga bisa. Aku pribadi paling seneng pakai  metode CSM karena lebih berasa soothing-nya. Caranya mudah, tinggal taruh kapas yang telah dibasahi ke seluruh area wajah, lalu diamkan selama 5-10 menit seperti sedang maskeran. Toner ini bisa dipakai di pagi dan malam hari.

Harga: Rp145.000,- bisa dibeli di shopee.

- Green Tea Fresh & Calming Serum -
Serum ini cukup menarik karena punya nama yang sesuai dengan tampilan produknya. Namanya Green Tea Fresh & Calming Serum, kemasannya didominasi warna hijau, cairan serumnya berwarna coklat seperti teh. Kemasannya sendiri seperti serum pada umumnya, menggunakan botol kaca tebal dengan pipet. Kalau teman-teman ingin membaca informasi mengenai produknya, kotak kemasannya jangan dibuang, ya!

Ada beberapa kandungan yang menarik dari produk ini, sebagian besar bagus untuk menenangkan kulit. Ada Niacinamide yang sudah dikenal kaya akan manfaat, Centella Asiatica Extract dan Camellia Sinensis (Tea) Leaf Extract yang berfungsi menenangkan kulit, serta Allantoin dan Salix Alba Ark Extract yang berfungsi sebagai anti inflamasi. Serum ini tidak mengandung alkohol ataupun parfum, lho!

Tekstur, Wangi, dan Warna: serum ini punya tekstur cair sedikiiit kental, tetapi runny. Enaknya, serum dengan tipe seperti ini biasanya mudah diambil dari kemasan dan terasa ringan. Yang menarik lagi tentu dari segi warnanya, seperti teh! Aromanya pun seperti teh manis, relaxing banget. 

Rasanya di Kulit: aku suka sensasi saat serum ini diaplikasikan ke kulit. Menurutku serum ini bisa banget bikin kulitku adem. Selain itu, dia rasanya ringan, cepat menyerap dan ga terasa lengket sama sekali. Untuk dilayer produk lain pun masih enak.

Efeknya di Kulit: yang aku rasakan dari serum ini adalah kulit wajah terasa plump atau membal saat ditekan. Namun, untuk area pipiku yang lebih kering masi terasa perlu skincare tambahan agar lebih terasa kelembabannya. Menurutku tipe serum seperti ini akan cocok untuk segala jenis kulit karena feels-nya yang ringan.

Cara Pemakaian: teman-teman bisa pakai serum ini di slot serum, setelah toner dan sebelum moisturizer. Serum ini bisa dipakai di pagi maupun malam hari.

Harga: Rp135.000,- bisa dibeli di shopee.

- Green Tea Acne Moisturizer -
Ah, sampai juga kita di produk terakhir! Meski namanya Acne Moisturizer, pelembab ini bisa dipakai di semua jenis kulit untuk membantu mencegah terjadinya jerawat. Aku yang kulitnya kering, bisa pakai ini. Seniorku dalam dunia blogging, Ci Melissa dari Mel's Playroom yang skin type-nya kombinasi juga sudah coba produk ini dan me-review rangkaian skincare Skinoia di blog-nya. Moisturizer ini bisa dipakai di semua tipe kulit karena gak bikin kulit kering.

Kemasannya sendiri berbentuk botol dengan airless pump. Aku selalu lebih suka kemasan seperti ini ketimbang jar karena lebih higenis. Selain itu, karena dia airless produkya tertarik ke atas sehingga tidak akan ada yang tersis. Untuk informasi produk secara lengkap tertera pada kemasan kotak, kalau ingin membacanya jangan dibuang yaa!

Skinoia Green Tea Acne Moisturizer ini punya beberapa kandungan utama:
  • Niacinamide 4% atau Vitamin B3: berfungsi untuk membantu mengatasi jerawat, mencerahkan wajah, mengurangi noda hitam di wajah. Kandungan ini sudah sering digunakan sebagai kandungan skincare
  • Salicylic Acid 0.02%: merupakan salah satu jenis BHA yang ampuh untuk mengatasi masalah kulit terutama jerawat dengan cara mengeksfoliasi sel kulit mati dan menjaga kebersihan pori-pori serta komedo.
  • Centella Asiatica, Chamomile, Camellia Sinensis Extract, Panthenol, Salix Alba Ark Extract: berfungsi sebagai antioksidan dan soothing agent untuk menenangkan kulit.
Tekstur, Wangi, dan Warna: moisturizer ini punya tekstur yang cukup kental. Untungnya, dia tipe yang mudah untuk diratakan atau dibaurkan ke kulit. Ada roma teh yang soft jadi hampir tidak terasa. Warnanya sendiri putih gading.

Rasanya di Kulit: walaupun moisturizer ini ditujukan untuk menenangkan jerawat, dia ngga bikin kulit kering sama sekali jadi rasanya bisa digunakan untuk semua tipe kulit. Malahan, aku merasa dia cenderung bikin kulit lembab dan supple, walau ada rasa-rasa sedikit tacky. Ga masalah sih, setelah menyerap ga berasa kok!

