Fruitlab Beauty Fruit Infused Serum Mango & Lemon Review | Serum Rasa Buah?!

by - August 13, 2021

Pernah mencoba skincare yang konsepnya buah-buahan? Kalau belum, cobain dari Fruitlab deh! Konsep mereka unik banget, setiap produk punya 1 (satu) buah sebagai ekstraknya. Dari beberapa pilihan toner, serum, dan moisturizer aku akhirnya memilih serum untuk dicoba. Yang Mango fungsinya untuk menutrisi dan melembabkan sedangkan yang Lemon untuk mencerahkan. Selain 2 (dua) varian ini, ada pula varian Pomegranate yang berfungsi untuk anti aging dan Avocado yang berfungsi untuk mengatasi jerawat. Meski terkesan kalau serum ini hanya fokus ke satu masalah, saat kita baca  ternyata kandungannya punya beragam manfaat. Penasaran? Yuk disimak review-nya! 

Sebelumnya, aku mau memperkenalkan Fruitlab sebagai sebuah skincare brand. Lahir di Bandung pertengahan tahun 2021 ini, Fruitlab fokus membuat skincare yang mengandung buah-buahan. Sebabnya, banyak resep-resep DIY masker buah yang ternyata malah membuat kondisi kulit jadi kurang baik.  Fruitlab pun akhirnya berinovasi dengan memformulasikan kandungan buah pada skincare, sehingga pH pada buah pun telah disesuaikan dan aman bagi kulit. Hasilnya, hadirlah beberapa jenis skincare, salah satunya Fruit Infused Serum yang aku coba selama 1 (satu) mingguan ini.

Kita bahas kemasannya dulu sebelum masuk ke masing-masing varian. I really appreciate their packaging! Kalau biasanya serum menggunakan kemasan kotak tipis biasa, punya mereka menggunakan kotak tebal dengan desain yang eye catching. Bentuk kotaknya pun seperti kado, jadi untuk dijadikan hadiah pun tinggal ditambah pita saja. Informasi produk secara lengkap ada pada kemasan kotaknya, jadi kalau teman-teman ingin membaca jangan dibuang, ya.

Fruit Infused Serum - Mango 
Pilihan pertama jatuh ke Mango karena sepertinya ini baru pertama kali aku mencoba skincare yang mengandung buah mangga. Untuk serum mangga ini punya key ingredients Hyaluronic Acid, yang fungsinya untuk melembabkan dan juga menutrisi kulit. Kemasannya sendiri berwarna orange, disesuaikan dengan warna buah mangga. Seperti yang aku sebutkan di atas, aku sangat suka dengan kemasannya yang berwarna, informatif, dan terlihat rapi.

Sekarang, mari kita bahas kandungannya. Sekilas pandang, produk memang hanya mempunyai Mango Extract dan Hyaluronic Acid sebagai key ingredients-nya. Namun, setelah aku mempelajari kandungannya, ia punya banyak kandungan lain yang menarik, seperti:
  1. 3-O-Ethyl Ascorbic Acid, atau lebih dikenal sebagai Vitamin C. Kandungan ini punya banyak manfaat seperti antioksidan, mencerahkan kulit, mengatasi penuaan dini.
  2. Lactic Acid. Serum ini juga mengandung bahan aktif AHA, yang punya fungsi eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati dan mengatasi jerawat pada kulit.
  3. Glutathione, yang berfungsi untuk mencerahkan kulit.
  4. Aloe Vera Extract & Polyglutamic Acid yang berfungsi melembabkan dan menghidrasi kulit.
  5. Phragmites Kharka & Poria Cocos Extract (Rumput Prumpung dan Jamur Fu-Ling), yang berfungsi sebagai antioksidan dan membantu menenangkan kulit.
Kalau teman-teman lihat teliti kandungan di setiap varian, Hyaluronic Acid (dan turunannya) ternyata ada di semua varian serum. Karenanya, kurasa kurang tepat jika dia dijadikan key ingredients. Aku sendiri karena penasaran akhirnya melakukan sortir, dan menemukan beberapa kandungan yang hanya ada di varian ini, yaitu: Diglycerin, Gluthatione, Aloe Vera Extract, Mangifera Indica (Mango) Fruit Extract, Soluble Collagen, Phragmites Kharka Extract, dan Poria Cocos Extract. Mungkin bisa Aloe Vera saja yang dijadikan key ingredients. 

