Somethinc Glow Maker Daily Clarifying Treatment Toner & Supple Power Essence Toner Review

by - April 01, 2021

Sebagai pengguna sekaligus penggemar skincare, satu produk yang agaknya kuhindari selama ini adalah skincare yang mengandung bahan aktif. Alasannya karena aku mempunyai kulit wajah yang kering dan sensitif, jadi kalau mencoba produk yang mengandung AHA, BHA, atau retinol misalnya, wajah seringkali bereaksi entah itu gatal atau memerah. Sampai akhirnya aku mencoba exfoliating toner dari Somethinc. Pikiranku langsung berubah, oh ternyata ada toh exfoliating product yang lembut bagi kulit sensitif! Here I present you kombinasi ciamik dari Somethinc, yaitu Somethinc Glow Maker Exfoliating Toner dan Supple Powder Hydrating Toner. 

Sebelum memulai review, aku mau infokan kalau aku sudah memakai 2 (dua) kombinasi ini sekitar 1 mingguan. So far, aku paling kagum dengan Glow Maker-nya karena memberikan hasil yang cukup terlihat bagi kulit. Hydrating toner-nya pun juga tak kalah penting, ia membantu menyeimbangkan pH kulit dan mengembalikan kelembaban kulit setelah menggunakan exfoliating toner (dikenal dengan metode double toning). Kandungan si Supple Power super unik lho, mengandung 79% Onsen Belgium Hotspring Water dan  9 (sembilan) jenis Hyaluronic Acid. Mari kita mulai review-nya!

Somethinc Glow Maker Daily AHA BHA PHA Clarifying Treatment Toner
Dinamai Glow Maker Daily Clarifying Treatment Toner,  toner ini secara umum dapat digunakan setiap hari karena mempunyai kandungan bahan aktif sangat rendah, yaitu AHA (Glycolic Acid 3%), BHA (Salicylic Acid 0,01%), dan PHA (Lactobionic Acid 0,1%). Ketiga kandungan ini berfungsi untuk meratakan warna kulit dan juga mengangkat sisa kotoran pada kulit sehingga kulit dapat menyerap skincare selanjutnya secara optimal. Karena presentase dosis exfoliasinya rendah, toner ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit.

Kemasan dari Somethinc Glow Maker ini terbuat dari bahan plastik tebal, jadi aman kalau terjatuh. Warna yang diambil untuk produk ini lain daripada yang lain, kalau akhir-akhir ini brand memilih warna-warna pastel, Somethinc justru memilih warna biru navy. Satu kata, ganteng! Desain terlihat rapi, elegan, dan dewasa. Ada 2 (dua) ukuran kemasan, yang aku punya ini reguler 100 ml, sedangkan ukuran travel size-nya 40 ml. Aku suka sih dengan adanya 2 (dua) ukuran gini, jadi bagi teman-teman yang takut bisa mencoba ukuran kecil dulu. Oh ya, produk ini tidak ada kemasan kotaknya ya, teman-teman! Jadi ketika dapat langsung dilapisi plastik dan bubble wrap.

(klik untuk memperbesar)
Di bagian belakang kemasan, ada berbagai informasi seperti manfaat produk, ingredients, cara pakai, nama distributor dan produsen, nomor BPOM, dan tanggal kadaluwarsa. Informasinya super lengkap sampai ada beberapa simbol penting seperti logo MUI, cruelty free, dan lainnya. Nah untuk ingredients-nya sendiri, ada 3 (tiga) kandungan bahan aktif, yaitu:
  • Glycolic Acid (AHA): berfungsi mengangkat kotoran dan sel kulit mati, menyamarkan kerutan, memudarkan bekas jerawat.
  • Salicylic Acid (BHA): meratakan tekstur kulit, mengatasi bruntusan dan jerawat, mengontrol sebum/produksi minyak di kulit, membersihkan pori-pori yang tersumbat.
  • Lactobionic Acid (PHA): mencerahkan kulit, menyamarkan garis halus dan hiperpigmentasi.
Selain 3 (tiga) kandungan tersebut, ada kandungan utama lain yaitu arginine yang berperan sebagai antioksidan dan membantu produksi kolagen, betaine yang menjaga kulit tetap lembab, alllantoin yang berfungsi sebagai pelembab, caffeine yang berfungsi sebagai antioksidan dan pencegah penuaan, serta roman chamomile yang menutrisi kulit dan membantu melembabkan kulit dari dalam. Kandungan ini bisa dibilang sebagai penyeimbang dari 3 (tiga) kandungan aktif tadi, supaya tetap gentle terutama bagi pemilik kulit sensitif.

