Airnderm Aesthetic Glass Skin Serum & Niacinamide Gel Review | Sama-Sama Niacinamide, Pilih Mana?

by - May 27, 2021

Yes, akhirnya aku gak FOMO (fear of missing out) lagi! Sejak awal tahun, produk-produk dari Airnderm Aesthetic sudah wara-wiri di timeline-ku. 2 (dua) yang paling sering lewat dan disebut ‘the best’ adalah face toner dan niacinamide gel-nya. Berhubung aku sedang mencoba toner lain, aku tidak mencoba tonernya (ah, sayang sekali padahal aku ingin..) dan akhirnya memilih si Glass Skin Serum. Ternyata, aku malah jatuh cinta dengan serumnya! Selain itu, aku juga mencoba Niacinamide Gel yang sangat disukai banyak orang. Detailnya aku bahas di bawah ya.

Sebelum memulai review, aku mau bahas dulu sekilas tentang Airnderm Aesthetic. Airnderm merupakan skincare brand yang dikeluarkan oleh Airin Beauty Corporate. Perusahaan ini juga menaungi beberapa brand lain dan klinik kecantikan, yaitu Airin Cosmetics, Airin For Men, Airin for Teens, dan Airin Skin Clinic. Kliniknya sendiri berdiri sejak akhir tahun 2012, dan kemudian dengan semakin berkembangnya Airin Skin Clinic, merekapun mendaftarkan produk-produk skincare yang diformulasikan ke BPOM dan akhirnya lahirlah beberapa brand seperti yang aku sebutkan sebelumnya. Jadi, semua produk yang dikeluarkan oleh Airin sudah BPOM dan tersertifikasi halal. Selalu salut dengan klinik yang mengutamakan legalitas produk-produknya!

Oke daripada berlama-lama, ada 2 (dua) produk yang akan aku review. Aku akan membahasnya satu per satu, lalu akan membandingkan keduanya berhubung keduanya sama-sama punya niacinamide. Mana yang terbaik? Siapa yang dipakai kapan? Mari disimak.

Airnderm Glass Skin Serum

Serum ini mempunyai nama ‘glass skin’, fungsi utamanya adalah membuat tampilan wajah glowing, membuat kulit tampak bersih dan cerah, menyamarkan noda gelap atau bekas jerawat pada wajah, serta memperkuat skin barrier pada kulit. Nah, kemasannya ini seperti kemasan serum pada umumnya, botol kaca dof dengan pipet. Aku pribadi suka dengan kemasannya yang simpel, clean, tetapi tetap feminim dengan hint warna pink. 

Informasi pada kemasan cukup minimalis ya, hanya ada nama produk, key ingredients, ukuran, tanggal kadaluwarsa, nomor BPOM, dan produsen. Informasi lainnya seperti kandungan dan cara pakai ada pada kotaknya, jadi kalau teman-teman ingin membaca pastikan untuk tidak dibuang ya.

Glass Skin Serum sendiri mempunyai 3 (tiga) kandungan utama, yaitu:

  1. Tranexamic Acid 3%: berfungsi memperbaiki skin barrier, mencerahkan wajah, serta memudarkan PIH atau flek hitam di wajah.
  2. Niacinamide 4%: berfungsi memperbaiki skin barrier dan menghidrasi kulit. Kandungan ini juga baik untuk mencerahkan serta mengurangi PIH di wajah.
  3. Alpha Arbutin 1%: berfungsi mengurangi hiperpigmentasi pada kulit serta mencerahkan.

Ketiga kandungan tersebut merupakan kandungan yang banyak digunakan pada skincare dan punya fungsi utama mencerahkan kulit. Disamping 3 (tiga) kandungan tersebut, Airnderm Aesthetic Glass Skin Serum ini juga mempunyai kandungan lain seperti allantoin, panthenol, arginine, aloe vera, dan sodium hyaluronate yang fungsinya melembabkan kulit, antioksidan, menenangkan kulit, dan meningkatkan kolagen.

Yang aku salut dari produk Airnderm ini, dia tidak ada alkohol, paraben, silicone, dan parfum. Ah, aku suka sekali produk yang free fragrance! Bukannya aku tidak suka produk yang mengandung fragrance ya, aku suka-suka saja asal wanginya enak dan cocok di kulitku. Produk ini juga cruelty free dan dermatologically tested.

