Clay Botanicals Ultimate Hydro Facial Toner & Ultimate Hydro Gel Cream Review | Ketemu Skincare Penyelamat versi Lokal!

by - April 29, 2021

Pernah dengar brand skincare lokal, Clay Botanicals? Jujur, aku pribadi baru tahu tahun ini ketika melihat seorang teman me-review Hydro Gel Cream-nya. Wow, teksturnya kok menarik ya, kaya jelly-jelly slime gitu? Pikirku. Produk-produk mereka yang lain juga terlihat menjanjikan! Akupun akhirnya tertarik dan mencoba dua produk mereka, yang di kulitku pribadi mempunyai hasil yang berbeda, yang satu ‘hmmm..’ dan yang satu ‘woah!’ Penasaran? Ayo kita simak review-nya!

Pertama-tama, aku mau memperkenalkan asal usul brand Clay Botanicals. Lahir di tahun 2017 dengan nama Beaulicious, awalnya mereka fokus menjadi store yang menjual berbagai produk perawatan tubuh dan kulit dari berbagai merk, seperti Shills Black Mask, Nutrilash Eyelash & Eyebrow Serum, dan juga homemade skincare di bawah brand CLAY. Barulah di tahun 2018 akhir, mereka resmi meluncurkan brand mereka sendiri, yaitu Clay Botanicals yang mengusung tema natural, organik, dan peduli lingkungan. Produk yang dijualpun beragam, dan dua yang akan aku coba adalah Ultimate Hydro Facial Toner dan Ultimate Hydro Gel Cream.

CLAY BOTANICALS ULTIMATE HYDRO FACIAL TONER

Toner ini punya packaging yang beda dari toner yang pernah aku coba, terbuat dari plastik dengan tutup fliptop. Aku suka dengan kemasannya yang clean and sleek, didominasi warna putih dan hijau. Untuk kemasan botolnya sendiri tidak terlalu banyak informasi yang tersedia, hanya ada merek, nama produk, manfaat, dan ukuran toner, dan tanggal kadaluwarsa. Untuk informasi lainnya seperti ingredients, produsen, cara pemakaian, terdapat pada kotak kemasan jadi kalau teman-teman ingin mempelajari, pastikan untuk tidak membuang kotaknya ya!

Oh ya, kalau boleh 1 (satu) hal aku bahas, ini tidak penting sih.. tapi pada box-nya banyak gramatical error dan typo pada tulisan-tulisan bahasa Inggris. Menurutku sebaiknya dibuat bahasa Indonesia saja, tidak masalah kok! Kan yang pakai skincare-nya juga orang Indonesia juga, skincare lokal. Namun ini sekali lagi bukan hal yang penting siih, hehe.  

Mari kita bahas kandungannya. Toner ini mempunyai 3 (tiga) key ingredients yang sudah sangat terkenal di dunia skincare, yaitu:

  1. Sodium Hyaluronate: fungsinya membantu meningkatkan hidrasi pada kulit, menghaluskan, serta memberi nutrisi pada kulit.
  2. Niacinamide: mencerahkan kulit, dan mengurangi dark spot pada kulit.
  3. Centella Asiatica: meningkatkan kolagen pada kulit sehingga dapat memperbaiki tekstur dan scars.
Secara umum, fungsi dari toner ini adalah untuk melembabkan dan menyeimbangkan kulit. Jadi bisa dibilang, toner dari Clay Botanicals ini merupakan hydrating toner! Sebenarnya dari namanya saja sudah ketahuan, sih ada ‘hydro’-nya. Nah selain dari 3 key ingredients di atas, ada juga kandungan lain seperti aloe vera extract, panthenol, allantoin, yang memang baik untuk kelembaban kulit. Ada kandungan parfum, harusnya sih sedikit mengingat dia terletak di bagian akhir list ingredients.

Seperti biasa, aku akan memberikan recap review supaya teman-teman lebih mudah dalam membaca. Untuk kemasan dan kandungan sudah kubahas di atas, akan kulanjutkan sisanya!

Tekstur, Wangi, dan Warna: toner ini mempunyai tekstur yang watery, ringan, dan runny. Saat diratakan juga dia seperti air, tidak ada rasa licin. Aku selalu terbuka dengan segala jenis tekstur toner, asal memang bisa melembabkan ya ngga masalah. Meski botolnya berwarna kuning kehijauan, cairannya berwarna bening, kok. Nah, untuk wanginya jujur aku kurang srek, karena wangi mint dedaunannya cukup kenceng menurutku. Teman-teman yang sudah sering baca review-ku pasti tahu deh kalau aku punya hidung sensitif, jadi memang aku suka rewel sama wewangian, haha. Namun kalau teman-teman biasa saja sama parfum, harusnya ga masalah sih, tergantung selera aja.