Somethinc selalu berinovasi dalam hal desain kemasan. Setelah sebelumnya membuat air pump jar untuk produk Ceramic Moisturizer, kali ini mereka kemasan yang bentuknya super unik untuk exfoliating toner. Bentuk pump-nya bulat pipih, memudahkan kita untuk apply toner dengan kapas. Tinggal tekan kapas ke pump, air langsung menyerap! Super simpel, kan? Untuk exfoliating toner, sebaiknya memang menggunakan kapas, lain halnya dengan hydrating toner, bisa memilih apakah mau menggunakan kapas atau langsung ditaruh ke wajah.

Supaya memudahkan, aku akan buat recap review per kategori jadi teman-teman bisa langsung membaca informasi yang dimau. Mengenai kemasan dan kandungan sudah aku bahas di atas, jadi boleh di-scroll lagi, ya!

Tekstur, wangi, dan warna: seperti yang teman-teman lihat pada foto di atas, tekstur dari exfoliating toner ini adalah cair, persis air. Karena teksturnya ini, Somethinc memilih menggunakan pump pipih agar bisa langsung ditaruh di kapas, bukan pump mancur. Untuk wanginya sendiri hampir tidak ada, hanya terasa sekilas wangi ingredients yang segar dan warna cairannya pun bening seperti exfoliating toner kebanyakan.

Rasanya di kulit: bagian ini kan yang teman-teman tunggu? Yaaa.... kaget banget pas Glow Maker ini dipake, gak ada rasa cekit-cekit ataupun gatal sama sekali loh di aku! Padahal kulitku termasuk yang sensitif, dan dulu aku pernah pakai exfoliating toner pun gatal, makanya aku lumayan menghindari. Namun punya Somethinc ini ketika diaplikasikan rasanya biasa saja, paling kadang ada sedikit rasa hangat, atau rasa perih di jerawat yang masih luka sehabis dipencet, tapi habis itu hilang. Oh ya, disclaimer dulu karena bisa dibilang aku pemula dalam dunia eksfoliasi dan wajahku itu sensitif, aku spesifik memakainya hanya di bagian dahi, hidung, dan dagu sesuai permasalahan kulitku. Kebetulan selama pemakaian kemarin dahi dan dagu sedang ada jerawat aktif, bagian hidung ada blackhead. Kalau teman-teman sudah sering melakukan eksfoliasi, pakainya sewajah boleh banget, jadi disesuaikan dengan kondisi kulit aja. Kudos Somethinc for making the real gentle exfoliator!  

Efeknya di kulit: another kaget moment, ternyata eksfoliasi sepenting itu ya. Setelah pakai ini jerawatku di bagian dahi dan dagu lebih cepat kering dan rontok, tinggal sisa bekas menghitamnya saja. Bagian hidung juga gak disangka blackhead-nya semakin berkurang, tadinya banyak banget titik-titik hitam gitu. Meski setiap hari aku pakai, dia gak bikin kulit kering, tentunya karena bantuan si supple power juga. Aku bakal coba pelan-pelan apply juga di bagian pipi sih, kebetulan ada milia siapa tau juga jadi halus teksturnya. Untuk before after akan aku taruh di bagian akhir page, buat yang penasaran langsung scroll ke paling bawah ya!

Cara pakai: aku selalu menggunakan Glow Maker pada malam hari. Cara pakainya gampang banget, tinggal ambil kapas, tekan toner menggunakan kapas, oleskan atau tap pada wajah setelah cuci muka. Hindari area mata dan mulut ya temen-temen, pakai di area kulit wajah saja. Urutan pakainya gimana? Biasa aku cleanser - Glow Maker exfoliating toner - Supple Power hydrating toner - serum / moisturizer - face oil. Sebaiknya setelah pakai Glow Maker exfoliating toner dilanjut juga dengan Supple Power hydrating toner, agar pH kulit kembali seimbang dan kembali lembab. 

