Sheet Mask Yang Bagus (Korea vs Jepang vs Thailand) Review 2019 | Bahasa Indonesia

by - April 11, 2019


Hai semua, hari ini aku mau me-review sheet mask atau masker kertas apa yang akhir-akhir ini aku coba. Aku pribadi adalah tipe orang yang suka sekali masker kertas atau sheet mask karena pada dasarnya semua sheet mask itu mengandung air, apapun khasiatnya sehingga sangat cocok bagiku si pemilik kulit kering. Masker-masker yang aku punya ini biasanya aku pakai pada malam hari setelah mencuci muka, karena setelah cuci muka, muka terasa kering dan kasar sehingga memerlukan hidrasi.

Dua tahun lalu aku pernah me-review dan membandingkan sheet mask yang bagus dari tiga negara, yaitu Korea, Jepang, dan Taiwan. Kali ini aku ingin me-review produk sheet mask dari negara yang sama, tetapi tidak dari Taiwan melainkan dari Thailand. Hal ini karena aku sempat pergi ke Thailand untuk jalan-jalan dan berkesempatan membeli sheet mask disana. Dengan demikian, sheet mask yang akan aku review ialah dari Korea, Jepang, dan Thailand. Disclaimer awal, varian masker yang aku review ini sebagian besar akan ditujukan pada pemilik kulit kering, secara aku adalah pemilik kulit kering.

Untuk yang mungkin belum tahu, sheet mask boleh digunakan setiap hari, boleh juga digunakan sebulan sekali tergantung bagaimana kulit kita masing-masing. Jangka waktu penggunaan sheet mask adalah antara 15-20 menit dan sheet mask harus dibuang, tidak boleh digunakan berkali-kali karena takutnya sudah kotor karena terkena udara. Sisa cairan essence bisa disimpan atau digunakan pada area tubuh yang lain seperti leher atau lengan.

Berbeda dengan review sebelumnya, kali ini aku mau memberikan review berdasarkan beberapa kriteria, yaitu dari kemasan, kualitas kertas masker, rasa saat digunakan, efek setelah pemakaian, harga dan lokasi pembelian. Aku juga akan memberikan penilaian di akhir, mana masker yang terfavorit, masker yang harganya pas di kantong, dan masker yang akan aku re-purchase. 


- Korean Sheet Mask -

✿ CHERIMOA Animal Sheet Mask
ghost
penguin
Masker Cherimoa mempunyai 4 varian dengan fungsi yang berbeda, yaitu tiger untuk kulit dengan kerutan (wrinkle), panda untuk mencerahkan wajah (whitening), penguin untuk melembabkan (N.M.F Aqua), dan ghost untuk mencegah penuaan (anti-wrinkle).

Kemasan: terbuat dari plastik dengan bentuk yang lucu. Gambar hewan di kemasan sama dengan motif pada maskernya. Di bagian depan kemasan terdapat nama varian, merek masker, dan motif masker. Di bagian belakang kemasan terdapat informasi mengenai masker dalam bahasa Korea. Tapi tenang, meskipun berbahasa Korea, ada penjelasan berbahasa Indonesia yang ditempel pada kemasan. Ada tanggal kadaluarsa juga, jangka waktunya 2-3 tahun.

Kertas Masker: Motifnya sangat lucu. Yang aku beli adalah motif ghost atau vampir cina dan penguin. Ukuran maskernya pas di wajah, bagian mata cukup lebar, tapi bagian mulut sepertinya kekecilan. Ketebalan masker pas dan agak sedikit kaku sehingga tidak mudah sobek. Sebaiknya digunakan sambil tiduran karena mudah merosot.

Saat digunakan: Wanginya enak dan ketika digunakan rasanya dingin di wajah. Rasa dinginnya juga bertahan sampai 15-20 menit pemakaian. Air essence dari masker ini teksturnya cair tapi seperti gel, dan sisa airnya cukup banyak sehingga bisa digunakan ke leher atau tangan, atau jika mau disimpan bisa digunakan untuk membuat DIY masker.

Efek setelah penggunaan: Wajah terasa lembab dan kenyal, tapi agak sedikit lengket. Tanganpun terasa lengket karena air essence tersebut.

Harga: Rp 20.000

Dimana bisa membelinya: di seluruh outlet Guardian Indonesia.