Rasanya di kulit: oke, saat pertama diaplikasikan dia terasa dingin minty. Di area T-Zone (dahi, hidung, dagu) tidak ada masalah, tapi di bagian pipi kadang ada rasa hangat dan bagian filthrum selalu terasa seperti memakai minyak angin, jadi sedikit memerah. Sensasi ini sebetulnya cukup cepat (1-2 menit pertama) tapi jujur agak kaget dan setelah pakai beberapa kali di seluruh wajah reaksinya tetap sama. Mungkin karena wajahku sensitif kali, yaa.. Oleh karenanya, untuk kenyamananku aku hanya pakai di area T-Zone saja. Namun ini beda-beda ya di kulit tiap orang, beberapa teman tidak merasakan sensasi ini, jadi tergantung kulit masing-masing! Nah setelah diaplikasikan wajah terasa plump / membal, sedikit sticky, setelah 10 menitan dia menyerap sempurna.

Efek di kulit: aku lumayan suka dengan efeknya yang melembabkan, wajah terasa plump dan nyoy saat memakai ini. Hidrasinya oke banget, sayang di area pipi dan filthrum ada sensasi minty yang cenderung hangat tadi jadi aku pilih memakai di area T-Zone saja. Dia ga ada rasa cekit sama sekali atau efek negatif apapun, malah enak karena lembabin kulit. Toner ini ditujukan untuk semua jenis kulit, jadi teman-teman dengan skin type apapun bisa coba! 

Cara pemakaian: ada 2 (dua) cara pemakaian toner ini, yaitu langsung dibaurkan ke wajah atau menggunakan kapas. Aku pribadi lebih suka jika dibaurkan ke wajah langsung karena rasa hangatnya lebih sedikit daripada menggunakan kapas. Kalau pakai kapas, ada gosokan ke wajah jadi rasa hangat-panasnya lebih terasa. Nah urutan pemakaiannya seperti biasa, face wash, toner, moisturizer, sunscreen kalau pagi.

Harga: Rp 89.000,- bisa dibeli di Shopee.

CLAY BOTANICALS ULTIMATE HYDRO GEL CREAM

Adakah teman-teman yang wondering Hydro Gel Cream’, apakah ini? Ada di tahap skincare yang mana? Yaa, Ultimate Hydro Gel Cream ini merupakan moisturizer. Biasanya, moisturizer yang tertulis cream mempunyai tekstur krim yang pekat, tetapi punya Clay Botanicals ini berbeda, dia bertekstur gel / jelly.

Pertama aku melihat kemasannya aku langsung suka. Terbuat dari kaca frosted tebal dengan dominasi warna putih, desain yang simple and sleek. Aku oke oke saja sih dengan kemasan jar seperti ini, mengingat teksturnya juga tidak bisa jika ditaruh di botol. Sama dengan toner-nya, informasi pada kemasan jar tidak banyak, hanya ada brand, nama produk, manfaat, ukuran, dan tanggal kadaluwarsa. Informasi lainnya terdapat pada kotak, jadi kotaknya jangan dibuang ya kalau mau pelajari ingredients-nya!

Mari kita bahas kandungannya. Sama seperti toner-nya, ada 3 (tiga) key ingredients dari gel cream ini, yaitu Niacinamide, Sodium Hyaluronate, dan Centella Asiatica. Fungsinya adalah untuk mempertahankan kelembaban, menghidrasi kulit, dan mencerahkan. Selain kandungan tersebut, ada kandungan lain seperti aloe vera extract, panthenol, dan allantoin yang memang fungsinya untuk melembabkan kulit. Ada kandungan parfum pada bagian akhir list ingredients.

Oke, kita masuk ke recap review, ya! Aku akan bahas tekstur, wangi dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, dan cara pemakaian.

Tekstur: bagian ini perlu penjelasan sendiri karena teksturnya unik banget! Sebagai moisturizer, aku baru pertama kali menemukan tekstur moist begini. Dia ini saat pertama ditekan membal, seperti kalau kita tekan jelly. Lalu saat dicolek, dia berbentuk gel yang slimy gitu, mirip soothing gel! Aku suka banget sih sama teksturnya yang lebih seperti soothing gel atau sleeping mask. Karena biasanya yang tekstur seperti ini enak banget buat menenangkan kulit.