Fyi, Glow Maker Exfoliating Toner ini tidak hanya bisa dipakai di wajah, tetapi juga di area badan loh! Leher, siku, punggung, ketiak bisa banget pakai ini. Kalau teman-teman punya bacne alias jerawat punggung, ini bisa digunakan untuk mengatasi permasalahan tersebut. Beberapa teman juga memberikan pengalamannya memakai exfoliating toner di ketiak, ketiak jadi halus dan cerahan! Jangan lupa tetep pakai Supple Power-nya yaah, biar tetap lembab!

Siapa yang bisa pakai? Semua jenis kulit! Glow Maker juga bisa digunakan oleh bumil, busui, dan remaja di atas 17 (tujuh belas) tahun karena kadar dosis eksfoliasinya rendah.

Harga: untuk travel size 40 ml Rp 59.000,- sedangkan regular size 100 ml Rp 119.000,- Affordable banget harganya! Bisa dibeli di website official Somethinc.

Kapas ini hasil dari penggunaan Glow Maker pada area leher, siku, dan bruntusan pada dada. Bisa terlihat pada foto, ada sedikit residu yang terangkat ke kapas, makanya Glow Maker berguna banget buat dipakaikan di area badan, tidak hanya wajah saja. Nah, untuk selanjutnya mari kita bahas si Supple Power!

Somethinc HYALuronic9+ Onsen Essence Toner
Membaca namanya saja cukup membuatku merasa 'hah ini toner unik banget!', ya Somethinc Supple Power Hydrating Toner ini punya kandungan 79% Onsen Sui, yaitu air panas alami yang berasal dari pegunungan Belgium. Jujur ini pertama kalinya aku menemukan hydrating toner yang mempunyai kandungan utama air onsen, makanya aku merasa excited banget buat cobain! Selain itu, mereka juga mengandung 9 layer molekul Hyaluronic Acid berbeda, makanya dia bisa mengunci kelembaban hingga 48 jam di setiap layer lapisan kulit luar dan dalam serta menjaga elastisitas kulit. 

Yuk ngomongin kemasannya! Kemasannya dihiasi warna hijau emerald sehingga memancarkan aura ganteng dan elegan seperti si Glow Maker. Yang membedakan, Supple Power ini secara ukuran sekitar 5 (lima) cm lebih tinggi daripada yang Glow Maker. Kalau boleh aku tebak alasannya, kita sebagai pengguna skincare akan memakai exfoliating toner secukupnya dan hanya di malam hari, sedangkan hydrating toner kita pakai di pagi dan malam hari, kadang kita menaruh dalam jumlah banyak ke wajah agar lebih lembab. Makanya, si Supple Power dibuat lebih tinggi. Toner ini juga punya 2 (dua) ukuran yaitu travel size 40 ml dan regular size 120 ml. Teman-teman bisa pilih mau coba yang ukuran mana.

Kemasan botolnya terbuat dari plastik bening, memudahkan kira untuk melihat progres pemakaian toner. Kalau Glow Maker-nya menggunakan pump pipih, Supple Power justru menggunakan spray untuk keluarnya toner. Kalau boleh jujur, aku pribadi merasa bagian spray-nya ini agak awkward, karena dia spray tapi produk keluar berupa air dengan posisi lurus 180°. Agak kagok aja jadinya, lebih baik bentuk pump mancur sih menurutku. Namun ini bukan masalah berarti kok, aku tetap suka dengan kemasannya oke-oke saja menurutku.

( klik untuk memperbesar)
Pada bagian belakang kemasan, terdapat berbagai informasi mengenai Supple Power toner, seperti manfaat produk, kandungan, cara penggunakan, identitas produsen dan distributor, nomor BPOM, serta tanggal kadaluwarsa. Informasi yang disediakan sangat lengkap!

