I Trust Nature Spirulina Gel Cleanser & Clay Mask Review | Skincare Pakai Spirulina?!

by - March 01, 2022

Teman-teman familiar dengan kandungan spirulina? Aku sebagai konsumen berbagai suplemen sudah sering mendengar, bahkan mengkonsumsinya. Spirulina merupakan tanaman ganggang berwarna hijau-kebiruan yang hidup di air laut dan air tawar. Setelah dipanen, tanaman ini akan diproses sehingga dapat dikonsumsi. 

Meski sering dijadikan bahan utama suplemen, spirulina ternyata kurang famous di dunia skincare. Padahal, spirulina juga punya banyak manfaat untuk kulit, lho! Salah satu brand yang menggunakan spirulina sebagai kandungan utama skincare-nya adalah I Trust Nature, dengan produknya yaitu face wash dan clay mask. Aku sudah mencoba produk ini sekitar 1 (satu) bulan dan akan memberi ulasannya. Yuk kita mulai! 

I Trust Nature Spirulina Gel Cleanser

Sabun wajah ini sesuai fungsinya mampu membersihkan wajah dari kotoran dan minyak tapi tetap terasa gentle dan melembabkan. Kemasannya sendiri berukuran 110 ml berbentuk pump. Aku sebetulnya prefer kemasannya dalam bentuk tube karena bentuk pump pada face wash lokal itu cenderung susah ditekan. Termasuk punya I Trust Nature, kadang aku kesulitan untuk menekannya. Atau aku ya yang kurang bertenaga? Secara desain dan pemilihan warna sih aku suka banget karena mereka menggunakan earthy tone (hijau-putih-coklat), paduan warna yang kusuka.

Mari kita bahas kandungannya. Menurutku kandungan utama yang diusung oleh I Trust Nature ini menarik banget, yaitu spirulina (Spirulina Platensis Powder). Untuk kulit, kandungan spirulina berfungsi sebagai antioksidan, membantu menjaga dan melindungi kulit dari radikal bebas. Selain itu, ada kandungan lain seperti:
  • Licorice Root Extract: mencerahkan kulit yang kusam 
  • Green Tea Leaf Extract: sebagai antioksidan, menjaga kulit dari radikal bebas dan mengurangi kemerahan pada kulit.
  • Sodium Hyaluronate: mengembalikan kelembaban kulit setelah mencuci muka.
Oh ya, sabun wajah ini tidak mengandung SLS & SLES. Ia juga punya pH-balanced yang disesuaikan dengan pH kulit kita. Produk ini juga tidak mengandung parfum, lho! Cocok buatku yang selektif dengan wewangian.

Yuk kita masuk ke recap review-nya. Aku akan membahas tekstur, wangi, dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, cara pakai, serta harga. 

Tekstur, wangi, dan warna: sesuai namanya, sabun wajah ini punya tekstur gel berwarna bening kecoklatan. Saat diberi air, busa yang dihasilkan tidak terlalu banyak. Bakal cocok sama temen-temen yang lebih suka face wash yang tidak berbusa. Aku suka karena sabun wajah ini tidak ada aroma jadi lebih nyaman bagiku yang selektif wewangian. 

Rasanya di Kulit: sabun wajah ini terasa gentle di kulit. Saat mencuci muka wajah terasa cukup nyaman, juga tidak perih di mata. Setelah pemakaian wajah tidak terasa kering atau ketarik sama sekali, malah cenderung lembab. Agak sedikit licin sih, tapi masih tergolong mudah dibilas. Namun, sebagai pemilik kulit kering tentu aku selalu lanjut skincare lain supaya wajah kembali mendapat kelembabannya.

Efek di Kulit: aku rasa sabun wajah ini bisa cocok ke berbagai tipe kulit karena dia terasa gentle and hydrating. Kulit terasa bersih tapi tidak kencang ataupun ketarik. Karena nyaman aku pakai terus dan ga sadar udah tinggal tetes-tetes terakhir isinya! 

Cara Pakai: super mudah. Aku biasa pakai first cleanser terlebih dahulu, baru pakai gel cleanser dari I Trust Nature. Setelah berbusa, usap ke seluruh wajah, lalu bilas sampai bersih. 

Harga: Rp159.000,- untuk 110ml bisa dibeli di sini.

I Trust Nature Spirulina Clay Mask 

Kalau gel cleanser berfungsi untuk membersihkan wajah dari kotoran, clay mask ini berfungsi untuk deep cleanse - mengangkat kotoran di wajah secara mendalam sampai ke pori-pori. Satu hal yang aku suka dari clay mask ini adalah dia gak bikin kulit kering atau ketarik! Padahal, secara peruntukan dia diformulasikan untuk oily-combination skin. Untungnya di aku yang kulitnya kering masih aman. Kemasannya sendiri cukup praktis dan compact untuk dibawa kemana-mana. Dia juga ada inner lid yang menjaga kondisi clay mask agar terhindar dari kontaminasi. 