Wangi dan warna: wangi dari produk ini adalah teh mint. Untuk teman-teman yang terbiasa dengan kandungan parfum mungkin tidak masalah, sayang hidungku agak sensitif sama wewangian jadi menurutku agak terlalu kencang wanginya. Untuk warnanya sendiri dia gel bening, bagus artinya kedua produknya tidak pakai pewarna.

Rasanya di Kulit: Kaget sekaget-kagetnya karena ini enak banget di kulit! Awal dipakai, dia ada rasa minty. Wah, jangan-jangan bakal hangat ini, pikirku. Ternyata yang ini beda, sensasinya malah dingin. Alhasil, wajahku yang saat itu sedang iritasi (gatal di beberapa area wajah dan ada tiny bumps) jadi lebih tenang dan gak gatel lagi. Efek soothing-nya berasa banget, sih. Mungkin yaa.. mungkin karena rasanya dingin, otak kita dialihkan dari awalnya rasa gatal jadi rasa dingin. Aku setiap apply agak banyak dan tebal, jadinya memang sedikit lengket dan nyerap lumayan lama. Makanya, biasanya aku jadikan ini sebagai tahap skincare-ku yang paling akhir, sebagai penutup skincare routine-ku.

Efeknya di Kulit: menenangkannya dapet, melembabkannya dapet, wajah membalnya dapet! Aku suka banget sih sama moisturizer ini. Bagiku dia jadi skincare savior alias penyelamat kulitku terutama pas lagi ngambek. Bisa dibilang dia Laneige Sleeping Mask-ku versi lokal, lah yang memang dari dulu sudah jadi penyelamat kulit. Gak bikin ketarik sama sekali, dia nyerapnya memang butuh waktu, tapi pas sudah set kulit jadi lembab dan plump.

Cara Pemakaian: aku pribadi paling senang pakai ini di malam hari, sebagai tahap terakhir skincare routine alias penutup. Mengapa? Pertama, dia nge-setnya cukup lama, jadi paling enak kalau dibiarin saja tanpa ditimpa lagi. Dua, kalau aku pakai pagi bersamaan dengan sunscreen, si sunscreen jadi pilling karena teksturnya yang jelly tadi. Makanya, aku posisikan dia sebagai sleeping mask. Aku pakai tiap hari kok, dengan tahapan face wash, toner, serum, moisturizer. Menurutku ini bakal cocok untuk kulit normal-kering, tapi ga menutup kemungkinan juga untuk tipe kulit lain akan cocok karena skincare itu cocok-cocokan, guys!

Harga: Rp 129.000,- bisa dibeli di Shopee.

Foto di atas adalah before - after pemakaian Clay Botanicals Hydro Gel Cream. Bisa teman-teman lihat di foto pertama ada jerawat kecil-kecil yang timbul dan pada saat itu kondisi kulitku sedang gatal-gatalnya, setelah diaplikasikan, besoknya wajah jadi kembali normal dan tidak ada rasa gatal lagi. 

Kesimpulan: dari 2 (dua) produk Clay Botanicals yang aku coba, aku sangat suka dengan gel cream-nya. This is my new skincare saviour, kayanya aku bakal beli kalau habis. Untuk toner-nya sendiri aku hanya pakai di area T-Zone saja, karena di area filthrum terasa seperti memakai minyak angin. Boleh dicoba moisturizer-ya, harganya juga lumayan murah!

Thank You for Reading!

tags: Clay Botanicals Ultimate Hydro Facial Toner Review, Clay Botanicals Ultimate Hydro Gel Cream Review, Clay Botanicals Moisturizer Review, Review Clay Botanicals, Clay Botanicals Review, clay botanicals ultimate hydro facial toner, clay botanicals ultimate hydro gel cream skincarisma, clay botanicals female daily, clay botanicals ultimate hydro gel cream ingredients, clay botanicals toner ingredients

You May Also Like

31 comments

  1. Aku tertarik banget sama Hydro Gel Cream nya kk el,mau Cobain juga deh❤️

    ReplyDelete
  2. Langsung tergiur sama gel creamnya! Apalagi kak el bilang sbg skin savior🤩

    ReplyDelete
  3. tergiur deh sama clay botanicals toner dan gel creamnya.. harganya juga termasuk cukup terjangkau

    ReplyDelete
  4. ini produk lokal toh, tadi kalau sekilas lihat packagingnya kayak skincare dari Korea ya. Nanti mau ah cobain juga kalau toner di rumah sudah habis, apalagi ini cocok untuk segala jenis kulit ya.

