Mia Glansie Essence Toner Review | Toner Buah-Buahan yang Segar di Wajah!

by - July 02, 2021

Teman-teman lihat gambar di atas? Segar sekali bukan? Yes, meski terlihat seperti minuman, tapi dia bukanlah minuman. Produk di atas adalah rangkaian toner yang baru saja launching dari Mia Glansie. Mia Glansie sendiri sebetulnya merupakan brand lokal asal Yogyakarta yang sudah berdiri sejak tahun 2009 Namun, di bulan Juni ini Mia Glansie memutuskan untuk melakukan rebranding dengan konsep yang lebih cute, cheerful, dan energetic! Aku pribadi sangat excited dengan konsep mereka dan saat mendapatkan paket berisi toner, aku super penasaran untuk mencoba. 

Nah, ada 3 (tiga) jenis toner yang diluncurkan oleh Mia Glansie, yaitu Jamboe Tedoeh Essence Toner, Laboe Sinderela Toner, dan terakhir Alpokad Memikad Essence Toner. Kenapa nama-namanya buah? Karena masing-masing dari toner Mia Glansie punya kandungan buah, pun mereka punya fungsi masing-masing. Ada yang fungsinya hydrating, ada juga yang fungsinya exfoliating. Benar-benar cinta dengan konsep mereka yang unik! Oke daripada berlama-lama, mari kita bahas satu per satu.

- MIA GLANSIE JAMBU TEDOEH ESSENCE TONER -
Toner ini merupakan tipe hydrating toner yang memang punya fungsi menghidrasi. Kemasannya bener-bener kaya minuman, lucu banget apalagi kemasan kotaknya. Untuk botolnya sendiri terbuat dari plastik berukuran 100ml, cukup compact untuk dibawa-bawa pergi. Semua informasi produk terdapat pada kemasan kotaknya, sedangkan di botol hanya terdapat stiker jambu saja. Kalau teman-teman ingin membaca dan mempelajari informasi produk, pastikan untuk tidak membuang kemasannya, ya! 

Mari kita lihat ingredients list-nya. Ada beberapa key ingredients di toner ini, yaitu:
  1. Guava Extract 5%: tentunya toner ini punya ekstrak jambu sebagai kandungan utamanya. Kalau dipikir, jarang juga gak sih ada produk skincare pakai buah jambu? Super inovatif! Jambu sendiri punya fungsi melembabkan, karena 81% kandungan jambu adalah air. 
  2. Centella Asiatica 5% atau yang dikenal dengan tanaman pegagan, sudah banyak dipakai sebagai kandungan skincare. Fungsinya adalah menjaga kelembaban kulit dan menenangkan kulit dari peradangan (soothing & calming). 
  3. Comthing SGS 2%:  bahan yang baru saja berkembang di dunia per-skincare-an, fungsinya adalah anti iritasi dan anti inflamasi. Terdiri dari Sophora Flavescens Root Extract + Glycyrrhiza Inflata Root Extract + Scutellaria Baicalensis Root Extract.
Selain dari kandungan di atas, toner ini juga punya kandungan lain seperti Ceramide, Panthenol, Realvera, Glycerin, Grape Extract, Allantoin, yang fungsinya memang untuk melembabkan dan menenangkan kulit. Oh ya, di toner ini juga ada kandungan bahan aktif (AHA) seperti Lactic Acid dan Citric Acid tetapi konsistensinya sedikit, jadi tetap menurutku toner ini tergolong sebagai hydrating toner. Tak lupa aku infokan kalau mereka ini alkohol free, oil free, SLS free, paraben free, fragrance free, silicon free, EU-Allergen (bebas dari kandungan yang menimbulkan alergi), dan sudah BPOM juga! Jadi teman-teman tidak perlu khawatir.

Sebagai hydrating toner, Jambu Tedoeh Essence Toner mempunyai beberapa manfaat seperti menghidrasi kulit, menenangkan kulit yang kemerahan, mengatasi bruntusan, dan membantu memperkuat skin barrier. Melihat dari fungsinya, toner ini sepertinya akan menjadi yang paling cocok di kulitku, karena kulitku kering dan sensitif. Namun, mengingat ingredients-nya yang simpel dan gak aneh-aneh, untuk jenis kulit lain juga aman karena teksturnya pun ringan dan watery seperti air.

Seperti biasa, aku akan memberikan Recap Review supaya teman-teman bisa membacanya dengan lebih mudah. Tekstur, wangi dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, serta cara pakai dan harga akan aku jelaskan.

Tekstur: oke, toner Mia Glansie ini semuanya mempunyai tekstur cair dan watery, persis seperti air. Aku bukan pemilih sih kalau soal tekstur toner, mau cair oke, mau kental oke. Tipe cair pada toner lebih bisa digunakan dengan berbagai cara, mau dipakai dengan cara diraup bisa, mau ditaruh di kapas bisa, mau dipakai dengan metode CSM juga bisa. Sesuai selera temen-temen ajaa! 

