Airnderm Review | Hydrating Toner, Hydrating Gel, Azeclair Treatment

by - April 15, 2022

Hai semua! Hari ini aku mau membahas 3 (tiga) produk Airnderm yang baru aku punya. Sebelumnya, aku sudah pernah menulis review Niacinamide Gel dan Glass Skin Serum (teman-teman tertarik membaca? Klik di sini). Kali ini, aku mau bahas 3 (tiga) produk berbeda yang belum pernah aku coba yaitu Hydrating Gel, Hydrating Toner, dan Azeclair Treatment. Sebelumnya, adakah teman-teman yang belum tahu brand Airnderm

Airnderm Aesthetic adalah skincare brand yang didirikan oleh Airin Beauty, perusahaan kecantikan yang juga menaungi Airin Skin Clinic. Meski awalnya Airnderm punya kesan sebagai 'skincare dokter', produk-produk mereka dapat dibeli secara bebas tanpa perlu resep dokter. Semua produknya juga sudah BPOM lho, jadi tenang aja! Oke supaya ga berlama-lama aku bahas satu per satu ya.

Airnderm Hydrating Primer Toner

Cari toner watery yang enak untuk dibaurkan langsung ke wajah? Boleh coba dari Airnderm. Airnderm Hydrating Primer Toner merupakan produk yang digunakan setelah sabun wajah, fungsinya untuk mengembalikan kondisi wajah yang kering setelah cuci muka menjadi normal kembali. Dia juga membantu mempersiapkan wajah untuk menerima skincare selanjutnya, makanya dinamai 'primer'. 

Kemasan toner ini cukup besar, berwarna bening dengan aksen hitam dan pink. Yang aku suka di bagian dalamnya dia ada lid kecil yang menempel dengan botolnya jadi si toner ga bakal mudah tumpah dan inner lid-nya pun ga akan hilang. Isinya standar sih seperti toner kebanyakan yaitu 100ml. Semua informasi produk tertera pada botolnya karena dia tidak ada kotak, poin plusnya kita tidak perlu repot cari informasinya (kalau kotak kan suka gak sengaja terbuang tuh..).

Sekarang kita masuk ke ingredients-nya. Toner ini punya kandungan yang super minimal, Sodium Hyaluronate, Aloe Vera Extract, dan Ginseng Root Extract. Fungsinya sendiri untuk melembabkan wajah, menenangkan, serta menyegarkan wajah. Toner ini juga tidak mengandung parfum ataupun alkohol jadi aman bagi temen-temen yang kulitnya kurang cocok dengan 2 (dua) kandungan tersebut. 

Sekarang kita masuk ke recap review. Aku akan membahas tekstur, wangi, warna, rasanya di kulit, serta efek di kulit. 

Tekstur, wangi, dan warna: toner ini punya tekstur watery dan runny, tapi ada feels kentalnya sedikit (gak benar-benar seperti air mineral). Produk ini berwarna bening, no fragrance juga. Sayang, aroma alaminya aku pribadi kurang srek karena ntah mengapa aromanya ini seperti cuka. Untungnya saat dipakai dia gak lingering sih, jadi aman. 

Rasa di kulit: ini di kulitku pribadi paling enak dipakai dengan cara dibaurkan langsung saja ke wajah karena rasanya dingiiin. Untuk cara Chizu Saeki Method (CSM) atau toner masking sayangnya kurang cocok di kulitku karena ntah mengapa lama-lama jadi panas di kulit. 

Efek di kulit: Aku senang karena toner ini terasa ringan dan lumayan licin di kulit. Dia juga mudah menyerap jadi enak untuk layering. Sejauh ini efeknya lebih ke nyegerin wajah dan bikin wajah siap untuk menerima skincare selanjutnya.

Cara Pemakaian: sebetulnya ada 2 (dua) cara menggunakan toner ini. Teman-teman bisa langsung baurkan ke wajah, atau bisa menggunakan metode CSM. Seperti yang aku sebutkan sebelumnya, di kulitku kurang cocok dengan metode CSM jadi aku langsung apply saja ke wajah. Toner ini bisa dipakai di pagi ataupun malam hari. 

Harga: Rp100.000,- bisa dibeli di shopee.

Airnderm Hydrating Gel
Kalau ditanya favoritku dari ketiga produk ini apa? Aku dengan semangat akan menjawab Hydrating Gel! Jujur saat pertama kali melihat teksturnya aku sempet underestimate, kirain bakal lengket gitu. Soalnya, aku pernah cobain the famous Niacinamide Gel dan it's too sticky for me. Ternyata yang ini teksturnya beda, enak pol lho! Kemasannya sendiri terbuat dari plastik berwarna putih dan pink. Yang amat disayangkan, ternyata isinya super dikit jadinya cepat habis. 