Ada 5 (lima) star ingredients pada Supple Power, yaitu:
  • Onsen Sui (79% Onsen Belgium Hot Spring Water): bermanfaat untuk menenangkan kulit dan membersihkan pori-pori kulit secara efektif.
  • 9 Tipe Hyaluronic Acid: ada 9 jenis molekul HA yang bekerja pada setiap lapisan kulit dalam hingga terluar, sehingga dapat mempertahankan dan menjaga kelembaban pada kulit secara maksimal.
  • Chondrus Crispus/Carrageen Extract: berfungsi sebagai antioksidan yang melindungi kulit dari sinar UV dan blue light, serta membentuk lapisan pertahanan pada kulit.
  • Betaine: menyeimbangkan hidrasi kulit dan menjaga kulit tetap lembab.
  • Niacinamide: menyamarkan noda hitam, kerutan dan garis halus, serta meredakan jerawat yang meradang.
Agar mudah dalam membaca review-nya, berikut aku recap pengalamanku memakai ini sesuai dengan kategorinya. Untuk kemasan dan kandungan sudah kubahas di atas.

Tekstur, wangi dan warna: tekstur dari toner ini cair dan warnanya bening seperti air, tetapi ada buih-buih putih setiap kali disemprotkan. Karena dia teksturnya air, aku biasa menyemprotkan 5-8 pump sekali pakai agar wajah terasa basah dan lembab. Istilahnya mah 'diraup'. Wanginya enak, guys! Wangi aromaterapi di spa tapi yang manis gitu, sejauh ini belum pernah sih ngerasain wangi begini pada skincare.

Rasanya di kulit: saat aku menaruh toner ini ke wajah, yang aku rasakan adalah wajah menjadi dingin dan segar. Efek yang kurasakan seperti memakai face mist, mungkin karena teksturnya cair juga ya. Agar kelembabannya terasa maksimal, aku pakai metode raup alias menaruh air dalam jumlah banyak ke wajah! Untuk Somethinc Supple Power, karena dia ukurannya besar jadi gak sayang-sayang deh pakainya. Memakai ini aku merasa wajah cukup lembab dan tekstur kulit menjadi lebih halus, tetapi di bagian pipi agak sedikit kencang saat aku membuka mulut. Menurutku ini fungsinya lebih mempersiapkan kulit untuk tahapan skincare selanjutnya agar dapat menyerap maksimal, jadi jangan hanya berhenti di toner ya. Selain itu, dia oke banget buat mengembalikan kelembaban dan pH kulit setelah di-exfo.

Efeknya bagi kulit: setelah 1 (satu) minggu menggunakan Glow Maker  + Supple Power, aku merasa kondisi kulitku jauh membaik. Jerawat tinggal bekas saja, blackhead juga banyak berkurang. Wajah terasa lembab dan lebih siap saat menerima rangkaian skincare selanjutnya. I can say these two are dynamic duo! Ga lengkap rasanya kalau beli Glow Maker tanpa Supple Power. Untuk foto sebelum dan sesudah, bisa teman-teman lihat di bawah, ya.

Cara pakai: pada pagi hari, gunakan Supple Power setelah cleanser dengan urutan cleanser, Supple Power toner , serum, moisturizer -- sedangkan pada malam hari, gunakan Supple Power setelah Glow Maker, dengan urutan cleanser, Glow Maker exfoliating toner, Supple Power hydrating toner, serum, moisturizer. Setelah mencuci wajah, semprotkan Supple Power ke telapak tangan, lalu tepuk ke area wajah dan leher. Aku pribadi pakai 8 (delapan) pump.

Siapa yang bisa pakai? semua jenis kulit mulai umur 11 tahun, juga bumil krena tidak mengandung actives yang dapat memicu iritasi. Kulit berjerawat dan sensitif juga bisa pakai ini!

Harga: travel size 40 ml Rp 89.000,- | regular size 120 ml Rp 199.000,- Bisa dibeli di website official Somethinc.


Ini dia untuk foto sebelum dan sesudah penggunaan duo Somethinc ini selama sekitar 1 (satu) mingguan. Yang paling aku notice perubahannya di jerawat, sih, cepet banget kering dan ngelupasnya. Untuk blackhead pada hidung juga lumayan berkurang! Ternyata sepenting itu double toning! 


