Naturahue Intensive Bright Serum Review | Serum yang Mengandung Chromabright?!

by - July 29, 2021

Akhir-akhir ini aku lagi banyak cobain produk-produk skincare yang fungsinya mencerahkan wajah. Salah satu yang aku coba adalah dari Naturahue, namanya Intensive Bright Serum. Yang menarik, produk ini punya brightening agent yang unik dan jarang digunakan oleh produk lain, yaitu Chromobright atau Chromabright. Selain itu, kemasannya juga gemes banget jadi aku penasaran untuk coba! Aku sendiri sudah pakai ini sekitar 1 (satu) mingguan, dan so far suka sama hasilnya. Akan aku bahas lebih lanjut di bawah, ya.

Sedikit perkenalan, Naturahue adalah brand skincare lokal baru yang akan meluncurkan produknya besok, 1 Agustus 2021. Selain Intensive Bright Serum, mereka juga mengeluarkan Acne Calming Serum, yang lebih fokus untuk mengatasi jerawat. Kedua serum ini bisa dipakai oleh remaja sampai dewasa, serta secara umum bisa digunakan untuk berbagai jenis kulit. Dengan campaign: Be Natural, Be Beautiful, Be you -- Naturahue mendukung para wanita untuk selalu menggunakan produk-produk alami, untuk menjadi cantik dan menjadi diri sendiri.

Yuk kita ngomongin kemasannya! Aku suka banget sama desain serum ini, menggunakan warna lilac atau ungu muda yang kekinian. Botolnya berukuran kecil, cukup compact untuk dibawa-bawa pergi. Karena teksturnya cair, kemasan yang digunakan adalah pipet, jadi lebih mudah saat mengambil isi produk! Informasi produk termasuk kandungan secara lengkap dijelaskan di kotak kemasan, jadi kalau teman-teman ingin membaca, pastikan untuk tidk membuang kotaknya yaa.

Produk dari Naturahue sudah BPOM dan halal lho temen-temen. Selain itu ingredients yang digunakan juga termasuk minimal, tanpa paraben, SLS, phthalates, mineral oil, sulfat, ataupun silikon. Teman-teman bisa cek ingredients-nya di bawah ya, sekalian aku jelasin juga key ingredients-nya.

Sekarang kita masuk ke ingredients-nya! Serum Naturahue ini punya 4 (empat) key ingredients:
  1. Chromobright 0.5%: kandungan ini cukup jarang digunakan sebagai brightening agent skincare lokal. Padahal dia punya fungsi yang oke lho! Fungsi utamanya adalah mencerahkan dan meratakan warna kulit. Chromobright mengatur proses pigmentasi kulit dengan cara menghambat enzim tironase, yang berperan penting dalam sintesis melanin pada kulit. 
  2. Aloe Vera 2%: banyak digunakan untuk melembabkan kulit. Selain itu, aloe vera juga dapat menenangkan kulit.
  3. Niacinamide 6%: kandungan ini sudah cukup umum digunakan pada skincare. Selain mencerahkan, dia juga berfungsi merawat jerawat dan mengurangi peradangan pada kulit. Secara umum dikenal sebagai Vitamin B3.
  4. Centella Asiatica 0.5%: atau tanaman pegagan, dikenal baik dapat menenangkan kulit yang iritasi (soothing & calming).
Secara umum, Intensive Bright Serum punya fungsi mencerahkan, menyamarkan noda hitam, dan melembabkan wajah. Nah selain keempat kandungan di atas, aku juga melihat ada Tranexamic Acid, Mulbery Root Extract, dan juga Ascorbic Acid. Ketiga kandungan ini punya fungsi untuk mencerahkan wajah dan mengurangi flek hitam di wajah. Khusus Mulberry Root Extract, ia merupakan antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. 

Mungkin ada 1 (satu) hal yang cukup mengganjal. Ada 4 (empat) kandungan dalam key ingredients, tetapi pada ingredients hanya terdapat 2 (dua), yaitu Chromobright dan Aloe Vera Gel. Aku tidak melihat adanya Niacinamide dan Centella Asiatica di sana. Aku akhirnya coba konfirmasi sama tim Naturahue, dan ternyata memang ingredients tersebut ada, tetapi tidak dimasukan di ingredients list karena sudah ada di key ingredients. Menurutku pribadi sebaiknya 2 (dua) kandungan tersebut ada di ingredients list apalagi Niacinamide-nya ternyata 6%. Menurut teman-teman bagaimana? 

Seperti biasa, aku akan memberikan recap review tentang tekstur, wangi, warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, cara pemakaian, dan harga. Aku buat per kategori supaya memudahkan teman-teman, ya!

Tekstur, Wangi, dan Warna: serum ini punya tekstur yang cair dan runny. Biasanya, tekstur seperti ini not my cup of tea karena kurang terasa di kulit. Namun, karena dia licin, dia jadi lebih mudah diratakan dan rasanya nyaman saat pemakaian! Aku merasakan ada aroma asam yang sedikit mengganggu di awal, tetapi beberapa detik sudah hilang. Ga masalah sih buatku! 

Rasanya di Kulit: aku suka saat mengaplikasikan ini ke kulit! Karena teksturnya cair - licin, dia jadi terasa ringan, mudah diratakan, dan cepat menyerap. Aku merasa setiap pakai ini kulit langsung terasa adem. Sepertinya karena ada kandungan Centella Asiatica-nya juga, ya. 

Efeknya di Kulit: selama 1 (satu) minggu pemakaian, aku merasa dia memberikan efek kelembaban yang pas di wajah. Pas disini maksudnya: gak bikin kulit wajib dilayer karena merasa kurang, tapi juga gak bikin kulit sumuk sampai gabisa pakai skincare lain. Karena teksturnya ringan, menurutku dia ini masih enak banget buat di-layer sama produk skincare selanjutnya (hydrating serum atau moisturizer, misalnya). Untuk efek mencerahkannya sendiri perlu waktu agar lebih terlihat, plus juga harus didukung gaya hidup kita. 

