Harlette Beauty Oatmilk Series Review | Skincare untuk Kulit Sensitif!

by - March 06, 2021

Ah, tidak pernah se-excited ini untuk me-review serangkaian produk! Mengapa? Karena tadinya aku sudah berekspektasi bakalan tidak cocok dengan produk-produk dari rangkaian Harlette Beauty Oatmilk Series, tapi ternyata mereka bekerja baik di kulitku selama hampir 3 (tiga) mingguan ini! Nah, seperti istilah 'tak kenal maka tak sayang' aku mau memperkenalkan terlebih dulu brand Harlette Beauty untuk teman-teman yang belum kenal. 

Harlette Beauty adalah brand skincare lokal yang didirikan oleh Valencia Nathania. Valencia mendirikan Harlette karena ingin menyembuhkan jerawat yang dimilikinya, juga membantu teman-teman seperjuangan dalam melawan jerawat. Untuk saat ini, Harlette mempunyai 2 (dua) rangkaian skincare, yaitu Oatmilk Series yang berwarna biru dan Waterymelon Series yang berwarna pink. Untuk oatmilk series sendiri sebetulnya lebih fokus pada kulit yang oily dan sensitif, sedangkan untuk seri Waterymelon fokus pada kulit kering. Namun, perkataan "skincare itu cocok-cocokan, guys" memang benar adanya. Aku kurang berjodoh dengan series yang Waterymelon, padahal kulitku kering. Makanya, aku sempat takut mencoba yang series yang Oatmilk, eh taunya cocok. What a plot twist! 

Oatmilk Series sendiri mempunyai 3 (tiga) produk utama, yaitu Oatmilk Gentle Facial Wash, Oatmilk Day Creme, dan Oatmilk Sleeping Mask. What is oatmilk, and why? Jadi oatmik adalah pepaduan oat alias gandum dan milk alias susu. Series ini mengandung oatmilk yang kaya akan manfaat, sebagai antioksidan, memberikan efek kulit glowing & plump, serta melembabkan kulit. Nah daripada berlama-lama, aku akan memulai review-nya satu per satu.

❤ HARLETTE OATMILK GENTLE FACIAL WASH 

Sangat suka dengan warna yang dipilih untuk packaging Harlette Beauty seri oatmilk! Mereka memilih warna biru pastel, sangat youthful dan sweet. Untuk sabun wajahnya sendiri, Harlette tidak menyediakan kotak ketika kita beli, hanya tube-nya saja. Menurutku sih ga masalah, karena mereka pun tiap mengirim paket selalu menggunakan bubble wrap dan kotak kardus, jadi aman.Ukuran face wash ini juga cukup besar, yaitu 100 gram. 

Ada 2 (dua) kandungan utama dari Harlette Oatmilk Gentle Facial Wash ini, yaitu oat alias gandum dan milk alias susu. Oat, hadir dalam bentuk bulir-bulir kecil pada cairan sabunnya, berfungsi untuk menenangkan kulir dan mengangkat kotoran pada wajah hingga ke pori agar kulit cerah dan halus. Milk, fungsinya adalah untuk memberi kelembaban pada wajah. 

Nah sebetulnya aku bukan orang yang benar-benar mengamati ingredients, tapi aku sempat lihat ada cetyl alcohol di ingredients. Setelah aku pelajari, ternyata bahan ini berfungsi sebagai pengental di produk skincare, jadi tidak bersifat iritasi atau membuat kulit menjadi kering. Selain itu, dia ada parfum dan citric acid (AHA - eksfoliator) tetapi di bagian akhir ingredients, jadi seharusnya presentasenya sangat sedikit.

Nah, supaya teman-teman mudah dalam membaca review-nya, seperti biasa aku akan membuat recap review per kategori saja. Ini dia:

Kemasan: seperti yang telah kujelaskan sebelumnya, aku sangat suka dengan konsep youthful yang dibawakan Harlette. Pemilihan warna pada kemasan juga eye catching, berwarna biru muda. Untuk informasi pada kemasan sendiri sudah cukup lengkap, ada product knowledge, cara pemakaian, peringatan, kandungan, nomor BPOM, expired date, dan produsen. Juga terdapat berat serta PAO dari produk. Oh ya,dari ketiga produk, hanya gentle facial wash yang tidak mempunyai kotak kemasan. Menurutku ga masalah juga, karena saat dikirimkan facial wash ini disertai bubble wrap dan kotak kardus, jadi aman. Untuk penjelasan detail mengenai ingredients, sudah aku jelaskan di atas yaa!

