Datglow Skin Ceramide + Ginseng Skinbar Serum Review | Si Mungil untuk Skin Barrier?!

by - September 15, 2021

'Kecil-kecil cabe rawit'  sering dengar peribahasa ini, kan? Yes, peribahasa tersebut cocok dengan serum yang satu ini. Serum dari Datglow Skin ini bernama Ceramide + Ginseng Skin Bar Serum, tergambar dari namanya serum ini berfungsi memperkuat skin barrier atau lapisan kulit. Selain itu, dia juga bisa melembabkan kulit karena mengandung 10 (sepuluh) jenis hydrating agents! Aku sendiri sudah coba serum ini selama hampir 2 (dua) minggu, dan sejauh ini merasa dia sangat oke untuk menenangkan kulitku yang sedang iritasi. Penasaran? Mari disimak review-nya!

Ngomong-ngomong tentang Datglow Skin, brand mereka lahir di tahun 2019 silam. Nah di tahun 2020, mereka meluncurkan serum pertamanya, yaitu varian serum brightening yang kemudian berubah nama menjadi Skinbright Serum (berwarna ungu). Setelahnya, lahir varian lain yaitu Skinpair Serum (untuk merawat wajah yang berjerawat  berwarna hijau) dan yang aku coba ini bernama Skinbar Serum (berwarna pink). Selain serum, mereka juga mempunyai produk lain seperti Skin Tonic dan  Acne Gel.

Yuk kita bahas kemasannya dulu. Skinbar Serum ini mempunyai kemasan yang cukup mungil, yaitu berisi 10gram. Buat teman-teman yang suka coba-coba skincare, serum ini bakal oke banget karena isinya sedikit dan harganya cukup affordable (di bawah 75 ribuan). Nah buat aku pribadi yang memang suka boros pakai skincare, serum ini terasa cepat habis. Memang sih, aku sekali pakai itu bisa 2-3 pump, jadi dalam 5 (lima) hari saja sudah masuk ke botol kedua. Semoga mereka nanti mengeluarkan yang versi besarnya, ya!

Mengenai kemasan botolnya, serum ini menggunakan kemasan pipet seperti serum pada umumnya. Agak sulit mengeluarkan produknya karena cairan termasuk cukup kental, jadi perlu trik untuk bisa menarik cairan ke pipet. Selain itu, bahan kertas yang digunakan cepat pudar, jadi lama-lama botol kemasan tidak terllihat cantik lagi. Untuk kemasan kotaknya sendiri mempunyai informasi yang cukup lengkap, termasuk kandungannya. Kalau teman-teman ingin mempelajari ingredients-nya, jangan buang kotaknya ya!

Sekarang mari kita bahas kandungannya. Serum ini mempunyai beberapa kandungan kunci yang akan aku kategorikan berdasarkan fungsinya:
  • Memperbaiki dan memperkuat lapisan kulit terluar (skin barrier): Lactobacillus / Collagen / Mesembryanthemum Crystallinum Leaf Extract Ferment Lysate; Ceramide-3.
  • Menenangkan kulit dan bersifat anti inflamasi: Green Tea (Camellia Sinensis Leaf) Extract, Aloe Vera Juice.
  • Melembabkan: Aloe Vera Juice, Polyglutamic Acid, Sodium Hyaluronate, Hydrolyzed Hyaluronic Acid, Hydroxypropultrimonium Hyaluronate, Sodium Acetylated Hyaluronate (zat-zat turunan Hyaluronic Acid).
  • Anti Aging: Ginseng (Panax Quinquefolium) Root Extract.
Sedikit kembali ngomongin kemasan, aku suka deh sama Datglow Skin yang benar-benar perhatian soal ingredients. Informasi di atas itu tertera di box-nya loh! Trus di bagian ingredients list, kandungan yang memang penting menggunakan font tebal supaya kita mudah membacanya. Pun mereka tulis kandungan hero mereka di kemasan depan. Insightful banget! Oh ya, serum ini menurutku bakal aman buat semua jenis kulit karena dia no perfume dan no alcohol. 

Yuk kita masuk ke recap review-nya! Seperti biasa aku akan membahas tekstur, wangi dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, cara pemakaian, dan harga. 

Tekstur, Wangi, dan Warna: serum ini punya tekstur cair sedikit kental, tetapi runny. Warnanya milky (putih susu), ada aroma seperti susu juga yang alami (bukan dari kandungan parfum). Aku pribadi suka sama teksturnya, tetapi memang seperti yang aku jelaskan sebelumnya dia ini agak sulit dikeluarkan dari botolnya (cairan sulit naik ke pipet) jadi harus tau triknya ya.

