Joselin Hand Body Lotion Review | Perawatan Tubuh Lokal Rasa Skincare?!

by - September 23, 2021

Sebagai anak yang bukan 'body care' banget, aku mau bilang kalau aku suka dan nagih pakai salah satu varian dari Joselin Hand Body Lotion, yaitu Joselin Pure Bright Secret (yang warna hijau). Dari wangi, tekstur, rasanya di kulit, bikin aku pengen pakai terus! Buat yang belum kenal Joselin, mereka adalah brand body care yang baru saja lahir di bulan April 2021 kemarin. Produk perawatan tubuh yang diluncurkan ada 2 (dua) varian, selain Pure Bright Secret yang berwarna hijau juga ada Advanced Bright Protection yang berwarna merah. 

Apa yang membedakan Joselin dari body care brand lain? Pertama, produk Joselin menjadi body lotion pertama di Indonesia yang menggunakan konsep Nature x Dermatology. Artinya, Joselin menggunakan kandungan berbahan natural yang baik dari dan untuk alam, yang mana kandungan tersebut sudah teruji klinis oleh dermatologis sehingga lebih aman untuk kulit. Kedua, Joselin juga menggunakan bahan-bahan atau ingredients yang biasanya dipakai untuk skincare wajah tetapi kemudian diterapkan pada produk perawatan tubuh! Menarik kan? Nah daripada berlama-lama, aku bahas satu-satu ya supaya temen-temen tau perbedaannya.

Joselin Advanced Bright Protection
Pertama, mari kita bahas varian merah dulu. Advanced Bright Protection  — dari namanya saja kita sudah bisa menduga kalau dia fokusnya untuk mencerahkan. Tulisannya aja advance, ya kan? Dari segi kemasan dia cukup simpel, terbuat dari botol plastik berwarna putih dengan font berwarna merah. Informasi pada botolnya sudah lengkap, karena dia tidak mempunyai kotak kemasan. Mereka dikirim dengan menggunakan kemasan yang eco friendly, dengan kotak kardus dan bungkus honeycomb (tidak menggunakan bubble wrap). Salut deh dengan misinya!

Sekarang kita masuk ke pembahasan kandungan atau ingredients. Seperti yang sudah aku sampaikan sebelumnya, yang menarik dari Joselin ini adalah kandungan yang digunakan merupakan kandungan yang biasa dipakai di perawatan wajah atau skincare. Apa saja?
  • Alpha Arbutin: merupakan turunan dari arbutin, yang mempunyai fungsi mencerahkan kulit tanpa menimbulkan iritasi. Cara kerjanya adalah memperlambat enzim tironase yang memproduksi pigmen warna. Selain itu, ia juga bagus untuk memgurangi dark spot pada kulit.
  • Niacinamide: salah satu kandungan yang punya banyak manfaat bagi kulit, beberapa di antaranya adalah untuk mencerahkan kulit, meredakan peradangan, melindungi kulit dari sinar matahari.
  • Vitamin C (Ethyl Ascorbic Acid): body lotion Joselin juga punya kandungan Vitamin C lho. Selain untuk mencerahkan, Vitamin C juga baik untuk antioksidan.
Nah selain kandungan tersebut, body lotion Joselin varian merah ini juga punya kandungan UV Filter (Titanium Dioxide) dan SPF 30 yang mampu menangkal sinar UV pada matahari. Karenanya, varian merah ini digunakan di pagi hari. Ada juga kandungan Vitamin E (Tocopherol) yang tak boleh dilupakan.

Mari kita masuk ke recap review! Seperti biasa aku mau memberikan review perkategori supaya teman-teman lebih mudah saat membaca. Aku akan bahas dari segi tekstur, wangi dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, cara pemakaian, dan harga.

Tekstur, Wangi, dan Warna: body lotion Joselin varian merah ini teksturnya creamy, tetapi cenderung pekat saat diratakan. Berwarna pink muda, wanginya mengingatkanku dengan salah satu parfum yang pernah kucoba. Kalau boleh jujur, wanginya bukan tipeku jadi aku gak terlalu sering pakai yang ini. Sebenarnya ini tergantung selera hidung sih, hidungku memang sensitif sama wewangian. Namun buat temen-temen yang suka wangi manis, aku yakin bakal suka, deh!