    ReplyDelete
  5. Waah keren nih produk lokal makin bagus-bagus aja btw aku baru tau brand ini loh jadi pengen cobain Ultimate Hydro Gel Cream-nya nih

    ReplyDelete
  6. wah ini produk lokal ya? mirip kayakk skincare dari korea. menurutku juga kalo skincare lokal dipasarkan di sini nggak usah dibahasa inggriskan. kecuali kalo produk impor. skincare korea juga gitu kok, mereka pakai hangul di kemasannya,

    ReplyDelete
  7. Hydro gel creamnya masuk wishlist :) kayaknya enak banget di kulit ya hahaa

    ReplyDelete
  8. ini berarti produk lokal ya, wah makin kece aja sekarang varian skincare lokal menarik buat dicoba

    ReplyDelete
  9. Wah, tonernya rekomended nih untuk saya coba juga. Apalagi tekstur yang kayak gel itu saya baru tahu ini juga. Hehehe semoga cocok di kulit saya.

    ReplyDelete
  10. Gelnya kelihatan adem banget nih. Kayaknya enak ya buat dipakai pagi-siang.

    ReplyDelete
  11. Ak baru tau malah sama brand Clay Botanicals ini, btw aku penasaran sama efek.minty nya si toner itu kek gmn haha tp bgusnya si toner ada efek melembabkan nya ya.
    Oia setuju jg sih mnurutku klo produk lokal, tulisan info di pekejing baiknya pakai bhs indo jg soalnya yg pake jg orng indo jga kan ya ����

    ReplyDelete
  12. pas baca langsung pengen nyobain yang gel creamnya, dan ternyata ini produk lokal ya baru tahu, proud banget kita punya banyak produk lokal di bidang kecantikan ya ternyata

    ReplyDelete
  13. Terpukau sama produk Clay Botanicals Toner Gel Cream.
    Rasanya baru liat fotonya aja uda adem. Terus sampai ke tekstur, aku makin yakin kalau ini wajib banget dicobain.

    ReplyDelete
  14. Key ingredients nya bagus ya buat calming kulit, apalagi niacinamide dan centella asiatica. Tapi sayangnya, tonernya wanginya cukup kuat ya.

    ReplyDelete
  15. wih menarik banget, penasaran bgt akutu sm gel cream nya ciii

    ReplyDelete
  16. Menarik banget cream nya..makasih review nya

    ReplyDelete
  17. Tergiurrrrrr akutu pengen coba jadinyaa

    ReplyDelete
  18. Yang aku butuhin nih. Secepat itu efeknya 😍

    ReplyDelete
  19. aku juga lagi pakai moisturizer sejenis gel cream ini dan emang nyaman banget di kulit. tapi punya clay botanicals ini menarik banget ya, cukup affordable buat ukuran segitu 😁

    ReplyDelete
  20. Aku eyeing gel creamnya sih dari kemarin-kemarin.. Btw, kulit aku kalau kena mint yang too much suka gak kuat apalagi kalau lagi dehidrasi jatuhnya jadi perih.

    Bener sih, gel creamnya enak buat di step sleepmask karena dia kayak layering top our skin gitu ya, El...

    ReplyDelete
  21. aku baru denger nama brandnya, kak el. harganya terjangkau juga ya 😍

    ReplyDelete
  22. Wah tekstur moisture nya gel bgt huhu jadi kepengen. Harganya affordable pulak 😍

    ReplyDelete
  23. Selalu nemu skincare baru di blog Lisa! harganya affordable yah dengan kandungan yang menarik gitu, jadi pengen coba!

    ReplyDelete
  24. AKu suka banget el sama moisturizer nya. Slimy kalo di balur tapi efek ngunci kelembapannya itu nampol. Ringan tapi lembapnya dapet.

    ReplyDelete
  25. Jadi pengen coba moisturizer nya setelah liat teksturnya kok lucu banget sih hehehe dan aku baru tahu kalau harganya cukup terjangkau yaah, kirain ini agak pricey 😂

    ReplyDelete
  26. Makin mupeng baca review ini, pengen beli langsung 🥺

    ReplyDelete
  27. Penasaran sama tonernya tapi ada parfum walaupun di urutan terakhir🥺

    ReplyDelete
  28. Pas baca review nya langsung penasaran mau cobain🥺 Aduh wishlistku nambah lagi nihh

    ReplyDelete
  29. Habis liat reviewnya, langsung kepingin nyobain deh jadinya🥰 mana baru tau itu produk lokal dong😭

    ReplyDelete
  30. Sebenarnya udah tertarik sama moisturizernya, baca ini makin2 dah pengennya��

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L