Seperti biasa, aku akan memberikan recap review supaya lebih mudah bagi teman-teman untuk membacanya.

Tekstur: aku sangat suka teksturnya! Dia ini teksturnya cair sedikit kental, runny, dan terasa licin jadi enak banget kalau diusap ke wajah.Selain itu, teksturnya juga ringan seperti air jadi rasanya nyaman di wajah.

Wangi & Warna: seperti yang telah kujelaskan sebelumnya, serum ini  dituliskan free fragrance. Namun, aku merasa ada sekilas wangi ingredients saat pertama kali dibuka dari botol, tetapi setelah ditaruh di tangan wanginya hilang. Produk skincare tanpa pewangi mempunyai satu poin plus di hatiku, karena seperti yang teman-teman tau aku punya hidung yang sensitif terhadap wewangian. Warnanya pun bening, jadi tidak ada pewarna tertentu untuk cairannya. Aku suka banget dengan keputusan Airnderm tidak menambahkan elemen-elemen lain pada produknya, jadi produknya tetap simpel tetapi berguna untuk kulit.

Rasanya di Kulit: ah, aku sangat suka dengan rasa serta pengalaman saat memakai produk ini! Saat dibaurkan di wajah dia rasanya licin dan ringan. Calming-nya dapet, soothing-nya dapet (padahal dia bukan notabene produk yang fungsi utamanya itu). Ada rasa lengket di 2 (dua) menit awal, bagi aku gak terlalu masalah sih karena lengketnya juga dalam batas wajar. Aku juga merasakan sensasi dingin di wajah, makanya dia nenangin kulit banget. 

Efeknya bagi Kulit: setelah 2 (dua) menit didiamkan di kulit, serum ini menyerap sempurna. Efek yang aku rasakan kulit terasa soothe, calm, serta lembab. Dia juga membuat kulit terlihat glowing, sesuai dengan namanya 'glass skin'. Untuk efek mencerahkannya masih kupantau, ingin coba lebih lama biar hasilnya lebih keliatan. Bagiku serum ini paling oke jika digunakan dengan metode layering, jadi saat masih dalam keadaan basah, segera kutaruh skincare selanjutnya supaya si skincare lebih meresap. Serum ini juga enak kalau dilanjut dengan produk skincare lain seperti misalnya moisturizer atau sleeping mask, karena kelembaban yang diberikan pas. Kadang, ada rasa kencang di pipi, jadi kalau aku pribadi selalu lanjut dengan skincare lain.

Cara Pemakaian: aplikasikan serum sesudah pemakaian face wash dan toner. Boleh dilanjutkan dengan skincare lain seperti moisturizer, sleeping mask, dan sunscreen. Aku biasa menggunakan 1 (satu) pipet saja cukup untuk sewajah, atau kalau mau lebih terasa basah, pakai 2 (dua) pipet untuk sekali pemakaian. Serum ini bisa digunakan pagi dan malam.

Harga: Rp 129.000,- bisa dibeli di Tokopedia atau Shopee

Airnderm Niacinamide Gel

Pelembab ini sangat viral dan dicintai oleh teman-teman instagramku. “Teksturnya unik dan enak banget di kulit!” – ucap salah satu teman di review-nya. Akupun jadi penasaran, dan akhirnya berkesempatan mencoba si niacinamide gel. Nah pelembab ini, sesuai namanya mempunyai formula gel, fungsinya adalah untuk menjaga kelembaban kulit, menyamarkan noda hitam bekas jerawat, mengurangi jerawat, dan meratakan warna kulit.

Kemasannya berbentuk jar plastik berwarna putih dengan hint pink. Aku suka-suka saja sih dengan kemasannya, meskipun agak terlihat kurang kokoh dan cheapy. Dia hadir tanpa kotak, jadi ketika teman-teman membeli langsung mendapatkan dengan dibungkus plastik bening. Untungnya, semua informasi produk sudah ada pada kemasan, mulai dari ingredients, tanggal kadaluwarsa, Nomor BPOM, dan informasi-informasi lainnya tertera di sana.