Wangi dan warna: untuk produk ini wanginya seperti wangi buah. Apakah wanginya seperti buah jambu? Hmm mungkin agak mirip, ya aku juga jarang minum jambu siih.. warna cairannya sendiri warna pink muda, menggambarkan buah jambunya.

Rasanya di Kulit: toner ini rasanya dingin dan segar saat diaplikasikan ke kulit. Aku biasanya menggunakan 2 (dua) cara, kalau tidak menggunakan kapas ya diraup (langsung taruh cairan toner ke tangan dan basuh ke wajah). Toner ini juga memberikan rasa lembab yang pas, gak bikin wajah terasa ketarik atau efek negatif lain. 

Efeknya di Kulit: setelah pemakaian toner ini, wajah terasa pas kelembabannya dan lebih siap untuk menerima skincare lanjutan. Karena teksturnya yang cair, dia enak digunakan saat kita lagi rajin skincare-an, jadi mau berlayer-layer skincare pun gak masalah, gak terasa sumuk atau berat. 

Cara Pemakaian: teman-teman bisa pakai toner ini dengan 3 (tiga) cara, yaitu menggunakan kapas, menaruhnya langsung ke wajah, atau dengan metode CSM (Chizu Saeki Method). Aku pribadi paling suka cara raup atau langsung menaruhnya di wajah karena lebih terasa kesegarannya. 

Harga: Rp 95.000,- bisa dibeli di website Mia Glansie.

- MIA GLANSIE LABOE SINDERELA TONER -
Sumpah guys, liat deh namanya. Gemes banget karena mengandung labu, mereka namain tonernya Labu Cinderella! Toner ini punya fungsi sebagai mild exfoliator, karena mengandung AHA dan BHA. Fungsinya adalah membantu mengatasi masalah wajah kusam. Kemasannya sendiri sama dengan yang Jamboe Tedoeh, hanya beda di warna saja. Kalau Jamboe Tedoeh didominasi warna pink, Laboe Sinderela didominasi warna orange! Suka banget sama konsep merekaa!

Kemasannya terdiri dari kemasan kotak dan kemasan botol. Botolnya sendiri terbuat dari plastik dengan desain yang cukup polos (hanya ada stiker nama produknya saja dan tanggal kadaluwarsa), sedangkan semua informasi lain adanya di kotak kemasan. Kalau ingin baca informasi produk, jangan buang kemasan kotaknya ya, teman-teman! Informasi yang disediakan cukup lengkap, dan perlu diingat bahwa produk ini sudah mempunyai nomor sertifikasi BPOM, jadi aman.

Laboe Sinderela toner ini termasuk exfoliating toner. Tonernya termasuk yang mild, mengandung beberapa ingredients sebagai berikut.
  1. Pumpkin Extract 5%: sesuai namanya, kandungan utama pada produk ini adalah ekstrak labu. Nah setelah aku baca-baca, ternyata labu mempunyai suatu enzim yang fungsinya mencerahkan kulit. Selain itu, labu juga mengandung Vitamin A dan Vitamin C.
  2. Centella Asiatica 5%: dikenal dengan tanaman pegagan, Centella Asiatica atau yang biasa disingkat Cica banyak digunakan pada produk skincare. Fungsinya untuk menenangkan dan melembabkan kulit.
  3. Niacinamide dan Witch Hazel (masing-masing 2%): Niacinamide sudah sering digunakan sebagai kandungan skincare. Ia mempunyai banyak fungsi, salah satunya adalah mencerahkan kulit. Witch Hazel, justru belum terlalu banyak digunakan pada skincare, padahal dia mempunyai kemampuan meredakan peradangan dan menenangkan kulit yang sensitif, lho.
  4. AHA masing-masing 2%, BHA 0.5%: Mandelic Acid & Lactic Acid (AHA) merupakan bahan aktif yang fungsinya mengeksfoliasi kulit mati. Kalau Salicylic Acid (BHA), fungsinya membantu meredakan jerawat pada kulit.
Bisa teman-teman lihat, dari kandungan di atas manfaat utama dari varian ini adalah mencerahkan wajah dan mengatasi masalah wajah yang kusam. Karena termasuk mild exfoliator, toner ini aman untuk semua jenis kulit termasuk kulit sensitif. Namun, ini balik lagi ya ke kulit masing-masing. Harus dicoba dulu, guys! Sama seperti Jamboe Tedoeh, toner ini juga alcohol free, oil free, SLS free, Paraben Free, Fragrance Free, Silicon Free, dan EU-Alergen. Hanya saja, 

Yuk kita masuk ke recap review!

