Indoganic Bakuchiol Intensive Face Oil Review | Face Oil yang Ringan, Wanginya Enak, dan Bikin Lembab?

by - March 27, 2021

Di akhir tahun 2020, ada satu kandungan skincare yang tiba-tiba naik daun di Indonesia, yaitu bakuchiol. Mungkin ada yang sudah tau, mungkin juga ada yang belum tau tetapi aku tetap akan memperkenalkan ingredients ini. Bakuchiol sebenarnya adalah suatu bahan yang diambil dari biji dan tanaman babchi (psoralea corylifolia) yang banyak digunakan untuk tanaman obat pada sistem pengobatan Ayurveda di India. Mengapa bakuchiol diminati oleh pecinta skincare? Pertama, karena ia mempunyai banyak fungsi bagi kulit, seperti memperlambat penuaan (anti aging), memperbaiki tekstur kulit, serta meredakan inflamasi. Kedua, karena bakuchiol ternyata mempunyai fungsi yang hampir sama dengan retinol, tapi less irritant bagi kulit, terutama kulit sensitif sehingga menjadi alternatif. 

Nah, dari banyaknya produk bakuchiol yang beredar, ada 1 (satu) yang baru saja diluncurkan kemarin dan akan aku ulas hari ini, yaitu Indoganic Bakuchiol Intensive Face Oil. Yang unik dari face oil ini adalah dia tidak hanya mengandung bakuchiol saja, tetapi juga kandungan lain yang berfungsi melembabkan kulit dan antioksidan sehingga bisa dibilang face oil ini segala bisa. Nah daripada berlama-lama, aku mulai review-nya yaa!

Pertama, mari kita berbicara tentang kemasan-nya.  Botol face oil ini terbuat dari kaca buram dan pipet. Aku sih suka-suka aja dengan desainnya, seperti desain serum atau face oil pada umumnya. Botolnya ini meski dari kaca kuat loh! Pas itu sempat jatuh, tetapi tidak retak sama sekali. Salut! Sayang, mungkin aku yang terlalu bar-bar saat memfoto, tulisan pada kemasanku hilang. Selain itu, saat face oil ini sampai dia tidak terisi penuh, dugaanku karena face oil ini berisi 15 ml, tetapi rasanya botol yang digunakan adalah kemasan 20 ml. Juga sebetulnya aku lebih sejang jika ada tulisan kadaluwarsa di botolnya, jadi aku tidak mudah lupa. Mungkin akan ada di produksi selanjutnya atau di kotaknya ya! 

Untuk kemasan kotaknya aku tidak bisa terlalu berkomentar karena aku tidak mendapatkannya,  tetapi aku diberikan beberapa informasi penting terkait produk ini. Pertama, produk ini sudah BPOM, dan nomornya: NA18212000066. So, pasti aman! Kemudian, ingredients list pada produk ini adalah:

"Dicaprylyl Carbonate, Vegetable Squalane, Caprylic/ Capric Triglyceride, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed oil, Bakuchiol, Tocopherol, Cedrus Atlantica Bark Oil, Citrus Sinensis (Grapefruit) Peel Oil, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Oil, Boswellia Carterii Oil, Rosa Damascena Flower Oil."

Nah tadi kan aku sudah memberikan ingredients list-nya, aku mau tunjukin ada beberapa kandungan yang menjadi highlight pada face oil ini, yaitu:
  1. Bakuchiol -- sesuai namanya, bakuchiol merupakan kandungan utama face oil ini. Kandungannya adalah 4% pure essential oil blends, fungsinya untuk membantu meredakan inflamasi akibat jerawat dan mengontrol pertumbuhan bakteri pada kulit yang menyebabkan maskne. Selain itu, tentunya dia juga berfungsi sebagai anti aging.
  2. Squalane -- fungsinya untuk mengunci kelembapan kulit. 
  3. Tocopherol -- sebagai antikoksidan yang menangkal radikal bebas dan mencegah penuaan dini. 

Aku suka sekali dengan tekstur-nya! Dia ini tergolong dry oil, sehingga teksturnya sangat ringan, persis seperti air menurutku. Oleh karenanya, face oil ini menjadi sangat mudah diratakan dan terasa ringan di wajah. Aku biasa pakai pagi dan malam, sekali pakai 3-5 tetes sudah cukup kok untuk 1 wajah. Menurutku sih face oil ini akan cocok bagi pemilik kulit berminyak sekalipun. karena teksturnya ringan di wajah, jadi ga akan mengganggu. 

Dibanding pendahulunya, wangi Bakuchiol Intensive Face Oil ini jauh lebih enak. Calming, relaxing, dan pastinya oke buat hidung sensiku. Nah meski wangi, ternyata dia tidak memakai wewangian sintetis tetapi menggunakan pure essential oils blends. So it's good for me, tidak ada fragrance tapi wanginya enak! Oh ya, meski pada botol warnanya kuning, aslinya ketika ditaruh di tangan dia berwarna bening. Ini karena dia teksturnya cair, jadi warnanya tidak kelihatan.