Rasanya di Kulit: saat pertama diaplikasikan, body lotion ini terasa creamy. Namun saat diratakan, agak terasa seret dan pekat karenanya perlu sedikit effort untuk meratakannya. Mengingat dia mengandung UV Filter (Titanium Dioxide), warnanya cenderung putih sehingga memberikan efek tone up di kulit. Namun tenang, efek tone up-nya masih tergolong natural, kok bukan yang abu gitu.

Efeknya di Kulit: di aku sendiri dia memberikan  (dua) efek, instant-effect brightening dan juga melembabkan. Karena memang dia ada menaikan tone kulit 1 (satu) tingkat lebih cerah, makanya ada efek mencerahkannya. Body lotion ini rasanya ringan, cepat menyerap, gak lengket, tetapi tetap lembab. Secara formula, aku suka banget sih! 

Cara Pemakaian: untuk varian yang merah ini di aku pribadi awal-awal agak tricky. Sampai akhirnya aku menemukan caranya. Pertama, baiknya body lotion ini dipakai langsung segera setelah mandi pagi hari. Kalau teman-teman aktivitas dulu setelah mandi baru pakai, dia cenderung pilling saat diratakan. Kedua, gosoknya perlahan saja. Kalau terlalu kencang, ada potensi pilling juga. Terakhir, baiknya tunggu body lotion sampai menyerap baru melakukan aktivitas panas-panasan dan keringetan. Kalau langsung, ada potensi dia meleleh dan keringat kita berubah warna jadi putih. Aku seniri biasa pakai 5 (lima) pump di setiap area tangan. Pakai secukupnya saja, ya!

Harga: Rp 89.000,- bisa dibeli di shopee.

Joselin Pure Bright Secret
Sekarang kita masuk ke varian hijau. Joselin Pure Bright Secret ini yang bikin aku jatuh hati sama Joselin. Aku yang anaknya ga suka pake body lotion jadi ketagihan dan pengen pake terus. Untuk varian ini fungsinya juga sama, untuk mencerahkan namun fokusnya lebih ke melembabkan. Bahkan, dia mampu memberikan kelembaban kulit selama 12 jam, makanya cocok dipakai malam saat tidur (apalagi kalau tidurnya pakai AC). 

Kemasannya sama percis dengan yang varian merah, hanya beda di warna dan penjelasannya saja. Aku gak tau apakah punyaku saja yang bad batch atau bagaimana, menurutku kalau ada 1 (satu) hal yang perlu diperbaiki dari kemasannya adalah pump-nya. Entah mengapa pencetannya ini cukup keras, sehingga saat produknya dikeluarkan malah lompat. Namun setelah kucoba-coba lagi memang ada caranya, teman-teman harus tekan bagian tengahnya dengan ibu jari secara full, baru dia akan keluar dengan lancar.

Yuk mari kita bahas kandungannya. Hand body lotion ini punya kandungan yang juga sering digunakan pada skincare wajah, yaitu:
  • Alpha Arbutin: kandungan ini sudah banyak dikenal karena berfungsi mencerahkan kulit tanpa menimbulkan iritasi. Ia juga bagus untuk memgurangi dark spot pada kulit.
  • Glutathione: dikenal sebagai antioksidan terbaik bagi kulit. Gluta juga mampu menghambat pertumbuhan enzim tyronase sehingga bisa membantu mencerahkan kulit.
  • Kojic Acid: kandungan ini jarang terdengar digunakan sebagai brightening agent, padahal kemampuan mencerahkannya sangat oke. Ia mampu mengurangi hiperpigmentasi dan mencerahkan kulit. 
  • Collagen: salah satu kandungan yang memberi kontribusinya untuk melembabkan kulit.
Selain kandungan tersebut, terdapat kandungan lain yang juga bagus untuk melembabkan kulit seperti Aloe Vera Extract, Sodium Hyaluronate, dan Shea Butter. Makanya, sebagai sebuah body lotion  kelembaban Joselin Pure Bright Secret ini sangat terasa.