Wangi dan warna: nah, meskipun produk ini mempunyai kandungan parfum di ingredient list, menurutku wangi dari facial wash ini sangat gentle! Dia wangi sereal yang manis, dan yang aku suka wanginya gak strong, cuma selewat aja jadi gak mengganggu sama sekali. Kalian yang follow aku di instagram ataupun twitter pasti tau kalau aku sangat cerewet soal wewangian. Good job Harlette! Untuk warnanya sendiri dia warna putih susu kekuningan. 

Tekstur: Facial wash ini mempunyai tekstur cair sedikit kental, dan terdapat bulir-bulir oat di dalamnya. Nah, meski terlihat seperti scrub, oat-nya ini lumer di wajah, jadi benar-benar gentle dan tidak terasa ada scrub sama sekali. Butiran oat ini berfungi untuk mengangkat kotoran di wajah, tetapi tetap gentle. Oh iya, ternyata sesuai claim-nya, sabun wajah dari Harlette ini tidak berbuih karena memang pada ingredients-nya tidak ada kandungan SLS atau SLES.

Rasanya di kulit: bagian yang terpenting untuk dibahas, rasanya di kulitku bagaimana? Oke, sebagai pemilik kulit kering, aku awalnya agak takut mau coba oatmilk series ini karena mereka sebetulnya diperuntukan bagi acne prone / oily / sensitive skin. Aku kan kering??? Nah berhubung masih ada kesamaan, kulitku kan sensitif, yasudah aku memberanikan diri untuk coba. Ternyata aku cocok pakai ini! Padahal, aku itu paling jarang cocok dan merasa nyaman sama sabun wajah lho, karena selalu ada kurangnya untuk kulit sensitifku. Setelah pakai sabun wajah, kulit tidak ada reaksi negatif sama sekali, gak berasa gatal, ketarik, kering, dan sebagainya. Ga heran sih, dia cocok untuk kulit sensitif karena benar-benar gentle di kulit.

Harga: Rp 115.000,- harga yang normal untuk face wash berisi 100 gram.

❤ HARLETTE BEAUTY OATMILK SLEEPING MASK
Dari 3 (tiga) produk oatmilk series yang aku coba, aku paling penasaran untuk mencoba sleeping mask-nya. Mengapa? Karena akhir-akhir ini memang aku lagi coba beberapa overnight mask lokal dan memang aku sudah penasaran karena temanku yang bernama Jevi bilang kalau produk ini bagus. Dan ternyata benar saudara-saudara, aku suka dengan sleeping mask-nya! 

Oke sama seperti facial wash-nya, sleeping mask Harlette ini mempunyai kemasan berwarna biru muda. Menurutku kemasan berbentuk jar seperti ini umum digunakan oleh produk sleeping mask. Ukurannya cukup kecil dan compact untuk dibawa travelling. Berbeda dengan facial wash-nya, sleeping mask Harlette mempunyai kotak kemasan yang juga sama cute-nya denga kemasan jar. Produk terlihat lebih rapi dan tertata dengan adanya kotak kemasan.

Satu hal yang aku kurang srek adalah tentang tutup jar-nya. Sebetulnya tutup dalam masker ini tuh kuat dan sealed banget, tapi setiap ditutup sering ada sisa-sisa sleeping mask yang menempel di pinggir dan ikut meluber ke luar. Selama pakainya hati-hati sih sebenarnya tidak ada masalah yaa, aku yakin lama-lama bakal terbiasa, sih.