Efeknya di Kulit: aku merasa setelah pakai ini wajah terasa lembab dan plump. Setelah pakai ini, biasanya aku tidak pakai skincare tambahan lagi karena dari dia saja sudah pol lembabnya. Aku juga merasa moisturizer ini bisa menenangkan kulit yang sedang ada jerawat. 

Cara Pemakaian: teman-teman bisa pakai moisturizer ini di slot terakhir skincare. Kalau pagi, lanjutkan dengan sunscreen. Kalau malam, bisa langsung dipakai tidur (boleh tambahkan eye cream). Aku pribadi pakai ini di malam hari saja karena dia cukup terasa occlusive di kulit (supaya menghindari rasa sumuk di pagi hari).

Harga: Rp125.000,- bisa dibeli di shopee.

Teman-teman dari keempat produk dari Skinoia, tertarik yang mana nih? Kalau aku mengunggulkan cleansing oil-nya. Namun, produk yang lain tak kalah oke kok!

Thank You for Reading!

You May Also Like

19 comments

  1. waduh, si cleansing oilnya udah ada di wishlistku dari lama. sekarang nambah lagi si moisturizer, penasaran banget!!

    ReplyDelete
  2. Aku juga tertarik banget sama cleansing oilnya, kayaknya teksturnya bakal ringan banget pas dipake 😍

    ReplyDelete
  3. Wishlist ku Skinoia katanya almost mirip CO Bamboonya Cleansing Oillll, ini versi sangat affordable sih kalau emang beneran sekece Skin Dewi! Aku naksir deh Rose Water tonernya, kayaknya oke di aku tapi mungkin perlu dilayering hydrating lagi kalau di kulitku yang rese, kwkw.

    ReplyDelete
  4. wah ini dupenya Skin Dewi yaaa tapi harganya lebih affordable? mau ah cobain, aku naksir rose waternya niih

    ReplyDelete
  5. Aku jg suka banget sama cleansing oil skinoia. Ternyaman buatan lokal. Kalo pelembabnya justru agak krg well blend di kulit aku

    ReplyDelete
  6. Wow kemasannya kaya bukan lokal punya keren bangett. Aku blm icip" wkwk jadi kepengen setelah liat reviewnya

    ReplyDelete
  7. waah ini dia skinoia yang bikin aku penasaran. tose and tea hydratjng tonernya seger bangeet, kemasannya cantik!

    ReplyDelete
  8. tonernya menarik nih kemasannya juga menarik nih skinoa, belum pernah coba skinoa nih jadi penasaran

    ReplyDelete
  9. Menarik bgt si skincarenya ini banyak kandungan tehnya, teh bagus bgt dan banyak manfaatnya. Jadi penasaran pngen nyoba smuanya apalagi tonernya 🤩

    ReplyDelete
  10. kalo pake cleansing oil gitu wajah jadi licin banget nggak sih kak? soalnya sama yg tipe oil gini kadang aku kurang nyaman. Tapi pernahnya pake oil serum sih

    ReplyDelete
  11. Dari dulu pengen banget nyoba cleansing oil tp blm kesampaian, ternyata merek ini ok ya mbak, kecuali buat maskara perlu tambahan lagi gtu?
    Wah menarik juga nih pelembabnya dipakai kalau wajah pas jerawatan gtu thx reviewnya :D

    ReplyDelete
  12. Aku kepo sama greentea acne moisturizer soalnya kulitku lbh ke kering dan berjerawat. Pingin cobain yg moisturizer nya ahh

    ReplyDelete
  13. Semuanya penting sih buatku produknya, tapi berhubung aku lagi nyari cleansing oil sepertinya tertarik buat cobain itu duluan. Lihat dari kandungannya oke banget dan yang paling penting bisa melembabkan, karena kulitku cenderung kering.

    ReplyDelete
  14. Packagingnya keliatan berkelas dan menarik sekali. Jujur belum pernah cobain skincare yang berbahan greentea kayak gini, menarik banget untuk dicoba.

    ReplyDelete
  15. Rangkaian produk base skincare yang dilakukan di pagi dan malam hari oleh produk Skinoia.
    Ini penting banget untuk teliti dengan bahan kandungan yang cocok dengan kulit beserta teksturnya yang ringan.
    Aku tertarik banget sama Calendula Light Cleansing Oil-nya.

    ReplyDelete
  16. Brand lokal sekarang bagus2 yaa.. liat toner ada rose petals bikin mupeng bgt

    ReplyDelete
  17. hua, cantik banget ini sepaket rangkaian skionoia ini.. aku penasaran dgn hydrating toner dan moisturizer nya deh..

    ReplyDelete
  18. lengkap banget ya kak rangkaiannaya, penasaran sama serumnya so cute travel friendly banget tapi pastinya manfaatnya buat kulit besar banget ya, kebetulan lagi cari serum juga

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L