✿ WATSONS Facial Mask

Aku baru tau kalau Watson ternyata memproduksi maskernya sendiri. Aku membeli masker ini di Thailand, tapi ternyata sekarang sudah ada di Indonesia. Masker Watson mempunyai 5 (lima) varian, yaitu  jeju hanrabo (jeruk), aloe vera, cucumber (timun), lycopene (tomat), dan dragon fruit (buah naga). Aku membeli varian aloe vera yang fungsinya untuk melembabkan.

Kemasan: terbuat dari plastik dengan desain simpel dan pemilihan warna sesuai dengan variannya. Di bagian depan kemasan terdapat informasi mengenai merek, varian, dan produsen. Di bagian belakang terdapat informasi produk berbahasa Inggris. Karena aku beli di Thailand, ada penjelasan berbahasa Thailand. Mungkin kalau beli di Indonesia, penjelasannya jadi bahasa Indonesia. Ada tahun kadaluwarsa juga. Kadaluwarsanya sekitar 4 tahun.

Kertas Masker: Teksturnya tebal seperti kain dan ada kertas pelindung. Kertas pelindung berguna agar kertas masker mudah dibuka dan tidak mudah robek. Ukuran maskernya pas di wajah, bagian mata dan mulut juga cukup lebar sehingga tidak mengganggu. Sebaiknya digunakan sambil tiduran karena masker ini mudah merosot.

Saat digunakan: Wanginya enak. Saat digunakan rasanya dingin di wajah. Air essence dari masker ini teksturnya kental seperti gel, dan sisa airnya sangat banyak sehingga bisa digunakan ke leher atau tangan, atau jika mau disimpan bisa digunakan untuk membuat DIY masker.

Efek setelah penggunaan: Wajah rasanya segar dan lembab karena kandungan air pada masker melimpah. Wajah sedikit terasa lengket karena tekstur airnya yang gel. Tangan juga terasa sedikit lengket.

Harga: Rp 20.000

Dimana bisa membelinya: di seluruh outlet Watson Indonesia atau di website Watson Indonesia.

✿ SNP Ampoule Mask
Bird's Nest
Black Pearl
Shining Nature Purity (SNP) mempunyai banyak serian sheet mask, tapi yang aku coba kali ini adalah dari seri ampoule mask. Seri ampoule mask mempunyai 5 (lima) varian, yaitu bird's nest aqua untuk melembabkan kulit, diamond brightening untuk mencerahkan kulit, black pearl renew untuk merevitalisasi kulit, gold collagen untuk mengurangi garis kerut, dan charcoal mineral black untuk mengecilkan pori-pori.
Aku sempat me-review dua varian ampoule mask yaitu bird's nest aqua dan black pearl renew. Untuk review lengkapnya kalian bisa klik di sini untuk bird's nest aqua dan di sini untuk black pearl renew.

Kemasan: terbuat dari plastik dengan warna kemasan sesuai dengan kandungannya. Di belakang kemasan terdapat informasi produk dalam bahasa Korea, tetapi ada juga penjelasannya dalam bahasa Indonesia. Yang unik dari kemasannya adalah adanya QR Code yang fungsinya agar kita bisa mengecek apakah masker yang kita beli asli atau palsu. Kadaluwarsa sekitar 2-3 tahun.

Kertas Masker: ketebalannya pas dan bahannya lebih seperti kain sehingga tidak mudah sobek. Ukurannya juga sangat pas di wajah sehingga tidak menimbulkan kerut-kerut aneh saat dipasang. Untuk yang bird's nest kertas maskernya berwarna putih sedangkan untuk yang black pearl berwarna hitam.

Saat digunakan: Wanginya seperti parfum. Rasanya dingin dan segar saat pertama kali dipakai. Ampoule yang ada pada masker ini teksturnya cair dan tidak lengket. Saat digunakan juga maskernya tidak mudah merosot sehingga tidak harus dipakai saat tiduran. Setelah 10 menit dipakai, ada rasa geli-geli di wajah, tetapi tidak lama dingin kembali.

Efek setelah penggunaan: Rasanya setelah pemakaian adalah dingin dan segar, tapi meninggalkan rasa lengket di wajah jika disentuh. Karena air di kemasan masih tersisa cukup banyak, jangan langsung dibuang tetapi gunakan ke area leher atau disimpan untuk penggunaan berikutnya.  Wajah juga menjadi lebih cerah.

Harga: Rp 47.500

Dimana bisa membelinya: offline bisa dibeli di supermarket seperti aeon mall, farmer's marketdan ranch market atau di drugstore seperti Guardian, sedangkan online bisa dibeli di  marketplace seperti bliblitokopedia, shopeelazada.