Mari kita bahas ingredients-nya! Sama seperti facial wash, sleeping mask-nya sendiri punya kandungan utama oat dan milk. Nah yang aku notice, ada kandungan licorice yang fungsinya mengurangi hiperpigmentasi (noda hitam di wajah), serta sebagai antioksidan yang membuat kulit menjadi lebih kenyal. Kemudian juga ada kandungan sodium hyaluronate yang berfungsi untuk menarik kelembapan dari udara dan lingkungan dan menguncinya pada lapisan paling luar kulit. sehingga kulit terasa lebih kenyal, lembab dan lembut. 

Nah, meski ada kandungan parfum, wangi dari sleeping mask ini gak mengganggu sama sekali karena wanginya soft. Oh ya, jika ingin mempelajari ingredients dari Harlette Sleeping Mask, sebaiknya teman-teman jangan membuang kotak kemasannya karena ingredients list tidak ada di jar. 

- RECAP REVIEW -
Kemasan: Harlette Oatmilk Sleeping Mask menggunakan kemasan yang umum digunakan oleh sleeping mask lain, yaitu dalam bentuk jar. Nah pada kemasan jar terdapat informasi produk seperti manfaat, cara pemakaian, peringatan, nomor BPOM, dan tanggal kadaluwarsa, sedangkan untuk informasi lainnya seperti ingredients terdapat pada kotak kemasan. Jadi kalau kalian ingin mempelajari ingredients-nya, kotak kemsannya jangan dibuang yaah! Nah mengenai jar-nya, sepertinya I'm not a fan of jar container pada skincare terutama yang tutupnya rapatkarena seringkali terasa berantakan dan kurang higenis. Tutupnya yang rapat terkadang membuat isi produk yang berada di bagian pinggir jadi meleber ke luar, jadi aku harus hati-hati.

Wangi dan warna: wanginya sama seperti facial wash-nya, wangi oatmeal manis gitu. Wanginya berasal dari kandungan parfum yang terdapat pada bagian akhir ingredient list, dan yang aku senang dia itu bukan wangi yang strong jadi gak ganggu indra penciumanku. Untuk warnanya sendri dia putih susu. 

Tekstur: gel texture yang cair sedikit kental. Aku suka dengan texture-nya yang seperti ini karena bikin si sleeping mask gampang diratakan di wajah. Menurutku teksturnya ini lebih mirip gel moisturizer ya, karena dia lumayan padat jadi bisa kasih kelembaban maksimal buat kulit. 

Rasanya di kulit: kalau teman-teman lihat pada product knowledge-nya, sebetulnya sleeping mask ini diperuntukan bagi pemilik acne prone skin (fungsi mengontrol kulit yang berjerawat, merawat pori-pori, dan mengurangi noda hitam), tetapi untuk aku yang mempunyai kulit kering, sleeping mask ini ternyata bisa cocok jugaa! Jadi jangan terpaku pada peruntukan, karena balik lagi skincare itu cocok-cocokan. Nah, aku merasa setiap habis pakai sleeping mask Harlette wajah jadi terasa healthy & plump, tanpa ninggalin rasa greasy ataupun lengket di wajah. Wajah rasanya terhidrasi dengan baik, gak lupa daya serapnya pun cukup cepat jadi nyaman saat di bawa tidur! Aku pribadi lebih suka menggunakan sleeping mask ini sebagai moisturizer, jadi aku pakai setiap hari di step terakhir skincare sebelum tidur. Namun ini cocok-cocokan kulit ya, karena sebetulnya sleeping mask itu secara umum digunakan 2-3 kali dalam seminggu.

Harga: Rp 185.000,- untuk 30 gram.

❤ HARLETTE BEAUTY OATMILK DAY CREME

Produk terakhir yang mau aku bahas adalah Harlette Oatmilk Day Creme-nya. Produk ini merupakan moisturizer pagi yang yang mengandung UV protection. Aku sangat suka dengan packaging-nya! Slim, kecil, compact untuk dibawa kemana-mana. Seperti sleeping mask, it also comes with a box, jadi aman banget dalam pengiriman. Informasi pada kemasan tube juga jelas dan lengkap, ada product knowledge, ingredients, cara pemakaian, peringatan, nomo BPOM, tanggal kadaluwarsa, dan juga produsen sehingga tidak masalah jika teman-teman membuang kotak kemasannya karena hampir semua informasi sudah ada pada tube-nya. Aku juga sangat suka dengan bagian ujung dari tube ini yang lancip, kita dengan mudah mengontrol seberapa banyak prouk yang keluar dari tube, gak bakal kebablasan.