Melihat dari banyaknya ingredients yang menarik dan manfaat yang diberikan, menurutku serum ini patut disebut sebagai all-in-one serum! Sesuai fungsinya, dia ini betul menutrisi kulit karena kandungannya yang beragam. Mencerahkan iya, melembabkan iya, antioksidan iya, menenangkan kulit juga iya. Kalau teman-teman tipe yang gamau ribet layering serum dan pengen cari 1 (satu) serum yang punya banyak manfaat, serum ini bisa menjadi pilihan.

Seperti biasa, aku akan memberikan recap review sesuai kategori supaya teman-teman lebih mudah membacanya. Sepertinya ini bagian yang paling ditunggu-tunggu deh.

Tekstur, Wangi, dan Warna: tekstur serum Mango ini cair sedikit kental dan cenderung runny. Untuk wanginya sendiri, dia ini ada hint wangi mangga yang lumayan kuat tetapi masih enak dan nyaman di hidungku. Wangi tersebut berasal dari ingredients parfum, jadi kalau mungkin teman-teman kurang suka produk fragrance free bisa jadi pertimbangan. Cairan pada serum ini berwarna kuning sesuai warna buah lemon.

Rasanya di Kulit: aku suka serum ini karena dia terasa licin saaat diaplikasikan dan ringan di kulit. Ada rasa sticky di 1 (satu) menit pertama, tetapi setelahnya menyerap dengan baik. Aku merasa serum ini adalah tipe serum yang enak untuk dilayer lagi dengan produk skincare lain (misalkan serum lagi atau moisturizer) karena terkadang ada rasa sedikit kencang kalau wajah sedang kering. Untuk teman-teman yang kulitnya oily, bakal suka sama serum ini karena ga ada rasa greasy.

Efeknya di Kulit:  sejauh pemakaian 1 (satu) minggu lebih, aku enjoy saat memakai serum ini terutama karena teksturnya yang runny. Efeknya mungkin belum terlalu terasa sekarang karena fungsinya lebih 'menutrisi' kulit, jadi butuh ketelatenan dan waktu untuk melihat efek dari serum ini. Ada sedikit efek melembabkan, agar lebih terasa enaknya dilayer oleh produk skincare lain. Serum ini kurasa akan cocok bagi teman-teman yang punya oily skin karena efek melembabkannya pas, atau yang hobi layering skincare juga akan cocok. Aku sendiri amazed dengan lengkapnya kandungan pada produk ini, yang membuatnya punya banyak manfaat (bisa kubilang sebagai all in one serum).

Cara Pakai: aku biasa memakai serum sesudah toner dan sebelum moisturizer. Kalau dari kemasan sih dianjurkan 3-5 tetes, tetapi kalau aku pribadi biasa pakai 1-2 pipet supaya lebih terasa dan serumnya bisa mengenai seluruh wajah.

Harga: Rp 200.000,- sedang diskon jadi Rp 168.000,- bisa dibeli di website Fruitlab.

Fruit Infused Serum Lemon
Kalau boleh jujur, sebenarnya varian Lemon ini bukan pilihanku. Aku awalnya memilih Pomegranate untuk dicoba karena kandungannya super unik karena aku pribadi belum pernah aku lihat ada skincare yang mengandung buah pome. Namun ternyata, aku dikirimkannya varian Lemon yang untuk mencerahkan. Ga masalah, aku tetap semangat untuk mencoba. Warna kuning dipilih untuk varian ini, sesuai dengan warna buahnya. Seperti yang Mango, aku suka dengan desainnya yang bright and colorful. Informasi produk terletak pada kotak kemasan, kalau ingin membaca pastikan untuk tidak membuangnya, ya!