✿ MEDIHEAL Sheet Mask

Mediheal merupakan salah satu brand masker yang cukup booming di Indonesia. Mediheal seri ampoule mask mempunyai 4 (sepuluh) varian sesuai dengan kandungannya, yaitu N.M.F Aquaring untuk melembabkan, P.D.F AC Dressing untuk mengontrol minyak, E.G.T Timetox untuk mengurangi kerutan wajah, dan I.P.I Lightmax untuk mencerahkan. Aku membeli yang N.M.F Aquaring.

Kemasan: terbuat dari plastik dengan desain yang simpel. Di bagian depan kemasan terdapat informasi mengenai merek dan varian produk. Di bagian belakang terdapat informasi produk berbahasa Korea yang ditutup oleh stiker penjelasan berbahasa Indonesia. Kadaluarsanya adalah 3 tahun.

Kertas Masker: Teksturnya sangat tipis. Terdapat logo mediheal yang di-embossed di bagian ujung masker. Ukuran maskernya pas di wajah, bagian mata dan mulut juga cukup lebar sehingga tidak mengganggu. Sebaiknya digunakan sambil tiduran karena masker ini mudah merosot terutama di bagian mulut.

Saat digunakan: Wanginya enakSaat digunakan rasanya dingin di wajah. Air essence dari masker ini teksturnya kental seperti gel, dan sisa airnya cukup banyak sehingga bisa digunakan ke leher atau tangan, atau jika mau disimpan bisa digunakan untuk membuat DIY masker.

Efek setelah penggunaan: Wajah rasanya segar dan lembab karena kandungan air pada masker melimpah. Wajah dan tangan sedikit terasa lengket karena tekstur airnya yang gel. Namun, lama-lama rasa lengketnya hilang.

Harga: Rp 30.000 - Rp 45.000

Dimana bisa membelinya: drugstore seperti Watsons dan Guardian, serta online store seperti Sociolla.

✿ INNISFREE My Real Squeeze Mask

Masker Innisfree sebenarnya sudah aku coba di review dua tahun lalu, tapi sekarang mereka punya packaging baru. Masker Innisfree mempunyai 18 varian yang berbeda yang kandungannya berasal dari buah dan sayuran. Yang aku beli ialah varian cucumber atau timun, aloe vera, dan green tea atau teh hijau.

Kemasan: terbuat dari kertas dof yang bagian dalamnya dilapisi plastik agar tahan air. Di bagian depan kemasan terdapat informasi mengenai merek dan varian produk. Di bagian belakang terdapat informasi produk berbahasa Inggris dan Korea, yang kemudian ditutup oleh stiker penjelasan berbahasa Indonesia. Kadaluarsanya adalah 2 tahun.

Kertas Masker: Teksturnya sangat tipis berserat seperti kain. Ukuran maskernya pas di wajah, tapi bagian mata dan mulut agak kecil sehingga sedikit mengganjal. Masker ini tidak mudah merosot sehingga bisa digunakan sambil kerja.

Saat digunakan: Wanginya aku kurang begitu sukaSaat digunakan rasanya segar di wajah tetapi ada rasa panas setelah 5-10 menit memakai, tapi setelah itu dingin kembaliAir essence dari masker ini teksturnya tidak kental dan sisa airnya cukup banyak sehingga bisa digunakan ke leher atau tangan, atau jika mau disimpan bisa digunakan untuk membuat DIY masker.

Efek setelah penggunaan: Wajah rasanya segar, tetapi wajah dan tangan sedikit terasa lengket setelah pemakaian

Harga: Rp 20.000

Dimana bisa membelinya: di counter Innisfree seluruh Indonesia.

✿ MISSHA Pure Source Cell Sheet Mask

Brand Missha sebetulnya ada di Indonesia, tapi waktu itu aku tidak terlalu tertarik untuk membeli produk-produknya. Masker ini aku beli sewaktu ada trip ke Thailand. Sepertinya seri masker yang ini tidak ada di Indonesia, yang ada adalah Missha Airy Fit Sheet Mask. Masker Pure Source Cell Sheet Mask ini mempunyai 15 (lima belas) varian dari buah-buahan dan sayur-sayuran. Aku membeli yang varian aloe vera.