Thank You for Reading & Thank You Jakarta Beauty Blogger!

tags: somethinc glow maker toner, somethinc glow maker review, somethinc glow maker exfoliating toner review, somethinc glow maker toner review, somethinc supple power review, somethinc supple power hydrating toner review, somethinc supple power essence toner, something glow maker daily clarifying treatment toner, something supple power toner, somethinc supple power toner review

You May Also Like

45 comments

  1. huhuhu abis baca review kamu jadi makin mupeng sama product ini 😍😍

    ReplyDelete
  2. huhuhu abis baca review kamu jadi makin mupeng sama product ini 😍😍

    ReplyDelete
  3. Whoa, yang Glow Maker versi smallnya affordable banget ya :') jadi pgn coba, kebetuoan exfo serumku sisa setengah. Dan aku juga kulitnya mulai sensitif masuk usia-usia tua gini :') kayaknya kl dari track record aku pakai toner exfo yg ada AHA PHA BHA so far cukup works but slow sure gitu

    ReplyDelete
  4. Aku liatnya emang kulitmu udah bagus, sih. Tapi rasanya beda ya setelah pake duet toner ini. Boleh dicoba.

    ReplyDelete
  5. review somethinc yang bikin jadi segera coba mba, apalagi ini hasil pemakaiannya bisa segera terlihat efeknya pada kulit wajah, mudah-mudahan aku pake juga cocok

    ReplyDelete
  6. Kemasannya lucu dan unik yah. Jadi produk ini aman yah untuk yang kulit sensitif. Mudah-mudahan kalo aku coba nanti juga bisa cocok kaya mba.

    ReplyDelete
  7. Wow aku abis baca review kamu jadi makin mupeng sama product ini mau coba

    ReplyDelete
  8. hasilnya wow sih, dan ini bisa dipakai di badan juga lho ternyata, yes kamu berhasil meracuniku loh beb

    ReplyDelete
  9. Wuih, bikini ngiler deh yang begini. Aku paling suka dengan skin care yang bentuknya cair. Nyerap maksimal daripada yang bentuknya krim. Kulitku kering dan jarang banget berjerawat. Bisakah pake ini? Harga promonya menggodaaa 😍

    ReplyDelete
  10. Asli deh ini lagi booming banget produknya 💓💓 meracuni banget ya guyss😂😘

    ReplyDelete
  11. Thank kk El buat ilmu nya
    Sehat selalu kk El❤️

    ReplyDelete
  12. Dua duanya racun bgt parah:) kenapa ini datengnya selalu pas keadaan duit udh pergi😭😭😭 pengen nyoba karena komedo aku super bnyk bgt sampe jijik juga ngeliatnya apalagi klo megang duh teksturnya bkin gk nahan:) sip deh aku simpan ke wishlist 5.5 wkwk makasi untuk racun yang kesekian kalinya kak el😭❤❤

    ReplyDelete
  13. Thankyou Kak El info barunya 💕💕 HAHAH NAMBAH DEH WISHLIST 5.5 KU 🙏🙏

    ReplyDelete
  14. Aku masih bingung mau yang biru atau yang hijau , kulitku kering tapi kusam , bnyak bekas jerawatnya , beruntusan juga , , lebih bagus coba yang mana dlu ya biru atau hijau (╥_╥)
    Help me

    ReplyDelete
    Replies
    1. beli dua-duanya aja sist, tapi yang mini size. soalnya mereka tuh mantep banget kalo digabungin

      Delete
  15. Dari ingredientsnya aja udah TOP bgttt, kl aku mah pokoke ada kandungan BHA + Niacinamide langsung aja gassss beli��
    Brrti 2 produk tsb aman untuk kulit berjerawat ya..
    Somethinc emg gk perlu diragukan lagi!
    #BanggaDenganBrandLokal

    ReplyDelete
  16. Ciii selalu detail. On point dan jelassss bgt gambarnya. Bahkan dari baca aja udh bisa ngebayangin pas pakai kaya gimana 💕

    ReplyDelete
  17. Wah pengen bngt cobain . Makin ngiler setelah baca review nya

    ReplyDelete
  18. Gilaaaaa sih emang baguss banget produknyaa 😍😍 jadi pengen nyobain karna aku emang butuh dan sepenasaran ituuu😍😍😍😍 jujur review nya punnnn Detail banget😍😍cici eltan emang kalo review detail 🌼 NGILERRRR BANGET SETELAH BACA REVIEW cici yang super detail dan memang prpduk tersebut gaa ngecewain❤
    @lifa_bahabazy. Semangatttt review lagi cici eltannn🌼