Yuk kita masuk ke ingredients-nya! Setelah membaca kandungannya dengan seksama, aku menemukan 2 (dua) kandungan serum Lemon yang tidak dimiliki serum lain, yaitu:
  1. Niacinamide atau yang dikenal awam Vitamin B3, punya banyak manfaat bagi kulit. Mencerahkan iya, menghaluskan kulit  iya, mengatasi jerawat iya. Kandungan ini banyak digunakan pada skincare karena manfaatnya yang beragam.
  2. Citrus Medica Limonum (Lemon) Extract. Dibanding menggunakan buah lemon langsung ke wajah yang bisa menyebabkan iritasi, lebih baik menggunakan skincare yang punya kandungan lemon. Fungsi ekstrak lemon adalah untuk mencerahkan wajah, menghiangkan minyak berlebih, dan mengangkat komedo.
Bisa kita lihat, 2 (dua) kandungan tersebut merupakan key ingredients dari serum Lemon yang fungsi utamanya untuk mencerahkan. Selain itu, ada kandungan lain yang tak kalah bagus dan juga punya segudang manfaat bagi kulit, seperti Ethyl Ascorbic Acid, Lactic Acid, Polyglutamic Acid, dan banyak kandungan lainnya. Oh ya, produk serum Fruitlab semuanya mengandung parfum, kalau teman-teman menghindari produk dengan parfum mungkin bisa jadi pertimbangan, ya. Kalau aku pribadi sih selama wanginya enak, ga masalah.

Seperti biasa, aku akan memberikan recap review  supaya teman-teman lebih mudah saat membacanya. Aku akan membahas tekstur, wangi, warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, cara pakai, dan harga.

Tekstur, Wangi, dan Warna: tekstur serum Lemon ini percis seperti yang Mango  cair sedikiiiit kental, cenderung runny. Untuk wanginya sendiri, dia ini ada hint wangi lemon atau citrus yang lumayan terasa tetapi masih enak dan nyaman di hidung. Wangi tersebut berasal dari ingredients parfum, jadi kalau mungkin teman-teman kurang suka produk fragrance free bisa jadi pertimbangan. Cairan pada serum ini berwarna kuning sesuai warna buah lemon.

Rasanya di Kulit: serum ini enak saat diaplikasikan karena teksturnya licin dan lightweight di kulit. Ada rasa sticky di 1 (satu) menit pertama, tetapi setelahnya menyerap dengan baik. Sama seperti varian Mango, aku merasa serum ini adalah tipe serum yang enak untuk dilayer lagi dengan produk skincare lain karena di kulitku yang kering terkadang ada rasa sedikit kencang. Tidak masalah sih buatku, karena saat ini memang aku lagi senang pakai berbagai produk skincare, kan.

Efeknya di Kulit:  sejauh pemakaian 1 (satu) minggu, aku merasa nyaman menggunakan serum ini. Untuk efek mencerahkannya perlu waktu dan ketelatenan agar lebih terlihat. Namun yang aku suka, ingredients-nya itu super beragam dan bermanfaat, jadi rasanya worth the price juga. Aku sendiri suka melayer kedua serum ini supaya lebih terasa lembab dan basahnya di kulit. Untuk efek melembabkannya pas saja, untuk aku yang kulitnya kering tetap harus dilayer oleh moisturizer agar lebih terasa.

Cara Pakai: aku biasa pakai serum di antara toner dan moisturizer. Kalau dari kemasan sih dianjurkan pakai 3-5 tetes, tetapi kalau aku pribadi biasa pakai 1-2 pipet supaya lebih terasa dan serumnya bisa mengenai seluruh wajah.