Ini dia untuk ingredients list-nya. Sama seperti 2 (dua) produk sebelumnya, kandungan yang menjadi highlight adalah oat and milk. Aku melihat ada ingredients yang familiar di sini, yaitu Niacinamide yang berfungsi untuk memudarkan jerawat dan juga mencerahkan wajah. Nah pada fungsinya, Harlette Oatmilk Day Creme ini juga berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar matahari dan memberikan kelembaban tanpa membuat kulit menjadi berminyak. Sayang, pada kemasan tidak terdapat penjelasan berapakah SPF dari produk ini sehingga informasinya terasa kurang lengkap. 

- RECAP REVIEW -
Kemasan: sama dengan 2 (dua) produk sebelumnya, Day Creme ini mengambil warna biru muda sebagai packaging-nya. Aku suka sekali dengan bentuk kemasannya yang slim, kecil, compact untuk dibawa-bawa. Informasi pada tube pun cukup jelas, sehingga buatku tidak masalah jika teman-teman ingin membuang kotak kemasannya. Sayang, sebagai produk yang mengandung UV Protection ada 1 (satu) informasi yang kurang pada kemasan, yaitu berapa jumlah SPF dari produk ini. Semoga suatu saat Harlette menambahkan informasi ini ya!

Wangi dan warna: berbeda dari produk lain dalam series ini, wangi dari day creme ini cukup strong bagi hidung sensitifku, tapi masih di tahap bisa ditolerir dan tidak mengganggu. Untuk warnanya dia putih pekat, jadi memang saat diaplikasikan dia menimbulkan whitecast di 3-5 menit pertama.

Tekstur: quite thick, jadi agak sulit untuk diratakan di wajah, harus pelan-pelan. Tekstur seperti ini memang not everyone's favorite, tapi kalau aku pribadi tidak masalah sih. Yang penting saat digunakan pelan-pelan saja, jangan gosok terlalu kencang nanti malah wajah memerah.

Rasanya di kulit: karena memang day creme ini diperuntukan bagi pemilik kulit acne prone and sensitive skin, dia tidak terasa greasy sama sekali dan mudah menyerap. Ada white cast di 3-5 menit pertama setelah pemakaian, tapi habis itu menyerap dengan baik ke kulit. Aku pribadi selama menggunakan ini tidak ada efek negatif apapun dan kulit aman-aman saja, so itu sudah cukup buatku! Ternyata tidak hanya kulit acne prone saja yang bisa cocok, akupun yang dry bisa. Balik lagi, skincare itu cocok-cocokan! Hehe. 

Harga: Rp 79.000,- untuk 15 gram.

Skincare review tak lengkap tanpa foto before-after. Bagaimana hasilnya di kulitku? Oke, selama pemakaian hampir 3 (tiga) minggu, aku merasa kulitku di tahap nyaman dengan rangkaian skincare dari Harlette Oatmilk Series. Hal ini ditandai dengan tidak timbulnya jerawat ataupun bruntusan di kulitku. Sebetulnya kulitku itu jarang jerawatan, paling hanya jerawat kecil di area alis ataupun dagu, tapi selama di minggu kedua dan ketiga menggunakan Harlette, wajahku tidak ada jerawat, kemerahan, gatal, ataupun bentol sama sekali. So, it's a sign kalau rangkaian ini cocok buatku! Setiap habis pakai sleeping mask, aku merasa kulitku menjadi lembab tanpa menimbulkan rasa lengket ataupun greasy di wajah. 

Nah kalau ditanya, favoritku yang mana? Aku suka dengan face wash dan sleeping mask-nya! Keduanya terasa nyaman baik selama pemakaian maupun sesudah pemakaian. Face wash-nya bakal aku pakai terus sampai habi sih, karena memang dia ga ada efek negatif apapun di kulitku! Untuk day creme-nya sebetulnya oke juga, cuma memang terkadang karena teksturnya yang thick, aku kesulitan saat meratakan day creme-nya. Aku sangat senang rangkaian Harlette yang ini bisa cocok di aku!