Nah, jujur.. aku agak kaget ketika membuka kemasannya. Kalau dari luar kan dia terlihat seperti jar pada umumnya. Namun, ketika kita buka, ternyata kedalaman jar-nya hanya setengah dari terlihatnya di luar. Makanya, produk ini isinya tidak banyak dan agak cepat habis. Punyaku dipakai hampir 2 minggu tinggal sisa ½ (setengah) nya saja. Aku berharap sih mereka membuat versi full-nya, jadi ketika dibuka isinya lebih banyak. 

Sekarang, mari kita bahas fungsinya! Sesuai dengan namanya, pelembab ini mempunyai kandungan utama Niacinamide 4%. Niacinamide, atau yang dikenal dengan Vitamin B3 mempunyai banyak fungsi, seperti mengurangi inflamasi, mencerahkan, melembabkan kulit, dan mengurangi komedo. Selain Niacinamide, Airnderm Gel ini juga mempunyai kandungan lain yaitu aloe vera extract, sodium hyaluronate, panthenol, dan arginine yang fungsinya untuk keempatnya punya fungsi utama yang sama, yaitu melembabkan kulit. Formula yang digunakan pada Niacinamide Gel ini juga paraben free, alcohol free, silicon free, cruelty free, fungal acne safe, dan dermatologically tested. 

Mari kita masuk ke recap review! Seperti biasa aku akan membahas tekstur, wangi dan warna, rasanya ketika dipakai, efeknya, cara pakai, serta harganya di bawah per bagian supaya teman-teman bisa dengan mudah membacanya.

Tekstur: sesuai namanya, dia ini tipe pelembab yang punya tekstur gel. Produk ini mengingatkanku pada tekstur soothing gel yang banyak dijual di pasaran, berwarna bening dan kental. Aku pribadi suka-suka saja dengan teksturnya, paling enak adalah ketika mencolek dan menaruhnya di wajah, rasanya dingin! Diratakannya juga mudah, tidak menggumpal-gumpal.

Wangi dan warna: sejauh penciumanku, dia ini tidak ada wanginya, ada sih sedikit wangi-wangi aqua gitu, tapi hanya sekilas saja. Warnanya juga bening, tidak ditambahkan pewarna macam-macam.

Rasanya di Kulit: Oke, pertama kali dicolek dari jar-nya saja dia sudah terasa dingin. Saat diaplikasikan ke wajah, rasanya sangat dingin! Wajah rasanya benar-benar tenang dan soothe. Feels-nya sih hampir sama dengan kalau kita pakai soothing gel, bedanya ini dinginnya lebih terasa lama dan rasa lembabnya lebih ada (kalau soothing gel kan kebanyakan rasa lembabnya sementara saja). Di satu dua menit pertama dia terasa basah di wajah, lama-lama menyerap. Lumayan terasa lengket, jadi aku pribadi nyamannya pakai ini di bagian tertentu saja di wajah yang perlu soothing effect lebih.

Efeknya di Kulit: efek yang paling aku rasakan dari niacinamide gel ini adalah efek menenangkannya. Ketika ditaruh di wajah, dia rasanya dingin, jadi area wajah lebih calm. Kemarin sempat wajah aku sedang ngambek, di beberapa spot di pipi memerah dan gatal. Aku taruh pelembab ini di area tersebut, dan esoknya kemerahan tersebut hilang! Efek melembabkannya juga dapet. Teman-teman bisa lihat before after-nya di bagian akhir post ini.

Cara Pakai: berdasarkan petunjuk, teman-teman pakai produk ini di slot moisturizer, jadi setelah pakai face wash, toner, dan serum, dilanjutkan pakai ini. Namun, aku pribadi jujur kurang nyaman pakai ini sebagai pelembab untuk dipakai sewajah, karena teksturnya lumayan lengket di kulit. Kalau kebanyakan, terasa berat juga. Jadi, aku pribadi pakai ini untuk area tertentu saja yang sedang kemerahan.

Harga: Rp 70.000,- bisa dibeli di Tokopedia dan Shopee.

2 (dua) produk di atas sama-sama punya kandungan Niacinamide. Lantas, yang mana yang harus dijadikan pilihan? Apa perbedaannya? Mana yang lebih baik? Mari disimak foto di bawah:



Kandungan: keduanya sama-sama punya kandungan yang fungsi utamanya mencerahkan, yaitu Niacinamide. Bedanya, Glass Skin Serum punya kandungan utama lain, yaitu Tranexamic Acid dan Alpha Arbutin, sedangkan si pelembab fokus dengan kandungan Niacinamide-nya. 