Rasanya di Kulit: kalau teman-teman sering baca review-ku, mungkin tau kalau aku suka tipe serum yang licin. Nah punya Datglow Skin ini tidak licin, jadi saat diaplikasikan harus agak banyak supaya bisa glides on smoothly. Aku suka dengan rasanya yang ringan di kulit dan gak terasa sumuk. Serum ini juga cepat menyerap dan gak lengket, jadi bisa banget di-layer dengan skincare lain.

Efeknya di Kulit: menurutku serum ini efek melembabkannya beda dari serum kebanyakan. Dia berasanya lembabin dari dalam, gak hanya di permukaan saja. Terasa kondisi kulit yang tadinya kering jadi lebih plump. Selain itu, dia bisa banget bikin kulit yang iritasi (misalkan gatal, atau bentol-bentol merah) terasa dingin dan calm.

Nah karena dia terasa lembab dari dalam, area kulit paling luarku kurang terasa basah-basah lembab dan rasanya masih butuh kelembaban lagi. Karenanya, aku selalu tambahkan skincare lain supaya lebih lengkap. Ini tergantung kulit masing-masing ya, kalau dengan Skinbar saja sudah cukup, gausah tambah apa-apa juga udah oke!

Cara Pemakaian: aku sering pakai 2-3 pipet untuk satu wajah. Pakainya boleh di pagi hari, boleh di malam hari sesudah toner dan sebelum moisturizer. 

Harga: Rp 71.000,- sedang diskon jadi Rp 59.000,- bisa dibeli di shopee.

Berikut aku sertakan foto before-after pemakaian Skinbar Serum ya. Kebetulan pas bangun tadi pagi ada bentol dan gatal di beberapa area pipi, jadi aku coba tes pakai serum ini. Di 30 (tiga puluh) menit sampai 1 (satu) jam kemudian, beberapa area kemerahan sudah mulai memudar dan gatalnya hilang.

Thank You for Reading!
tags: Datglowskin Ceramide + Ginseng Skinbar Serum, Review Serum Datglowskin, Review Datglowskin Skinbar Serum

You May Also Like

18 comments

  1. Wahhh jadi penasaran poll pengen cobain juga ka 😍 thankyou ka ell buat review nya membantu banget πŸ’–

    ReplyDelete
  2. Paling sukaaa sama serum yg Melembabkan auto nambah ke daftar whislist sih ini 😍😍 thanks for review kak el πŸ€—πŸ’•

    ReplyDelete
  3. Jadi penasaran, pingin bisa cobain, masuk wishlist

    ReplyDelete
  4. Terima kasih reviewnya kak Ell😍😍

    ReplyDelete
  5. Omgg ini yg ku cari!!! Serumm for my skin barrierr😍😍 thxx for the revieww bebb✨πŸ₯°πŸ™πŸ»

    ReplyDelete
  6. Kandungan Ceramide-3 dan Ginseng, merawat skin barrier dan anti aging. Perpaduan yg da'best sih menurut aku ❤️❤️ Thankyou ce sdh menjabarkan dgn detail about this produk πŸ€—

    ReplyDelete
  7. Terimakasih sudah meracuni 😭 wajib masuk wishlist sih inii

    ReplyDelete
  8. baru tau produk inii dan jadi tertarik karna produknya tu fokus ke skinbarrier. akhir-akhir ini lagi balikin skin barierr gituu. makasi infonya ya kak

    ReplyDelete
  9. Thank you utk review nya sis ❤️ Sangat bermanfaat 😍😍

    ReplyDelete
  10. Terima kasih reviewnya kak, amat membantu. Beberapa kali sliweran sih produk ini tapi baru baca lengkap reviewnya di sini keliatan effortnya dari before after sih huuu penasaran

    ReplyDelete
  11. Waaaaa reviewnya ngebantu bangettt. Bakal sering mampir kesini buat baca2 yg lebih lengkap😍 makasih kak el udh bikin reviewπŸ₯°

    ReplyDelete
  12. Wah aku malahan lebih suka hasil serum yang gak licin gini, kalau malam sih aku okeoke aja kalo pake yg licin, tp kalo pagi tu agak ngeganggu πŸ˜… well, aku juga boros makenya btw jd kalo size sekecil ini bakal abis untuk beberapa hari aja

    ReplyDelete
  13. Wahh unik banget ni kak ada ginsengnya, harganya affordable banget juga yaa kakk

    ReplyDelete
  14. Baca 'lembapin dari dalem' thisssss! Aku suka banget, tapi gak drama ya El, gak bikin pori kesumbat:'), fix masuk WL nanti kalau serum ku udah bbrp terpake :')

    ReplyDelete
  15. Aku belum pernah coba Datglow, menarik banget sih produknya, bikin penasaran

    ReplyDelete
  16. teksturnya kayak susu ya kak el 😍 emang kalo ceramide tu mantep banget lembapnya!

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L