Tekstur, Wangi, dan Warna: tekstur body lotion Joselin varian hijau ini yang terlembut dari yang pernah kucoba. Mengingatkanku pada moisturizer wajah yang sering kupakai! Dia creamy tetapi lembut, jadinya sangat mudah saat diratakan ke kulit. Salah satu hal yang bikin aku suka pertama kali adalah justru dari wanginya. Wanginya ini ngingetin aku sama parfum Jo Malone English Pear & Freesia yang jadi scent favoritku, makanya aku jadi ketagihan pakai ini. 

Rasanya di Kulit: suka banget sama feels-nya di kulit! Dia terasa ringan dan ga lengket di kulit, jadinya pakai ini badan ga kerasa gerah atau sumuk sama sekali. Meski ga lengket, kelembabannya sangat terasa dan cukup bertahan lama. Ia juga cepat menyerap, jadi ga perlu waktu lama buat pakai ini. Karena teksturnya itu, ia jadi mudah diratakan dan gak seret.

Efeknya di Kulit: efek yang aku rasakan lebih ke melembabkan. Setelah pakai ini, kulit terasa lembab saat dipegang. Selain itu, aku merasa area lengan yang biasanya kering jadi lebih lembut. Di aku pribadi kelembabannya terasa di 3-5 jam awal, setelahnya masih cukup terasa tapi berangsur-angsur memudar. Untuk efek mencerahkannya juga ada, tapi tidak instan dan perlu waktu agar terlihat.

Cara Pemakaian: varian hijau ini cara pakainya gampang banget! Tinggal pump ke area tubuh, lalu ratakan. Aku biasa pakai 5 (lima) pump di setiap area. Yang kusuka, mau sebanyak apapun lotion-nya, yang varian hijau ini gak pilling sama sekali jadi nyaman dan aman banget dipakai di kulit. Nah meski dia sebetulnya dibuat untuk malam hari, aku pribadi juga seneng pakai ini di pagi hari karena secara tekstur sangat lembut dan wanginya enak pol.

Harga: Rp 86.000,- bisa dibeli di shopee.

Thank You for Reading!

You May Also Like

10 comments

  1. aku kayaknya naksir yang hijau el, soalnya kamu bilang wanginya enak aku jadi penasaran hahahaaa

    ReplyDelete
  2. lotion yang warna hijau menarik banget nih aku jadi pengen cobain juga,a teksturnya yang gampang di banget dia diratain dan nggak pilling.

    ReplyDelete
  3. Rahasia kulit cerah dan tetap kencang ini yaa, kak..
    Karena tahu manfaat dari bahan kandungan hand and body lotion dari Joselin, maka pilihan terbaik untuk merawat kulit tangan dan kaki secara intensif.
    Pas banget dipakainya di saat cuaca sedang kering begini.

    ReplyDelete
  4. Aku mau coba ah jika ini bisa mengurangi dsrk spot pada wajah. Makasih rekomendasinya mba :)

    ReplyDelete
  5. ini yang viral di tiktok itu ya aku penasaran yang biru nih soalnya claimnya memperkuat skin barrier kulit tanganku kering kalo musim hujan awal awal gini di tempatku

    ReplyDelete
  6. Aku jadi tertarik sama yg ijo deh. Apalagi kulitku kering gini, kalo ada yg bisa melembapkan selama itu pasti nyaman banget ya ;)

    ReplyDelete
  7. Tertarik sama yang ijo. Pas banget kulitku kering. Btw harganya lumayan terjangkau ya el

    ReplyDelete
  8. Aku pikir kemasannya kecil, ternyata 100 ml ya. Aku belum pernah pakai body lotion yang mengandung niacinamide di badan deh, penasaran. Harganya lumayan juga ya.

    ReplyDelete
  9. Kemasannya lumayan gede juga ya kaa... Eny blm pernah cobain joseline ini jadi kepo pen coba

    ReplyDelete
  10. Menarik banget produk ini. Aku sampe kepoin banget tadi. Teksturnya juga keknya aku suka deh. Soalnya salah satu faktor body care itu ya teksturnya. Biar rajin terus makenya. hee

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L