    ReplyDelete
  19. Terima kasih riview nya kak, sangat jelas dan detail sekali. Sangat membantu saya yang sedang cari2 skincare yang cocok untuk kulit saya

    ReplyDelete
  20. Aku kepikiran sampe tidur pengen beli product nya setelah baca ini 🙃

    ReplyDelete
  21. Wishlist aku bgt iniii huhu cuma belum terwujudd huhuhu ga ngerti lagi produk sometinc emg sebagusss ituuu😍😍😍😍

    ReplyDelete
  22. Baca review kakak selalu makin teracuni apalagi produknya termasuk wishlist aku yg belum juga kewujud.. 🤗

    ReplyDelete
  23. Baca review kakak selalu makin teracuni apalagi produknya termasuk wishlist aku yang belum juga kewujud.. ��

    ReplyDelete
  24. Bener2 bagus emang si toner nya, aku pun lagi order btw xixi

    ReplyDelete
  25. Blm sempet coba serumnya ini udh launching lagi yg lain huhu. Foto"nya bagus banget 😍

    ReplyDelete
  26. Pengen banget nyobain Somethinc Glow Maker ini❤❤❤❤🥺🥺

    ReplyDelete
  27. Pengen cobain supple power karena dia mengandung 9 jenis hyaluronic kayaknya bakal nampol banget

    ReplyDelete
  28. fix mau coba exfo tonernya! thank you sudah share!

    ReplyDelete
  29. Penasaran bgt sama glow makernya😍

    ReplyDelete
  30. Jadi gak sabar nunggu punya ku datang😍😍 mana cakep banget lagi itu packagingnyaaa

    ReplyDelete
  31. Must have!�� Mereka ni seperti belahan jiwa,ga bisa kalo cuman beli salah satunya doang��emang udah paling pas pake exfo toner lanjut hydra toner. Btw kenapa ga bikin channel YouTube aja kak,selalu suka sama review nya,enak diliat dan jelas gitu penjelasannya hehe

    ReplyDelete
  32. wajib banget nyobain inimah fix cekout. thanks for review ci, penjelasannya jelas dan ga bertele-tele

    ReplyDelete
  33. waah baru beberapa minggu lalu produk somethinc ini seliweran di ig, cukup menarik karena dia berani main warna di kemasannya dan tetep cakep! kebetulan toner aha bha-ku lagi abis niih, mungkin next aku perlu cobain tonernya somethinc 😃

    ReplyDelete
  34. YEEES ini kemasannya menarik bangettt, ganteng 🤩 masuk wishlist dulu sambil nunggu ada produk yang habis 😄

    ReplyDelete
  35. Wih mayan menarik juga ini, salfok sama fotonya simple tapi sangat menarik

    ReplyDelete
  36. Aku sempat menghindari bahan aktif tertentu, karena sempat breakout parah, tapi sekarang karena skinbarrier udah sehat jadi pake apa aja ayoo 😎

    ReplyDelete
  37. Aaak..tertarik banget sama kemasannya Glow Maker! Selama ini biasanya kemasan kayak gitu cuma buat cleansing water kan..

    ReplyDelete
  38. Tertarik banget ❤️❤️ aplikatornya juga unik, semoga bisa nyobain juga

    ReplyDelete
  39. aku naksir banget sama hydrating tonernyaaa 🥺🥺🥺🥺

    ReplyDelete
  40. suka bgt sama formulasi kandungan tonernya yg less active ingredients dan review efek di kulitnya kaka. apalagi cocok for all skintype :')

    ReplyDelete
  41. Glow maker sih emg cocok bnget buat kulit sensitif sm pemula yak apalagi stelah melihat % kandungan aha bha pha nya. Tp ampuh ngatasi jerawat dan komedo huhu keren..

    ReplyDelete
  42. Aku suka sih sama Aplikator nya pam gitu,aku tuh sering banget kebanyakan nuang toner jadi cepet banget habis toner ku, aku sih pengen nyoba Glow Maker dulu mau coba metode Exfoliasi, aku banyak banget bruntusan kecil kecil gitu kk el

    ReplyDelete
  43. Ka,kalau cmn pake yg glow aja gpp?soalnya kmren bru checkout tp cmn yg glow aja gtau klo hrus make ke2nya

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L