Aromatica Rosemary Scalp Scaling Shampoo Review | Sampo Vegan dengan Bahan Alami!

by - March 10, 2021

Rambut rontok merupakan permasalahan rambut yang saat ini sedang kuhadapi. Beberapa alasannya, pertama karena rambut aku sedang dalam kondisi panjang. Kedua, sampo  yang saat ini aku pakai adalah milik adikku dan fungsinya adalah untuk anti ketombe, jadi tidak sesuai dengan permasalahan rambutku. Akupun sedang dalam pencarian sampo yang memang fungsinya untuk mengurangi kerontokan rambut, or at least memperkuat akar rambut. Kebetulan sekali, aku berkesempatan mencoba satu haircare brand dari Korea, yaitu Aromatica Rosemary Scalp Scaling Shampoo.

Sebelum aku menjelaskan tentang samponya, aku mau menjelaskan dulu mengenai brand-nya. Untuk teman-teman yang belum tahu, Aromatica adalah sebuah clean beauty brand yang berasal dari Korea Selatan. Disebut 'clean beauty'  karena produk-produk Aromatica resmi bersertifikat vegan (tidak menggunakan bahan-bahan dasar yang berasal dari hewan), ecocert (badan sertifikasi pertama di dunia yang mengembangkan standar untuk kosmetik yang terbuat dari bahan alami dan organik), EWG (The Environmental Working Group -- organisasi lingkungan yang mengkhususkan diri pada penelitian dan advokasi masalah lingkungan), dan cruelty free (tidak membahayakan atau membunuh hewan) sehingga aman untuk kesehatan kulit karena terbuat dari bahan-bahan alami. Produk-produk mereka sustainable, sehingga keberlangsungan bumi dapat sedikit banyak terjaga. Oh ya, Aromatica ternyata tidak hanya mempunyai hair care, tetapi juga skin care! Nah daripada berlama-lama, aku mulai review samponya ya..
 
Mari kita bahas tentang packaging-nya dulu. Aku suka dengan desain packaging-nya yang simpel, clean, dan berwarna hijau tua, sangat menggambarkan brand value Aromatica. Nah mungkin ada beberapa teman yang juga penasaran, mengapa ada tulisan 'Scalp Root Energizing' yang diperbesar, ya? Nah ternyata, Rosemary Scalp Root Energizing merupakan 1 (satu) seri produk, yang tediri dari Rosemary Scalp Scaling Shampoo, Rosemary Hair Thickening Conditioner, dan Rosemary Root Enhancer. Jadi, Rosemary Scalp Scaling Shampoo merupakan bagian dari seri Scalp Root Energizing yang dikeluarkan Aromatica. Menarik yaa! 

Di bagian belakang kemasan, terdapat informasi produk yang berbahasa Korea dan Inggris. Namun tenang, sampo ini sudah memiliki stiker terjemahan bahasa Indonesianya, jadi kita bisa langsung mengerti. Pada stiker terdapat manaat produk, cara pemakaian, manufacturer, distributor, dan yang paling penting ada nomor notifikasi BPOM. Aku senang kalau produk-produk impor yang dijual di pasaran sudah mempunyai nomor notifikasi BPOM, tandanya mereka memang serius menjual produk di Indonesia dehgan mengikuti peraturan yang berlaku. 

Ingredients utama yang menjadi highlight dari sampo ini adalah rosemary oil, biotin, dan panthenol. Fungsinya adalah membantu membersihkan sel kulit mati di kulit kepala, menyuburkan rambut dan memperkuat akar rambut, sehingga rambut jadi lebih sehat dan rontok berkurang. Wah, ini nih yang selalu aku cari dari sebuah sampo, mengurangi kerontokan pada rambut! Penelitian British Journal of Dermatology mengungkapkan bahwa panthenol bisa mencegah rambut yang menipis. 

Ukuran samponya adalah 250 ml, ukuran standar untuk sebuah sampo. Nah yang aku salut mereka menggunakan botol hasil daur ulang dari botol lain, atau yang disebut dengan PCR Bottle (Post Consumer Recycled PET). Benar-benar totalitas dalam menjalankan sustainability!

Untuk tekstur samponya sendiri dia tidak terlalu kental dan berwarna bening kekuningan. Nah bisa teman-teman lihat pada gambar, busa yang dihasilkan juga tidak terlalu banyak, karena mereka bebas dari SLS, SLES, Paraben, dan bahan kimia lainnya. They even won Best Shampoo category di Olive Young Awards Korea lho. Untuk review lengkapnya akan aku jelaskan di bawah berdasarkan indikatornya, supaya teman-teman bisa dapat gambaran yang jelas.