Kemasan: terbuat dari kertas dof yang bagian dalamnya dilapisi plastik agar tahan air. Di bagian depan kemasan terdapat informasi mengenai merek dan varian produk. Di bagian belakang terdapat informasi produk berbahasa Inggris, Thailand, dan Korea. Kadaluarsanya adalah 2 tahun.

Kertas Masker: Teksturnya sangat tipis berserat seperti kain. Ukuran maskernya sedikit kebesaran di wajah, tapi bagian mata dan mulut cukup lebar. Masker ini tidak mudah merosot sehingga bisa digunakan sambil kerja.

Saat digunakan: Wanginya sedikit kurang enakSaat digunakan rasanya dingin di wajah tetapi ada rasa panas setelah 5-10 menit memakai seperti saat tangan terkena alkoholAir essence dari masker ini teksturnya cair dan tidak lengket, juga tidak ada air yang tersisa di kemasan.

Efek setelah penggunaan: Wajah rasanya dingintetapi wajah dan tangan sedikit terasa lengket setelah pemakaian

Harga: Rp 20.000-an.

Dimana bisa membelinya: di online shop Indonesia (bukan toko official Missha)

- Japanese Sheet Mask -

✿ HADALABO Gokujyun Mask
Masker Hadalabo Gokujyun ini aku beli sewaktu aku pergi ke Jepang. Masker ini merupakan bagian dari seri Gokujyun milik Hadalabo. Di Indonesia sendiri, seri Gokujyun tidak tersedia lengkap, hanya ada sabun wajah, toner/lotion, dan milk/cream, sedangkan maskernya tidak ada.

Kemasan: Dijual dalam satu kotak isi 4 (empat) buah. Kemasannya terbuat dari plastik. Di bagian depan kemasan terdapat merek produk yang berbahasa Jepang. Di bagian belakang terdapat informasi produk berbahasa Jepang (tidak ada bahasa Inggris, sehingga harus pakai google translate kalau mau tau informasinya).

Kertas Masker: Teksturnya terbuat dari kertas tebal seperti kain.. Ukuran maskernya agak kurang pas di wajah dan agak berkerut, dan bagian mata agak kecil. Masker ini tidak mudah merosot sehingga bisa digunakan sambil kerja.

Saat digunakan: Wanginya sangat enak dan sama dengan produk Hadalabo Gokujyun lainnya. Saat digunakan rasanya dingin di wajahAir essence dari masker ini teksturnya gel dan tidak lengket, tapi agak kesat di tangan. Tidak ada air yang tersisa di kemasan.

Efek setelah penggunaan: Wajah rasanya dingin dan lembabtetapi wajah dan tangan sedikit terasa lengket setelah pemakaian

Harga: Sekitar $10 - $15, 1 (satu) kotak isi 4 (empat).

Dimana bisa membelinya: di drugstore Jepang dan Hongkong.

✿ KOSE Clear Turn Premium Royal Jelly Mask 
Masker ini sebetulnya punya mamaku karena fungsi royal jelly pada masker adalah untuk firming atau mengencangkan kulit. Produk KOSE Cosmeport sebenarnya sudah dijual di Indonesia, tapi untuk seri premiumnya ini belum. KOSE Cosmeport seri premium ini punya 2 (dua) varian, yaitu hyaluronic acid (pink) dan collagen (biru). Aku pribadi memakai yang collagen.

Kemasan: Dijual dalam satu kotak isi 4 (empat) buah. Kemasannya terbuat dari plastik. Di bagian depan kemasan terdapat merek produk yang berbahasa Jepang. Di bagian belakang terdapat informasi produk berbahasa Jepang (tidak ada bahasa Inggris, sehingga harus pakai google translate kalau mau tau informasinya).

Kertas Masker: Teksturnya seperti plastik dan agak keras. Ukuran maskernya cukup pas di wajah tetapi agak berkerut, tetapi bagian mata dan mulut pas. Masker ini tidak mudah merosot sehingga bisa digunakan sambil kerja.

Saat digunakan: Wanginya seperti wangi madu tetapi agak perfum-y. Saat digunakan rasanya dingin di wajahAir essence dari masker ini teksturnya gel dan berwarna kuning seperti madu sehingga agak lengket. Sisa essence madu cukup banyak.


Efek setelah penggunaan: Wajah rasanya dingintetapi wajah dan tangan rasanya lengket setelah pemakaian karena essence madu tadi

Harga: Rp 130.000 - Rp 180.000-an.

