Charlotte Kay Vitamin C Serum Review | Ascorbic Acid Lokal?!

by - October 11, 2021

Pengalaman pertama selalu menjadi yang paling berkesan. Sama halnya dengan aku yang mencoba Vitamin C Serum dari Charlotte Kay ini. Selama ini aku selalu mencoba serum yang kandungannya lebih stabil seperti Ethyl Ascorbic Acid, atau Ferulic Acid. Nah kali ini, aku step up the game dengan mencoba kandungan Ascorbic Acid. Meski kandungan ini lebih tidak stabil dan lebih mudah teroksidasi, Ascorbic Acid menjadi salah satu jenis Vitamin C yang paling ampuh bekerja efektif di kulit. Penasaran review-nya? Mari disimak!

Kemasan serum ini vibe-nya aku banget, terbuat dari kaca (atau besi?) tebal berwarna emas yang tidak tembus pandang. Packaging seperti ini sangat cocok dengan isinya karena mencegah kandungan Ascorbic Acid yang tidak stabil dari oksidasi. Bentuknya pun pipet dropper, cocok dengan teksturnya yang cair. Sebisa mungkin taruh di tempat yang sejuk juga ya, teman-teman. Untuk informasi produk sendiri secara lengkap dan jelas tertera di kotak kemasan. Oleh karenanya, jika teman-teman ingin mempelajari ingredients jangan dibuang ya kotaknya!  

Yuk kita ngomongin ingredients-nya! Serum ini punya beberapa kandungan utama:
  • !0% Ascorbic Acid: merupakan jenis Vitamin C yang paling ampuh dan mempunyai efek paling cepat dibanding kandungan Vitamin C lain. Fungsinya untuk mencerahkan wajah, meningkatkan produksi kolagen, melindungi kulit dari sinar UV, juga baik untuk anti aging. Kelemahannya, kandungan ini tidak stabil dan mudah teroksidasi. Jadi, pastikan untuk penyimpanannya jangan sampai terkena sinar matahari ya.
  • Niacinamide atau Vitamin B3, kandungan yang paling banyak dicari dan digunakan pengguna skincare saat ini. Fungsinya sangat beragam, mengatasi jerawat, mengecilkan pori-pori, juga mencerahkan wajah. 
  • Galactomyces Ferment Filtrate, sejenis jamur yang punya manfaat mencerahkan wajah, mengatasi flek hitam, dan mengontrol produksi sebum di wajah.
  • Glutathione punya manfaat antioksidan, mampu melawan pembentukan pigmen melanin sebagai pemberi warna kulit. Karenanya, glutathione mampu mencerahkan warna kulit.
Yang aku suka, ingredients Charlotte Kay Vitamin C Serum tuh minimalis banget, tidak ada kandungan alkohol ataupun parfum.

Seperti biasa, aku akan memberikan recap review supaya memudahkan. Aku akan membahas tekstur, wangi dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, cara pemakaian, dan harga. 

Tekstur, Wangi, dan Warna: serum ini punya tekstur watery dan runny, rasanya mengingatkanku dengan tekstur face oil (tapi ga berminyak). Aku sudah beberapa kali menemukan tekstur seperti ini di Vitamin C Serum, sepertinya memang ini tekstur alami dari Vitamin C. Ada aroma alami pada serum ini yang untungnya tidak mengganggu. Serum ini warna cairannya kekuningan, sempat ada keraguan apakah ini teroksidasi atau tidak, ternyata memang warna aslinya seperti itu. Sejauh ini aku taruh di suhu ruangan aman, sih. Yang penting, jangan terkena cahaya matahari ya.

Rasanya di Kulit: meski teksturnya runny, saat diaplikasikan ke wajah serum ini terasa cukup nyaman. Aku biasa taruh saat wajah masih dalam keadaan basah supaya lebih mudah dan glides on saat diratakan. Di kulit ia terasa dingin dan ringan, ada beberapa detik awal terasa lengket tetapi sesudahnya menyerap. Aku pribadi yang kulitnya kering wajib banget mengaplikasikan hydrating products sebelum dan sesudah pemakaian Vitamin C supaya menghindari rasa gatal (kalau ditaruh saat wajah belum lembab seringkali memicu gatal). Ini beda-beda ya, tiap kulit.

Efeknya di Kulit: di awal seminggu pemakaian, aku merasa efeknya paling terlihat kalau dipakai pagi hari bersama dengan sunscreen. Kadang beberapa sunscreen bikin wajah kusam setelah beberapa jam, pakai Charlotte Kay Vitamin C Serum ini bikin wajah tetap terlihat cerah seharian. Emang deh, kombinasi Vitamin C + Sunscreen ternyata se oke itu! Nah di hari aku update blog post ini, aku sudah pakai sekitar 2 (dua) mingguan lebih. Dia oke banget untuk menghilangkan PIH (bekas jerawa menghitam) di area dahi. Ga heran sih, banyak yang suka Ascorbic Acid!

Cara Pemakaian: untuk teman-teman pemula, aku sarankan cobain serum yang mengandung Ethyl Ascorbic Acid dulu, terutama yang presentase Vitamin C-nya rendah. Kalau sudah terbiasa, boleh banget cobain pakai Charlotte Kay Vitamin C Serum ini. Di awal pemakaian pun, coba patch test dulu, pakai sekali seminggu. Kalau kulit sudah beradaptasi,  baru coba bertahap sampai bisa pakai rutin. Serum ini boleh dipakai di pagi atau malam hari. Yang penting kalau pagi pakai sunscreen, ya!

Oh ya, untuk aku pribadi pasti selalu memposisikan kulit dalam keadaan lembab dulu. Makanya aku selalu selipkan Vitamin C serum ini di antara hydrating products supaya kulit lebih siap. Ini beda-beda ya, tiap kulit. Trial and error is a must!

Harga: Rp270.000,- bisa dibeli di shopee atau website.

Ini dia untuk before after-nya! Aku pakai sekitar lebih dari 2 (dua) mingguan. Aku pribadi pakai 2-3 (tiga) hari sekali Hasilnya cukup oke, PIH (bekas jerawat menghitam) pudar. Teman-teman tertarik mencobanya? Share ya!  

Thank You for Reading!

You May Also Like

4 comments

  1. Whoa, menarik bangetttt plus ingredients nya minim Ellll.. mewah ya kemasannya.

    Aku suka nih serum yang gak bikin dekil, hahaa. Kdg kl lg suntuk terus begadang weh paginya muka butek, anw aku lagi kepoin si Butylene Glycol di kulitku, setiap pake bahan ini di uratan utama or bahan pendukungnya memicu clogging pores mgkn, jadi terjadilah cloggingnya, kwkwkw.

    ReplyDelete
  2. Lumayan mahal ya harganya, compared to serum vit C lokal lain, tapi produk Charlotte Kay ini banyak yg menarik.

    ReplyDelete
  3. Tekstur kulit juga jadi lebih rapih yah kayanya. Ah gilak suka bgt sama kemasannya mevvah 🤤

    ReplyDelete
  4. Wahhh suka banget sama packagingnya, mewahhh... Ingredientsnya juga minimalis yaaa,gak neko-neko :)

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L