- REVIEW LENGKAP -
Kemasan: aku suka dengan kemasannya! Simpel, elegan, berwarna hijau tua. Botolnya juga tebal dan tidak mudah pecah kalau tiba-tiba terjatuh, terlebih mereka menggunakan PCR Bottles jadi benar-benar menjalankan sustainability. Informasi pada kemasan juga cukup jelas, bahkan ada stiker berbahasa Indonesia yang ditempelkan di bagian belakang kemasan, jadi memudahkan kita untuk memahami manfaat, kandungan, cara pakai, dan lainnya. Pada kemasan juga terdapat ingredients, nomor BPOM, dan tanggal kadaluwarsa, 3 (tiga) hal yang penting bagi aku.

Kandungan: seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, ada 3 (tiga) kandungan utama yang menjadi highlight pada sampo ini, yaitu rosemary oil, biotin, dan panthenol yang berfungsi membersihkan sel kulit mati di kulit kepala dan memperkuat akar rambut sehingga rambut jadi lebih sehat dan rontok berkurang. Selain 3 (tiga) kandungan itu, kandungan lain yang digunakan oleh sampo ini merupakan 100% kandungan alami,  cruelty free, SLS, SLES, Paraben free jadi aman untuk kulit kepala.

Wangi: oke, ini bagian yang belum aku bahas sedari tadi. Wanginya! Yang aku notice wangi dari sampo ini adalah wangi tumbuhan yang menyegarkan, seperti rempah-rempah (herbs) atau aromaterapi gitu, tapi aku tidak tau tepatnya apa. Jika melihat dari namanya, sepertinya ini wangi rosemary yaa. Selama pemakaian 2 (dua) minggu aku sangat suka dengan wanginya, benar-benar relaxing. 

Tekstur & warna: sejauh sampo yang pernah kucoba, sampo dari Aromatica ini yang teksturnya lebih cair ketimbang yang lain. Dia teksturnya cair ke kental, berwarna bening kekuningan. Nah, busanya sendiri tidak terlalu pekat karena tidak ada kandungan SLS dan SLES-nya. Aku so far suka-suka aja dengan teksturnya!  

Rasanya saat dipakai: wangi sebuah sampo bagiku sangatlah penting, agar kita bisa enjoy saat menggunakan produk. Nah sampo dari Aromatica ini wanginya seperti aromaterapi, jadi saat dipakai rasanya relaxing. Rambut juga ga mudah kusut sih, dan tidak ada rasa gatal atau panas atau reaksi negatif lainnya saat menggunakan sampo ini. Cara pemakaiannya, aku biasa menuangkan sampo sebesar kepalan tangan, lalu menaruhnya di rambut. Pijat kulit kepala perlahan, lalu bilas.

Efeknya bagi rambut: oke, kalau dari klaimnya, sampo ini dapat membersihkan sel kulit mati di kepala, menyuburkan rambut, memperkuat akar rambut, sehingga rambut jadi lebih sehat dan bebas dari rontok. Dari klaim tersebut, yang paling aku rasakan adalah mengenai kerontokan rambut yang berkurang. Bisa kalian lihat pada gambar, meski belum terlalu signifikan, aku merasa rambutku tidak serontok dulu. Kerontokannya jauh berkurang! Foto tersebut foto dalam pemakaian sekitar 1 (satu) minggu yah, jadi memang cukup signifikan perubahannya di aku. Aku rasa rambutku cocok dengan sampo ini dan memang karena manfaatnya sesuai dengan permasalahan rambutku, jadinya klop. 

Harga: Rp 269.900,-

Beli di: Shopee, dan apabila kalian ingin melihat informasi produknya bisa ke website atau instagram Aromatica!