Cara Pemakaian: aku biasa pakai 2-3 pipet supaya wajah terasa basah. Teman-teman bisa pakai di pagi dan malam hari dengan urutan face wash - toner - Naturahue Serum - moisturizer - sunscreen kalau pagi. Aku sendiri sudah tinggal sisa 1/4 botol karena sering pakai banyak di wajah. Emang teksturnya enak banget, sih buat diraup!

Harga: Rp 125.000,-

Bisa dibeli di: website dan shopee (tunggu 1 Agustus 2021 ya!)

Ini dia untuk before-afternya! Gak yakin apakah dia terlihat mencerahkan karena ini ada efek cahaya juga tetapi ada beberapa dark spot yang hilang di dagu!

Thank You for Reading!
tags: review skincare naturahue, review naturahue serum, review serum naturahue, serum naturahue review, naturahue brightening serum review, review serum brightening naturahue, review serum yang mencerahkan, serum yang mencerahkan, serum lokal yang mencerahkan wajah

You May Also Like

19 comments

  1. kalo dilihat dari fotonya kayaknya emang lebih cerah hasil seminggu pake el, penasaran juga jadinya sama formulanya

    ReplyDelete
  2. mencerahkan kulit yg aman dengan kandungan bahan-bahan skincare satu ini bikin tenang ya kak. Jadi pengen cobain juga

    ReplyDelete
  3. Baru tau brand ini, kemasannya kece sih ungu gitu, apalagi ada centela sm niacinamide, jadi kepengen nyobain deh harganya jg affordable

    ReplyDelete
  4. Di antara empat key ingredients itu, cuma chromabright yang belum pernah aku coba, emang jarang ada ya produk lokal yang pakai ingredients itu.

    ReplyDelete
  5. Botolnya cakep ya el, tp aku lg overwhelmed banget sama yg namanya brightening serum 😂. Kyknya produk skincare kalo ga buat acne ya mencerahkan, jd agak bored wkwkwk.

    ReplyDelete
  6. saya pikir brand luar..ternyata brand lokal
    kece banget ini
    warna ungunya unyu ya
    saya juga penasaran nih dengan kandungan chromabright...selama ini belum ketemu di sejumlah skincare yg pernah sy coba

    ReplyDelete
  7. hmm baru denger tuh kak kandungan chromobright dalam skincare. jangan2, ini bakal jadi calon kandungan yang ngehits lagi.. hehe

    ReplyDelete
  8. Kemasannya super gemes & baru tau dengan kandungan chromobright. Info baru lagi tentang ingredients nih. Mengenai yang tidak dicantumkan, harusnya sih tetep masuk yaa, 6% lagi.

    ReplyDelete
  9. Selalu dapat insight produk baru akutu kalau baca blog kamu. Hehe. Bener kemasan serumnya oke, elegan dan simple banget. Kandungan serumnya juga lengkap. Ditambah ada kandungan chromabright yang aku kayaknya baru baca produk lokal ada kandungan ini. Kepoin ke Shopee-nya ah udah lewat tanggal 1 Agustus.

    ReplyDelete
  10. Wajahnya kak Lisa uda cerah banget.
    Aku tertarik sama produk Naturahue ini karena klaimnya bisa memudarkan dark spot yaa...

    Aku setuju banget, kemasan dari Naturahue bright serum ini manis banget yaah.. Sebagai penyuka warna pink, aku juga jatuh cinta.

    ReplyDelete
  11. Semakin banyak varian serum yang bisa dicoba dan sesuaikan dengan kebutuhan kulit wajah, saya suka serum yang untuk mencerahkan seperti Naturahue nih

    ReplyDelete
  12. wah mantap ada Centella nya :D patut dicoba

    ReplyDelete
  13. niacinamidenya mantep banget ya 6%, jadi progressnya lumayan cepet jugaa. aku pribadi suka sama packaging serumnyaa 😍

    ReplyDelete
  14. yes, kupikir juga kandungan niacinamide dan centella asiaticanya perlu dimasukin ke ingredient list kak biar jelas. kalo ada yg miss di ingredient list tapi ada di key ingredientsnya biasanya positive thinking mungkin aja di IL-nya itu pake nama lain. tapi good for you udah nanyain langsung ke brandnya 👍

    ReplyDelete
  15. Setauku walau sudah dimasukkan di key ingredients, di daftar lengkap kandungan bahan tetap harus dimasukkan sih, soalnya kan acuan kita liat list bahan kan dari daftar yang lengkap ya. Semoga ke depannya bisa diperbaiki deh, supaya nggak miss persepsi..

    ReplyDelete
  16. Mirip-mirip ya ini tuh kayak True To Skin, konsepnya juga :') apakah mereka kembaran? Wkkkwk.

    Progress nya keliatan banget ya El, aku suka deh serum w/out Silicone karena feel of use nya kayak gak dilapisi balon tiup, wkkkwk.

    Hm, aku memilih semua bahan-bahannya tertera :') plus persentasenya mestinya. Ini juga yang ngajarin kita kalau beli skincare kudu smart, teliti ya :')

    ReplyDelete
  17. Brand baru sekarang suka bikin yang mungil2 yaa, lumayan sih buat yang gampang bosen 😁

    ReplyDelete
  18. Wih brand lokal baru lagi. Iyak yak kemasannya pada mungil-mungil.

    ReplyDelete
  19. Chromabright kayaknya lagi sering dipakai di brand lokal ya, kepo sih sebagus apa bahan ini sebenarnya

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L