Bagaimana efek face oil ini setelah penggunaan selama kurang lebih 1 (satu) bulan? Aku merasa setiap habis pakai ini, wajah jadi lebih lembut. Sebagai pemilik kulit kering, biasanya wajah aku itu kalau dielus kasar-kasar gitu, bertekstur kaya jeruk. Jadi aku senang sih dengan result-nya! Selain itu, dia juga beneran bikin glowing & lembab, tetapi wajah rasanya tetap ringan dan gak sumuk. Aku paling suka sih pakai ini saat malam hari karena kulit terasa sehat saat bangun tidur (plump). Namun dipakai pagi hari juga tidak masalah, kok!

Untuk fungsi maskne atau meredakan jerawatnya, aku musti lebih explore lagi untuk merasakan manfaatnya, karena sejauh pemakaian aku masih sering ada redness di wajah. Ini sebetulnya biasa, karena redness muncul bukan hanya karena maskne, ada faktor lain seperti cuaca, skincare yang kurang cocok, dan faktor lain. 

Nah untuk urutan pemakaian, aku selalu menempatkan face oil ini di step terakhir skincare, atau sebelum sleeping mask. Jadi urutannya, face wash - toner - serum - moisturizer - face oil - sleeping mask. Urutan ini sebetulnya selera sih, jadi tidak baku harus begini. Oh ya, aku juga sering pakai 2 (dua) teknik penggunaan face oil ini, mungkin teman-teman bisa coba:
  1. Menggunakan face oil ini sendiri, taruh & usap di tangan, baru ditap-tap ke wajah.
  2. Mencampurnya dengan hydrating toner atau yang saat ini dikenal dengan metode scrambled oil. Teknik ini lagi banyak disukai karena mengurangi rasa "oily" dari face oil di wajah.
Ada teman-teman yang tertarik mencoba face oil ini?

Harga: Rp 129.000,- bisa di beli di shopee mall Indoganic.

Thank You for Reading!
tags: bakuchiol adalah, face oil lokal, serum bakuchiol, bakuchiol , indoganic bakuchiol oil, indoganice bakuchiol face oil, bakuchiol serum, bakuchiol review, bakuchiol review, bakuchiol vs retinol, bakuchiol manfaat, indoganic rosehip oil review, indoganic beauty bakuchiol intensive face oil review, indoganic beauty bakuchiol face oil review

You May Also Like

14 comments

  1. ntap, ini face oil ringan bangettt, matengin jerawatnya oke di aku yg oily!

    ReplyDelete
  2. Lengkap banget review nya,sangat membantu yg pengen coba produk inj

    ReplyDelete
  3. Fotonya cantik banget kaya orangnya hehe. Agak ragu mau cuba bakuchiol huhu takut ngga cocok

    ReplyDelete
  4. Face oil kalau ringan di kulit pasti enak banget yaaa nyaman 😍

    ReplyDelete
  5. Aku kira ini bakal pure bakuchiol ternyata ada squalane juga, menarik.

    ReplyDelete
  6. Uwuu..semakin tertarik buat nyoba bakuchiol nih karena baca review mba Lisa :)

    ReplyDelete
  7. Walau dipakai sendiri kayaknya juga tetap nyaman yah karena sari foto teksturnya lebih cair dari face oil lada umumnya. Betul?

    ReplyDelete
  8. udalahh bakuchiol, ditambah lagi sama squalane. manfaatnya dobel-dobeel 😍😍 dari kemarin face oil ini seliweran terus di tl instagram, jadi pengen nyobaiin

    ReplyDelete
  9. aku lagi bingung antara cobain bakuchiol di serum atau face oil. udah mantep coba serum eh nongol face oil ini, jadi bingung lagi πŸ˜‚

    ReplyDelete
  10. Wishlists kuuuu, gak paham lagi performanya kece harganya terjangkau biyangetsss. Ketagihan pake Bakuchiol Serum TTS jadi pingin explore another Bakuchiol salah 1 nya Indoganic ini :""")

    ReplyDelete
  11. Sekarang makin banyak yaa local brand yang pake kandungan bakuchiol. Baru cobain punya true to skin doang, and I love it.

    ReplyDelete
  12. Serius. Bakuchiol face oil ini teksturnya sesuai yang aku mau. Ringn, wanginya relaxing, efeknya moisturizingnya oke. Cocok bener di kulit oily skin ku el.

    ReplyDelete
  13. Review jelas bgt ka ell 😍 btw seneng deh dr Instagram udh liat postingan nya ehh di blog bisa baca secara detail giniπŸ’œ jd makin tertarik mau cobain produk ini tp dompet nyuruh nabung πŸ™ƒπŸ€­

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L