Thank you Jakarta Beauty Blogger for introducing me to this shampoo! Also.. thanks for reading!
tags: aromatica scalp root energizing review, aromatica shapoo review, review sampo aromatica, review aromatica shampoo, review aromatica sampo, aromatica review, aromatica indonesia,  Aromatica Rosemary Scalp Scaling Shampoo ingredients, aromatica female daily, aromatica scalp root energizing shampoo

You May Also Like

26 comments

  1. frankly I haven't tried this one mba. Dan ini memang organik yaa .. jadi pas banget untuk kita pakai sehari - hari

    ReplyDelete
  2. kebayang sampoan dengan aromatica rosemary scalp scalling terasa bersih kulit kepala jadinya nyaman banghet

    ReplyDelete
  3. waah ngaruh juga ya buat rambut rontok, kalo di aku belom terlalu sih :") tapi setelah pake ini rambut jadi ringan banget 🤩

    ReplyDelete
  4. Aww aq butuh ini buat rambut rusakku.. 🤗

    ReplyDelete
  5. Makasih review lengkapnya kak 😍 langsung tertarik pengen cobain

    ReplyDelete
  6. Kalau liat review kamu selalu dapat banyak info deh sukak 💖 jdi tertarik untuk cobain shampoo nya

    ReplyDelete
  7. Aromatica ini produknya keren2 ya, aku suka banget sama konsep sustainable yang diusung

    ReplyDelete
  8. Aku juga pake ini dan kerontokan berkurang. Trus baha2nya vgean, organik, cruelty free pula. Ok deh pokoke 👌

    ReplyDelete
    Replies
    1. Udah gitu packagingnya pakai bahan yg bisa didaur ulang dan recyclable. Wajar dia dapat penghargaan best shampoo olive young awards di korea 🥳

      Delete
  9. Pertama kali lihat & langsung suka sama kemasannya! Tapi harganya belom masuk budget nih kak hehehe
    Ada harga ada kualitas ya memang

    ReplyDelete
  10. pas banget deh aku lagi cari shampoo yang ga mengandung SLS soalnya aku kurang cocok sama sampo ber SLS :"" mau cobain deh ntar hihii

    ReplyDelete
  11. Suka banget kalau ada produk2 vegan dan cruelty free. Apalagi ini bahan botolnya jg daur ulang keren bgt si konsep produknya. Jdi penasaran pengen cobain

    ReplyDelete
  12. Aku punya permasalahan rambut rontok nih kak kayaknya ini bakal jadi wish list aku deh

    ReplyDelete
  13. Rambut aku kalau panjang masalahnya pasti rontok.
    Jadi kapok banget manjangin rambut. Mungkin karena aku belum kenal Aromatica Rosemary Scalp Scalling Shampoo yaah..
    Ini hasilnya bisa langsung terlihat gitu... Kece punya~

    ReplyDelete
  14. Thanks for information, Elll. Anw aku baru tau fungsi Panthenol utk rambut, haha. Aku kira malah bikin rambut biar biar nggak kering :') kwkw.

    ReplyDelete
  15. Cocok banget buat aku yng merangin rambut rontok huhu , bakal jadi wishlist kalo udah gajian nih hehe

    ReplyDelete
  16. Waaah, ada di Shopee ya? Langsung cek-cek, nih :) Kebetulan aku vegan dan kadang rambutku rontok juga. Seneng banget pas tau mereka pakai botol daur ulang. Yay! :)

    ReplyDelete
  17. Wah busanya ngga lebay gitu ya. Jadi pengen coba tapi harganya mayan juga hehe

    ReplyDelete
  18. Review nya bikin penasaran mau nyoba dehh

    ReplyDelete
  19. Uwaaaah mampu kurangin rontok...apakah aku harus coba juga😍 liat dari packaging aja cakep yaa!

    ReplyDelete
  20. Wi the before and after! Banyak yg review blg emg ini mantul buat rambut rontok ya, worth the price lah ya Kak > <

    ReplyDelete
  21. Apakah ini sampo yang kucari-cari selama ini. Kayaknya oke banget buat atasin rontok

    ReplyDelete
  22. lumayan pricey yaa, tapi worth the price juga. butuh proses, seenggaknya hasilnya keliatan banget 😍

    ReplyDelete
  23. Shampoo ini sliweran banget di timeline! Add to wishlist deh, soalnya rambutku masih suka rontok juga :)

    ReplyDelete
  24. Weh gila, seminggu terakhir sering banget baca review produk ini, mana reviewnya bagus-bagus, gimana gak keracun hm. Sayang harganya gak kantong friendly😭

    ReplyDelete
  25. Shampoo ini lagi banyak banget yang pakai ya! Jadi makin penasaran soalnya reviewnya bagus semua T_T add to wishlist walaupun nggak tau kapan bisa nyobanya hihihi >.<

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L