Kita masuk ke kandungannya. Sama seperti face wash, clay mask ini juga mengandung Spirulina yang kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas. Selain itu, clay mask ini punya beberapa kandungan yang menarik, seperti:
  • Kaolin dan Bentonite: sebagai bahan utama clay mask, berfungsi mengangkat kotoran dan minyak atau sebum berlebih pada pori-pori.
  • Green Tea Extract: kaya akan antioksidan untuk menangkal radikal bebas.
  • Honey: menutrisi dan menjaga kelembaban kulit 
  • Peppermint Leaf Extract: memberikan efek minty atau dingin sehingga wajah terasa lebih segar. 
  • Wallnut Shell Powder: membantu mengangkat sel kulit mati. 
  • Rice Bran Oil: menjaga kelembaban kulit.
Mari kita masuk ke recap review-nya. Aku akan membahas tekstur, wangi, dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, cara pakai, serta harga. 

Tekstur, Wangi, dan Warna: clay mask ini punya tekstur creamy terpecah. Agak sulit dideskripsikan, tapi ini bukan tipe yang kental lengket ala gelato (lebih kaya eskrim, menurutku). Dia juga punya butiran scrub halus di dalamnya, untung ukurannya kecil jadi tidak terlalu menggosok. Aromanya minty yang cukup lembut, masih enak di hidungku. Oh ya, meski warnanya hijau untungnya dia tidak meninggalkan sisa warna di wajah. 

Rasanya di Kulit: setelah mencoba berbagai clay mask, aku bisa menilai kalau yang teksturnya creamy terpecah tuh lebih gak nge-crack di kulit.  Dan yes, punya I Trust Nature juga ngga! Saat pertama kali diaplikasikan, dia terasa dingin semriwing karena ada kandungan peppermint-nya. Untungnya rasa dingin tersebut masih bearable jadi setelahnya kulit terasa relax. Meski ada butiran scrub dia mudah diratakan karena kecil-kecil. 

Yang kusuka, setelah 10-15 menit kulit gak kerasa kering atau ketarik. Masker pun gak nge-crack, makanya rasa kencengnya masih aman buat dry skin. Nah 1 (satu) hal yang mungkin aku kurang srek adalah bagian membilasnya. Karena dia ada butiran scrub, proses bilas jadi lebih repot. Kalau pakai cleansing pad, wajah jadi tergosok scrub dan kurang nyaman. Kalau pakai shower / pancuran, rasanya enak di kulit tapi ninggalin residu bubuk. Andai dia gak ada scrub-nya, rasanya bakal lebih nyaman di kulitku. 

Efeknya di Kulit: setelah dibilas, aku merasa kulit jadi sedikit lebih cerah. Tidak ada rasa kering setelahnya, paling ada rasa kencang dikit jadi memang harus dilanjut skincare lain. Secara keseluruhan aku suka clay mask ini karena dia gak nge-crack di kulit dan ternyata cocok di kulit kering, It would have been better if there's no scrub in it. 

Cara Pakai: setelah cuci muka, aplikasikan masker ke seluruh wajah. Tunggu 10-15 menit, lalu bilas perlahan. Lanjutkan dengan skincare lain.

Harga: Rp159.000,- untuk 60ml bisa dibeli di sini.

2 (dua) produk dari I Trust Nature ini punya efek yang cukup bagus di aku. Keduanya juga sama-sama nyaman di kulit. Teman-teman penasaran kah dengan produk-produk I Trust Nature? Share ya! 

You May Also Like

7 comments

  1. Jujurly aku baru tau brand ini dari baca blog kakak ..
    Sblm nya ga tau samsek.
    Btw suka banget ama kulit nya kakak deh.. cantik bgt,jd envy 😂
    Trus , claymask nya masum wishlist nih.. gampang jatuh cinta aku tuh kl sm mask yg ga berasa kering saat dipake 👍

    ReplyDelete
  2. aku juga pernah pakai maskernya dan enaak, cuma menurutku scrubnya agak terlalu kasar di kulitku huhu tapi baguus buat deep cleansing :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oohh berarti oke nih dipake buat bersihin muka setelah makeup-aan :D

      Delete
  3. berarti ini maskernya bakal tetep basah setelah 15 menit pemakaian ya kak? aku pernah juga oake maskernya i trust nature tapi yg gel mask

    ReplyDelete
  4. I Trust Nature udah jadi wishlistku sejak lamaaa.. Aku kepo deh sama claymasknya ini, kayanya ok bgt nggak bikin keringg

    ReplyDelete
  5. Kebayang rasa ademnya gimana pas dipakai ke kulit. Tapi nggak perih di mata kan ya?

    ReplyDelete
  6. Aku paling penasaran sama cleanser dan sunscreennya I trust nature deh diantara produk lainnya el

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L