Tekstur: Glass Skin Serum teksturnya lebih runny, cair ke kental, dan ringan sehingga daya serapnya ke kulit lebih tinggi. Niacinamide Gel punya tekstur gel yang kental, dan lebih berat daripada serum sehingga lebih sebagai pengunci kelembaban dan pelindung lapisan luar kulit wajah.

Rasanya di Kulit: Glass Skin Serum lebih terasa ringan di kulit, mudah menyerap dan tidak terlalu terasa lengket di kulit. Kadang terasa kencang di pipi, tapi sangat nyaman untuk dilanjut dengan skincare lain (membantu penyerapan). Niacinamide Gel rasanya lebih seperti soothing gel, agak terasa lengket dan lebih berat ketimbang Glass Skin Serum. 

Efek di Kulit: sama-sama soothing & moisturizing. Efek menenangkannya lebih terasa.

Pilih mana? Sebetulnya, serum dan moisturizer itu punya fungsi masing-masing dan keduanya bisa menjadi dynamic duo. Serum, yang teksturnya lebih ringan mudah menyerap ke dalam kulit, sedangkan moisturizer, yang lebih kental memberi perlindungan ke lapisan luar kulit. Aku pribadi, biasa menggunakan Glass Skin Serum di wajah, lalu gunakan moisturizer lain sebagai pelembab. Niacinamide Gel aku gunakan sebagai penyelamat, kalau-kalau wajah sedang memerah, gatal, atau timbul calon jerawat segera aku tempelkan supaya kulit kembali tenang. Sejauh ini ngaruh sih, bisa dilihat di foto before-after berikut.


Teman-teman sudah cobain produk-produk Airnderm? Kalau sudah, produknya apa? Tulis di kolom komentar, ya.

Thank you for Reading!
tags: Airnderm Glass Skin Serum Review, Airnderm Aesthetic Glass Skin Serum Review, Airin Beauty Care Glass Skin Serum Review, Airnderm Niacinamide Gel Review, Airnderm Aesthetic Niacinamide Gel Review, Review Airnderm Glass Skin Serum, Review Airnderm Aesthetic Glass Skin Serum, Review Airin Beauty Care Glass Skin Serum, Review Airnderm Niacinamide Gel, Review Airnderm Aesthetic Niacinamide Gel

You May Also Like

28 comments

  1. jadi pengen cobain productnya, aku sering bgt treatment di airin

    ReplyDelete
  2. ih kita sama, sukanya produk yang fragrance free hahahaa soalnya kadang suka puyeng ya cium produk yang parfumenya kenceng tuh :(

    ReplyDelete
  3. ngebayangin glass skin itu, wow pasti happy banget nih, berasa kulit wajah sehat glowing

    ReplyDelete
  4. Kalau aku sih bakal pilih yang serum deh karena melihat dari reviewnya disini, terus ini juga jadi referensiku mengenai si airnderm. Kebetulan emang pengen pakai produknya mereka juga dan lagi cari beberapa reviewnya.

    ReplyDelete
  5. wah naksir niacinamide gel, soalnya aku tuh suka banget sama formula niacinamide ngaruh banget kalo di kulitku

    ReplyDelete
  6. produk lokal sekarang banyak yang bagus. nggak kalah sama produk korea. Jadi gak ragu makenya, soalnya udah ada bpom dan sertifikat halal.

    ReplyDelete
  7. Aku baru tau loh teknik layering dalam pemakaian skincare, mba. Biasanya aku nungguin serumnya kering dulu baru memakai produk lainnya. Apakah memang lebih baik gitu mba dibikin layering aja? Serius nanya lho ini karena memang ga paham. ;)

    ReplyDelete
  8. Aku nunggu barangnya sampe nih. Tp salah satunya dpt toner yg sering dielu2kan di ig ituh. Semoga diterima juga sama kulit aku 😍

    ReplyDelete
  9. Mau banget nih nyobain karena bisa bikin wajah jadi lebih glowing :)

    ReplyDelete
  10. Inget dulu tuh aku sembuh dari jerawat (yang udah struggle berbulan-bulan) sama produknya Airin gara-gara dikasih adikku yang sempet kerja di sana, padahal aku belum pernah sama sekali treatment di kliniknya lho. Sekarang udah lebih banyak rangkaian produknya ya, dan harus aku akuin produknya Airin cocok sama aku. Jadi pengen nyobain serum sama pelembab gel nya deh lihat hasilnya sebagus itu.