Untuk teman-teman yang tertarik mencoba produk-produk Harlette, bisa membeli di website, shopee, ataupun tokopedia

Thank you for reading!
Tags: Harlette Oatmilk Series, Harlette Facial Wash Review, Harlette Sleeping Mask Review, Skincare lokal untuk kulit sensitif, review harlette facial wash, review harlette day cream, review harlette oatmeal sleeping mask, review harlette sleeping mask, review harlette oatmilk sleepin mask, harlette day cream review, harlette sleeping mask ingredients, harlette day cream review, harlette oatmeal day cream review, harlette oatmeal facial wash review, harlette oatmeal sleeping mask review, harlette oatmilk gentle facial wash review

You May Also Like

40 comments

  1. Nah! Aku sempet mau beli nih Harlette yang facewash, tapi karena ada CAPB nya yang dimana kalau pakai itu aku keluar jerawatan besar :') jadi urung. Sama sih aku juga pengen day creamnya tapiiii karena 15gr wkt itu belum 70an, aku mikir setiap beli aku harus beli minimal 2�� lagi-lagi mundur~ Tapi tapiiiiii kayaknya so worthed banget nggak sih, buat dicoba? :')

    ReplyDelete
  2. Aduh fotonya cute banget kak, reviewnya juga detail 😻

    Sempat mau beli si harlette ini tapi nunggu sale dulu wkwkw

    ReplyDelete
  3. Foto produknya bagus banget huhu, eyecatching. Kirain si Harlette ini produk luar ngga tahunya dari lokal toh. Nice review btw super lengkap hehe.

    ReplyDelete
  4. hasilnya di kulitmu el jadi lebih glowing gitu ya, suka sama reviewnya bener bener lengkap banget

    ReplyDelete
  5. produk harlette kesuakaan semua orang ya.. dari tahun lalu belum kesampaian cobain :')

    ReplyDelete
  6. Sampai sekarang belum pernah cobain produk harlette, tapi series oatmeal mereka ini memang sejak awal bikin aku penasaran, apalagi sleeping masknya.

    ReplyDelete
  7. Reviewnya lengkap banget, Lisa. Sleeping masknya nih jadi pengen cobain

    ReplyDelete
  8. Thankyou reviewnya kak lengkap bgt

    ReplyDelete
  9. Aku ngiler face wash-nya harlette, udah kutandai di shopee hihihi

    ReplyDelete
  10. salah fokus sama cleansernya yg tube doang tanpa kardus, somehow aku malah suka yang begitu jadi nggak terlalu banyak sampah kardus :')

    ReplyDelete
  11. Packagingnya cute deh karena warnanya pastel. Suka liat before-after nya, kelihatan bgt perbedaannya, wajah jadi lebih sehat, lembab dan plumpy.

    ReplyDelete
  12. Wow, keren mbak. Hasilnya lebih glowing deh dari sebelumnya. Harlette Beauty Oatmilk Series ini saya malah baru denger ini, jadi mupeng pingin beli juga rangkaian produk ini :D

    ReplyDelete
  13. Warna kemasannya cerah ceria bagus banget yaa..Bikin happy~
    Plus kayanya dove-dove gitu yaa?
    Hasilnya juga memuaskan. Selamat yaa, kak.

    ReplyDelete
  14. Kulitku juga termasuk kering nih, jangan-jangan malah cocok juga ya dengan yang oat milk ini. Biasanya kan memang yang milk gini lebih melembabkan. Senang yaaa kalau hasilnya cocok di kulit gini.