Harga: Rp 200.000,- sedang diskon jadi Rp 168.000,- bisa dibeli di website Fruitlab.

Teman-teman di antara Mango dan Lemon, lebih tertarik yang mana? Atau justru suka varian lain?

Thank You for Reading!
tags: review serum fruitlab, fruitlab serum review, fruitlab beauty review, review serum buah, review serum yang mencerahkan, fruitlab beauty review, fruitlab beauty serum review, review serum fruitlab beauty, review fruitlab fruit infused serum mango, review fruitlab fruit infused serum lemon

You May Also Like

21 comments

  1. serum lemon nya enak bangett! punya w sampe habisss cepet

    ReplyDelete
  2. Suka bgt sih ama konsep brand nya 😍

    ReplyDelete
  3. makin banyak brand dengan konsep buah yaa, gemes bangeet.. klo aku kepo sama serum Niacinamide nya deeh ^^

    ReplyDelete
  4. Duhhh seger bgt fotonyaa..reviewnya bikin menggiurkannnnn😍😍😍🤤

    ReplyDelete
  5. Aduduuuh aku tergoda banget pingin cobain serum ini. Menurut aku harganya worthed untuk serum dengan ingredients secakep fruitlab ini.

    ReplyDelete
  6. Aku bukan penggemar buah2an sih. Kalo misalnya ada esktrak buanga2an biasanya lebih tertarik untuk nyoba hehehe 🤭 #TimFloral

    ReplyDelete
  7. Setuju banget..
    Serum dari fruitlab ini tampak ceria dan menyenangkan. Aku rasa patut dicobain apalagi dengan harga yang cukup ramah di kantongs.
    Teksturnya oke.. Aku kepoin websitenya aah...siapa tahu diskonnya masih ada.

    ReplyDelete
  8. sebenernya aku lebih tertarik mencoba yang pomegranate mba, tapi kalau disuruh pilih antara mango atau lemon, aku pilih mango deh, lebih pingin punya kulit sehat daripada kulih yang putih.

    ReplyDelete
  9. Aku juga coba produk fruitlab tapi serumnya belum sih. Suka, karena seger wangi buah. Bakal tertarik yang lemon kayaknya 😍

    ReplyDelete
  10. Wahh baru tau box serumnya diangkat kaya box kado gitu, lucu yaaa

    ReplyDelete
  11. Aku sebenernya ngincer yang Pomegranate, tapi kok baca blognya mba Lisa jadi melipir ke yang Mango XD

    ReplyDelete
  12. fotonya seger banget el, anyway suka banget sama reviewnya yg jelas bgt, jadi pengen cobain ih

    ReplyDelete
  13. aku lagi pakai yang avocado dan teksturnya emang enak bangetttt!! keracunan yang mango nih kak kayaknya menarik jugaa 😆

    ReplyDelete
  14. :') Elll, kwkwkw aku agak takut kalau ada IL lemonnya yuyur, iya karena takut iritasi di kulitku yang reaktif :'). Tapi daritadi aku baca ulasannya menggiurkan, aku belum pernah coba skincare dengan konsep buah-buahan gini, ini sekaligus bisa buat anti acne ya😍😍😍

    ReplyDelete
  15. Serum mango nya enak banget hidrasinya ya el. Aku suka pun wanginya. Yang blueberry creamnya juga favoritkuy eel 🤩🤩

    ReplyDelete
  16. Seriously semua varian mereka menarik, tapi aku paling pengen cobain yang avocado 🥑

    ReplyDelete
  17. wishlistku yang serum avocado! untuk saat ini aku masih pake wakeup creamnya nihh kak el

    ReplyDelete
  18. Menarik bangettt sumpah sih lokal produk semakin variatif saja pemirsah huhu

    ReplyDelete
  19. Variannya banyak dan menarik semua yaa ya ampun jadi penasaran! Jadi pingin nyobain yang Mango :D

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L