Sama seperti tonernya, ingredients dari hydrating gel ini juga minimal, bahkan bisa dibilang super minimalis. Ada beberapa kandungan yang bisa kubahas, seperti:
  • Aloe Vera Extract: kandungan OG untuk melembabkan dan menenangkan kulit,
  • Squalane: minyak pelembab untuk menyerap ke dalam kulit. Memberikan hidrasi dan menutrisi ke kulit, dan
  • Tocopherol: mengurangi peradangan, membantu pembentukan kolagen, meningkatkan kelembapan dan elastisitas kulit.
Hydrating Gel ini juga tidak mengandung alkohol ataupun parfum. Aku suka karena dia gak ada wangi apapun, jadi saat dipakai ke wajah terasa nyaman.

Yuk kita masuk ke recap review. Aku akan membahas tekstur, wangi, warna, rasanya di kulit, serta efek di kulit. 

Tekstur, wangi, dan warna: pelembab ini punya tekstur gel kental. Kalau biasanya bentuknya watery gel, ini justru seperti jelly yang akan terpisah kalau di-scoop. Mirip minuman sarang burung! Dia juga no aroma! 

Rasa di kulit: produk ini enak deh, kusuka! Saat pertama diratakan dia terasa dingin di kulit. Rasanya ringan dan mudah diratakan, ada feels sticky di awal tapi lama-lama menyerap. Super enak sih buat kulit yang lagi iritasi atau kemerahan! 

Efek di kulit: sebagai pemilik kulit kering, biasanya pelembab yang bertekstur gel ini tuh bikin lembab, nenangin kulit yang kemerahan dan bentol. Memang sih ada sedikit lengket tapi aman banget ga mengganggu. Sejauh ini aku suka dengan efeknya dan nagih banget buat dipakai karena rasanya dingin. 

Cara pemakaian: pelembab ini aman banget dipakai di pagi ataupun malam hari karena dia ga pilling ataupun lengket. Pakai secukupnya aja, biasanya aku 2-3 scoops.

Harga: Rp99.000,- beli di shopee.

Airnderm Azeclair Treatment 
Kalau temen-temen bosen sama pelembab yang fungsinya cuma lembabin aja, cobain ini deh! Airnderm Azeclair Treatment ini selain melembabkan juga berfungsi mencerahkan dan mengurangi hiperpigmentasi. Kemasannya sendiri cukup unik dan higenis, berbentuk pump jadi kita tidak perlu colek produknya. Sayang, karena moisturizer ini cukup kental terkadang produk tidak keluar dan harus ditekan beberapa kali.

Sekarang kita masuk ke kandungannya. Kalau teman-teman lihat kemasannya, terdapat tulisan Azeloglicina di sana. Apa ini? Yes Azeloglicina merupakan perpaduan Azelaic Acid dan Glycine. Azelaic Acid dan Glycine (Azeloyl Diglycinate) bekerja dengan baik untuk meratakan warna kulit, mengurangi noda hitam, mencegah produksi melanin dan secara signifikan mencerahkan warna kulit. Selain mencerahkan, Azeloglicina juga membantu mengurangi produksi sebum, menghidrasi, dan meningkatkan elastisitas kulit. 

Selain kandungan tersebut, pelembab ini juga mengandung Niacinamide, Glutathione, Arbutin, dan Vitamin C. Keempat kandungan ini dikenal ampuh untuk mencerahkan serta meratakan warna kulit. Kandungan pencerahnya pol banget sih!

Mari kita masuk ke recap review. Aku akan membahas tekstur, wangi, warna, rasanya di kulit, serta efek di kulit. 

Tekstur, wangi, dan warna: pelembab ini teksturnya lumayan creamy pekat. Saat diratakan di kulitku dia agak back & forth trus somehow cukup berat dan tacky di beberapa menit awal. Aromanya sih so so aja, lumayan oke dan gak mengganggu. Karena warnanya yang putih dia ada efek tone up-nya di kulit.

Rasa di kulit: awal pemakaian pelembab ini aku merasa kulit agak berat atau tacky. Serasa ada sesuatu di atas kulit gitu. Untungnya lama-lama dia menyerap dan berasa lembabnya tanpa meninggalkan rasa lengket. Pada dasarnya dia cocok dipakai di simple skincare aja sih, biar kerasa nyaman. 

Efek di kulit: so far hal yang paling aku rasakan setelah pakai ini adalah instant tone up effect-nya. Yes, dia memberikan wajah kecerahan instan tanpa terlihat abu-abu. Untuk jangka lama memang perlu waktu dan proses ya. Kelembabannya sendiri di kulit keringku so so saja, perlu skincare berlayer agar kulit terasa lembab lalu tinggal ditutup pakai ini.  

Cara Pemakaian: setelah menggunakan sabun wajah, gunakan toner dan serum. Kemudian, gunakan Azeclair Treatment pada slot moisturizer. Gunakan sunscreen setelahnya bila digunakan pada siang hari 

Harga: Rp95.000,- bisa dibeli di shopee.

Dari ketiga produk, teman-teman tertarik yang mana nih? Share ya!

You May Also Like

0 comments

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L