    ReplyDelete
  15. Teksturnya kelihatan enak banget tuh di kulit. Jadi pengen coba dah creamnya

    ReplyDelete
  16. packagingnya gemesin sekaliiiiii >.<

    ReplyDelete
  17. Aduh Harlette ini packaginya gatahan gemesnyaa! Aku paling suka sama watermelon series mereka, yg oatmeal ini baru coba sleeping masknya aja > <

    ReplyDelete
  18. Sesuka itu sama review nya ka EL , lengkap sampe ga ada lagi yang bisa ditanyain , dan satu2nya jalan untuk tau Harlette WORTH TO BUY atau engga adalah dengan mencobanya sendiri (∩_∩*) , aku fokus di sleeping masknya sih , anaknya pecinta banget sleeping mask , nabunggg duluuu οΌ―(≧▽≦)οΌ― , produk lokal sekarang makin bagus2 , gakalah bagus sama produk luar , Bangga bangetttt❤

    ReplyDelete
  19. Iya, Harlette ini bagus banget. Produk skincare lokal tapi sudah termasuk juara. Yang waterymelon-nya aku cocok, kakπŸ’“ Padahal kulitku kering juga. Memang benar, skincare itu cocok-cocokanπŸ’“πŸ’“

    ReplyDelete
  20. Harlette aesthetic bgt packaging nyaa, jadi mupeng ahaha, thankyou reviewnya kaa

    ReplyDelete
  21. Harlette aesthetic bgt packaging nyaa, jadi mupeng ahaha, thankyou reviewnya kaa

    ReplyDelete
  22. Uhh tertarik sama sleeping masknya dah ! ≥3≤

    ReplyDelete
  23. Uhh tertarik sama sleeping masknya dah ! ≥3≤

    ReplyDelete
  24. Next mau cobain ini kalau fw dan moisturizer habis

    ReplyDelete
  25. Fix jadi list skincare aku bulan ini!!! Apalagi bagus banget buat acne prone

    ReplyDelete
  26. Fix ini jadi skincare wishlist aku
    Pengen bgt nyobain 😍😍

    ReplyDelete
  27. Thankyou buat review-nya✨ Jadi pengin nyobain juga, langsung masuk Wishlist kuuu 😍

    ReplyDelete
  28. Packaging nya warna favorit aku 😍 makasih review nya, jadi penasaran pengen coba produknya

    ReplyDelete
  29. Terimakasih reviewnya kakk, lengkap dan jelas sekaliii 😍

    ReplyDelete
  30. Wah baru tau ada skincare dengan merk harlette beauty. Jujur saja lihat dari review kakak jadi tertarik buat nyobain karena saya juga pejuang acne pron selaras dengan misi owner dari harlette beaut.
    Dari segi packagingnya menurutku pemilihan warna nya sangat bagus dimana penggunaan warana biru muda dengan desain yang simple

    ReplyDelete
  31. Wah review nya lengkap sekali dan cantik bgt foto produk nya

    ReplyDelete
  32. love bgt penjelasannya! keep going on kakk! ����

    ReplyDelete
  33. Wow .. keren hasilnya lebih fresh & glowing,wajib cobain ini mah πŸ’—πŸ’—

    ReplyDelete
  34. Wow .. keren hasilnya lebih fresh & glowing,wajib cobain ini mah πŸ’—πŸ’—

    ReplyDelete
  35. Harlette masih jadi wishlistkuu 😍 Reviewnya komplit bangett! teksturnya keliatan nyaman banget ya seri oatmilk ini! Paling penasaran sama sleeping masknya 😍😍😍

    ReplyDelete
  36. EL before afternya sungguh terlihat. 😍 fix aku baca sleeping mask nya apalagi buat acne prone skin cocok langsung masuk wishlist. Kemaren sempat pengen day cream nya. Tapi baca review kamu jadi top prioriti nya ya sleeping mask ini.

    ReplyDelete
  37. aku suka sama kemasannya, warna biru muda yang adem gitu diliatnyaa. btw progressnya bagus yaa di kulit kak El :D

    ReplyDelete
  38. Aku penasaran banget sama seri ini, tapi aku kurang sreg sama bahan utamanya, aku kurang cocok pakai milk buat kulit. Btw, aku suka banget sama fotonya, cantik

    ReplyDelete
  39. Penasaran banget sama seri Harlette yang ini karena dulu aku suka cuci muka pake oats. Jadi penasaran kalo beneran pake face wash dg kandungan oats :D

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L