Dimana bisa membelinya: di online shop Indonesia (bukan toko resmi KOSE Cosmeport, untuk seri lain bisa dibeli di Watson).

- Thailand Sheet Mask -

✿ CATHY DOLL Thank You Aloe Vera Mask Sheet
Cathy Doll sudah menjual produk-produknya secara resmi di Indonesia. Sebelum ke Thailand, aku sempat mengira brand Cathy Doll berasal dari Korea. Sheet mask Cathy Doll ini mempunyai 5 (lima) varian, yaitu Congrats ___ untuk mencerahkan, Happy ___ untuk mengencangkan, I ___ You untuk menghaluskan , I'm ___ untuk memberikan energi, Fighting ___ untuk mengontrol minyak, Take Care untuk wajah berjerawat, dan Thank You untuk melembabkan. Aku menggunakan yang melembabkan (aloe vera).

Kemasan: Kemasannya terbuat dari kertas dof yang dalamnya dilapisi plastik agar tidak tumpah. Di bagian depan kemasan terdapat merek dan varian produk. Desainnya cukup unik karena kita bisa menulis pesan pribadi di maskernya (seperti notes). Di bagian belakang terdapat informasi produk berbahasa Inggris dan Thailand. Kadaluwarsa adalah 3 (tiga) tahun.

Kertas Masker: Teksturnya tebal dan empuk. Ukuran maskernya terlalu kecil di wajah, bagian mata juga kekecilan tetapi mulut pas. Masker ini mudah merosot sehingga sebaiknya digunakan sambil tiduran.

Saat digunakan: Wanginya enak. Saat digunakan rasanya dingin di wajah, tapi rasa dinginnya seperti pakai alkohol. Air essence dari masker ini teksturnya cair. Sisa essence cukup banyak.

Efek setelah penggunaan: Wajah rasanya dingintetapi wajah terasa sedikit lengket setelah pemakaian. Namun, lama kelamaan rasa lengketnya akan hilang. Tangan tidak terasa lengket tapi agak kesat.

Harga: Rp 29.000.

Dimana bisa membelinya: counter Cathy Doll Indonesia dan website Cathy Doll.

✿ WATER ANGEL Snail Aloe Mask
Masker ini waktu itu aku beli di toko souvenir yang sering dikunjungi turis saat aku pergi ke Thailand. Sebelumnya aku belum pernah tau merk Water Angel, tapi sepertinya masker ini cukup terkenal di Thailand. Water Angel seri luxury enjoyment punya 7 (tujuh) varian, yaitu Snail Aloe untuk wajah kusam, Syn-ake untuk memperbaharui kulit, Jellyfish untuk melembabkan, Bee Venom untuk mengencangkan wajah, Rice untuk mencerahkan, Gold Silk untuk mengecilkan pori-pori, Horse Oil untuk kulit kering.

Kemasan: Kemasannya terbuat dari plastik dengan gambar lukisan yang imut. Di bagian depan kemasan terdapat merek dan varian produk. Di bagian belakang terdapat informasi produk berbahasa Inggris dan Thailand yang cukup lengkap. Kadaluwarsa adalah 3 (tiga) tahun.

Kertas Masker: Teksturnya berupa kain tebal. Ukuran maskernya sangat besar di wajah sehingga bagian mata dan mulut juga lebar  Masker ini tidak mudah merosot sehingga bisa dipakai sambil bekerja. Warna kertas maskernya hitam.

Saat digunakan: Wanginya agak kurang cocok, seperti bau daun sereh. Saat digunakan rasanya dingin di wajah tapi setelah 10 menit ada rasa tinglingAir essence dari masker ini teksturnya sedikit kental. Tidak ada sisa air essence.

Efek setelah penggunaan: Wajah rasanya dingintetapi wajah terasa sedikit lengket setelah pemakaian. Tidak terasa lengket sama sekali.

Harga: $ 20 untuk 1 (satu) kotak isi 5 (lima) buah.

Dimana bisa membelinya: di Thailand.

- kesimpulan -

Masker high end favorit: SNP (yang bird's nest), Mediheal, dan Hadalabo.

Masker low end favorit: Watsons dan Cherimoa.

Masker yang paling ramah di kantong dan mudah didapat: Cherimoa dan Innisfree.

see you in another post!

You May Also Like

1 comments

  1. mantap, makasih atas rekomendasi maskernya . Bakal nyobain satu satu belinyaa

    ReplyDelete

Thank you for your comments!