Tekstur: toner ini mempunyai tekstur cair dan watery. Tekstur seperti ini sangat multifungsi, bisa dipakai dengan kapas, diraup langsung ke wajah, ataupun digunakan sebagai masker toner atau yang dikenal dengan metode CSM (Chizu Saeki Method). 

Wangi dan warna: untuk wanginya sendiri, Laboe Sinderela ini punya wangi buah yang hampir sama dengan Jamboe Tedoeh. Wanginya soft dan enak di hidungku yang sensitif, rasanya karena wanginya berasal dari ekstrak buah itu sendiri, bukan dari fragrance. Kalau si Jamboe Tedoeh berwarna pink, Laboe Sinderela warnanya orens mengikuti warna labu.

Rasanya di Kulit: awal aku menggunakan toner ini, aku pakai dengan cara menaruhnya di kapas, lalu usap ke wajah. Aku baru ingat kalau wajahku sensitif dengan exfoliating toner, setiap pakai exfoliating toner memang tidak boleh digosok. Alhasil, ada rasa panas menuju gatal saat aku pakai. Untungnya aku segera menaruh produk skincare lain ke wajah sehingga wajah kembali normal. Aku coba pakai 2 (dua) hari sekali untuk penyesuaian. 

Aku tidak berhenti di situ dan mencoba cara lain yang memang lebih cocok di wajahku, yaitu dengan cara tap-tap. Jadi setelah kutaruh toner di kapas, aku menempel-nempelkannya ke wajah dengan perlahan (tidak digosok, yaa). Rasanya lebih nyaman dan tidak ada rasa negatif apapun. So far sih dengan cara tap-tap tersebut aku tidak mengalami efek negatif, so aku bakal terus coba dan kasih update-nya ke kalian kalau ada perubahan. Memang, wajahku ini tidak bisa digosok apalagi kalau produknya exfoliating toner, jadi memang harus sesuai kulit masing-masing yaa.

Efeknya di Kulit: selama seminggu pemakaian, aku tidak merasa ada efek negatif apapun setelah menggunakan dengan cara yang tepat. Ternyata untuk wajah yang kering dan sensitif sepertiku, pakai exfoliating toner itu memang harus di tap-tap saja, tidak digosok. Ini berbeda-beda ya tiap orang, karena kulit yang berbeda tentu hasilnya akan berbeda.

Cara Pakai: taruh toner ke kapas, tepuk-tepuk atau usap ke wajah. Toner ini bisa digunakan pagi dan malam, jangan lupa pakai sunscreen, ya! Oh ya, kalau aku pribadi pakai toner ini tiap 2 (dua) hari sekali. 

Harga: Rp 95.000,- bisa dibeli di website Mia Glansie.

- MIA GLANSIE ALPOKAD MEMIKAD ESSENCE TONER -
Yang terakhir, ada toner berwarna hijau ini. Toner ini kalau dilihat dari manfaatnya akan cocok bagi pemilik kulit normal, oily, dan juga acne prone. Namun, aku sebagai pemilik kulit kering juga penasaran dan ingin coba, jadi aku akhirnya icip produk ini! Sama seperti 2 (dua) toner lainnya, toner ini juga menggunakan kemasan botol plastik bening. Informasi produk semua tertera pada kotaknya, jangan dibuang ya kalau ingin mempelajari kandungannya. 

Alpokad Memikad Essence Toner ini punya beberapa key ingredients:
  1. Avocado Extract 5%: buah ini juga yang termasuk jarang digunakan sebagai kandungan skincare. Ternyata, buah alpukat bisa membantu menangkal radikal bebas dan juga kaya akan antioksidan.
  2. Witch Hazel 3%: adalah tanaman yang banyak tumbuh di wilayah Amerika Utara dan sebagian wilayah Asia. Tanaman ini mempunyai kemampuan meredakan peradangan dan menenangkan kulit yang sensitif.
  3. Glycerin dan Sodium PCA (masing-masing 2%): keduanya sama-sama bermanfaat untuk kelembaba kulit. Glycerin bekerja sebagai pelembab yang sangat efektif untuk kulit. Sodium PCA merupakan humektan yang berfungsi menahan dan mengikat kelembaban pada sel-sel kulit.
  4. Salicylic Acid 1%:  zat aktif ini bekerja mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori dan bertindak sebagai zat anti radang pada kulit yang berjerawat.
Selain dari kandungan di atas, toner ini juga punya kandungan Centella Asiatica yang sudah banyak dipakai sebagai kandungan skincare. Nah kalau kita lihat dari key ingredients-nya, produk ini selain melembabkan juga ampuh untuk mengatasi jerawat. Selain itu, dia juga bisa membantu mengurangi komedo dan pori-pori tersumbat serta mengontrol produksi minyak berlebih karena adanya kandungan Salcylic Acid. Sama seperti 2 (dua) produk sebelumnya, produk ini tidak mengandung alkohol, oil, SLS, paraben, fragrance, silikon, dan EU-Alergen.