    ReplyDelete
  11. Ternyata harganya masih masuk akal ya mbak kirain lbh mihil lg :D
    Iya ya itu gelnya tebelan kemasannya, mungkin krn spatula itu ya?
    Tapi kalau cepat abis gtu berarti mbak kyknya emang rutin makainya krn suka gak sih sama hasilnya? hehe #sokteu
    Before afternya juga terlihat bagus yaa

    ReplyDelete
  12. wah lucu banget desainnya langsung suka lihatnya, warnannya cerah dan girly banget niy. kebetulan saya sedang cari produk serum lagi bisa jadi rekomendasi saya niy mba

    ReplyDelete
  13. travel friendly banget ya Mba Lis ini sih
    kecil mungil dan lucu. warna pinknya bikin cantik. naksir serumnya

    ReplyDelete
  14. Waah....bagus banget ulasannya.
    Kaya skincare battle gitu yaa... Dan ini bikin pembaca mantap bila harus memilih antara serum atau moisturizer.
    Senang sekali melihat hasilnya yang nyata.

    ReplyDelete
  15. ternyata harganya msh masuk akal ya, menarik ku kira harganya akan mahal bedd

    ReplyDelete
  16. kalau pakai ini harus konsultasi dulu dengan dokternya ga sih, ka?
    Aku juga lebih suka pakai skin care yang ga ada wanginya

    ReplyDelete
  17. Wah pas banget nih. Adek saya lagi cari skincare yang bisa menyamarkan bekas jerawatnya. So pengen aku rekomendasikan produk ini ke dia deh, kali aja cocok. Apalagi harganya juga masih cukup terjangkau dan mudah didapatkan di marketplace ya

    ReplyDelete
  18. El akhirnya aku bakal mencoba glass skin serum karena liat review kamu yang bilang oke banget. Soon dalam antrian. Kalo niacinamide gel sudahlah paling aku fav. Sudah jadi staple skincare aku karena cocok banget.

    ReplyDelete
  19. Nah! Enak nih kayaknya si serum, lembapnya berasa. Aku kadang coba beberapa serum kayak lewat aja efek lembapnya begitu pakai abis diblend persekian detik langsung kayak kulit gak pakai apa-apa cuma berasa sedikit filmy dan dry gitu jadinya.

    😫Produk Airn emang udah terkenal oke sih ya sebelum ulasannya booming *di temlen ku, haha.

    ReplyDelete
  20. Aku eye-ing banget sama moisturizer-nya. Teksturnya bener" mirip kaya shooting gel banget πŸ‘€

    ReplyDelete
  21. wishlistku ini airnderm, paling tertarik nyobain serumnya!

    ReplyDelete
  22. baru awal baca artikelnya udah setuju banget hahaha sempet ada fomo tapi akhirnya bisa coba produk airnderm dan puas banget sama hasilnya πŸ˜†πŸ’–

    ReplyDelete
  23. Penasaran semua pengen nyobain! Dan wow harganya ku kira mahal ternyata masih terjangkau juga ya

    ReplyDelete
  24. Ini airnderm bertebaran dimana mana bgt reviewnya, btw makasih kak jadi makin pengen cobain airnderm

    ReplyDelete
  25. Dan akhirnya aku penasaran sama airndem ini πŸ™‚πŸ₯° plis review mu sangat detail dan jelas πŸ₯° thnkyou

    ReplyDelete
  26. I prefer niacinamide gel but wanna try the serum,thank you for this helpful review ka πŸ₯°

    ReplyDelete
  27. Kecintaan banyak orang nih produk ��

    ReplyDelete
  28. Aaa thankyou ka ell buat reviewnya yang super lengkap dan jelas πŸ˜­πŸ’– jujur ini salah satu produk wishlistku dan emg sebagus itu ya ka airnderm ini 😍

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L