Sekarang aku mau bahas Recap Review-nya! Mari disimak.

Tekstur, wangi dan warna: sama seperti 2 (dua) toner lainnya, Alpokad Memikad ini mempunyai tekstur yang watery. Tidak ada masalah sih dengan teksturnya, aku suka-suka aja. Nah mungkin untuk wanginya ini my least favorite, entah kenapa wanginya agak kurang srek di hidungku. Namun ini masalah selera saja sih, teman-teman yang sudah lama baca blog-ku tau kan kalau aku emang ribet sama wewangian, hihi. Untuk warnanya seperti warna alpukat, hijau.

Rasanya di Kulit: kebodohan yang sama terulang, aku pakai produk ini menggunakan kapas lalu kapas kuusap ke wajah. Akhirnya, efek yang mirip dengan Laboe Sinderela terjadi. Ada rasa hangat menuju panas saat beberapa menit setelah pengaplikasian. Akhirnya, aku kembali menggunakan metode andalanku yaitu tap-tap alias menepuk-nepuk kapas yang sudah diberikan toner ke area wajah. So far so good.

Efeknya di Kulit: kalau menggunakan metode tap-tap, tidak ada efek negatif yang terjadi di kulitku. Manfaatnya mungkin akan aku rasakan nanti kalau wajahku sedang berjerawat. Namun sejauh ini di kulitku yang kering toner ini cukup enak saat digunakan, asalkan aku pakainya dengan cara kapas ditepuk-tepuk, jangan digosok.

Cara Pakai: teman-teman bisa pakai kapas saat menggunakan toner ini. Boleh diusap, boleh juga ditepuk-tepuk, tergantung kondisi kulit masing-masing. Boleh dipakai di pagi ataupun malam hari, jangan lupa pakai sunscreen kalau pagi! 

Harga: Rp 95.000,- bisa dibeli di website Mia Glansie.

Kesimpulan: dari 3 (tiga) produk yang ada, favoritku adalah Jamboe Teduh Essence Toner, karena paling cocok dengan kondisi kulitku. Efeknya di kulitku juga yang paling oke di antara yang lain. Untuk Laboe Sinderela juga oke, asalkan pakai dengan cara tap-tap. Untuk Alpokad Memikad sepertinya akan cocok untuk pemilik kulit oily dan acne prone.

Kalau ada teman-teman yang ingin beli produknya, silakan main-main ke website Mia Glansie dan pakai voucher code aku: LISAMG10 supaya dapet 10% diskon!

Thank You for Reading!
tags: Mia Glansie review, review Mia Glansie, review toner lokal, review toner buah-buahan, skincare dari buah, skincare alami, toner alami, Mia Glansie Essence Toner review, review toner Mia Glansie, review Mia Glansie toner, review Mia Glansie Essence Toner, mia glansie toner review

You May Also Like

20 comments

  1. agak repot ya kalo keterangan ingredientsnya cuma di kardus aja 😅 btw paling penasaran sama yang Alpokad deh, mana pas buat acne prone skin jugaa 😍

    ReplyDelete
  2. Aduh ini kemasannya menarik + namanya unik banget! 😍 Kalau cocokin sama kulitku bakal ngiler si alpokad, tapi ini wanginya gimana ya? Segar atau manis? Aku agak ribet juga sama wangi²an 😂

    ReplyDelete
  3. astagaaa aku lihat packagingnyaaa lucu bangeet dan nyegerin yaaa mba. namanya juga super unique indeed. I might want to try jambu teduh

    ReplyDelete
  4. wah, yang alpukad kupikir bakal buat kulit kering tapi sepertinya dari ingredientsnya emg lebih cucok buat kulit oily ya mbaa

    ReplyDelete
  5. Aku sukaaaa liat konsepnya, jadi penasaran yang exfo tonernya ituuu.. tapi satu sebagai bucin packaging, botol packagingnya perlu lebih menggemoykan :') kwkwk

    ReplyDelete
  6. Iya aku juga suka branding konsepnya. Cuma sayang kalau packaging-nya B aja. Kaya jd keliatan toner under 50rb huhu. Padahal ingredients-nya bagus"

    ReplyDelete
  7. Packagingnya sama konsep boxnya emang unik sih colorful tapi buat aku yang suka simple ini kayaknya kurang elegan gitu, tapi penasaran juga sama kandungan tonerny

    ReplyDelete
  8. iiih gemes banget sama packagingnya segeer, keliatan cheerful! aku penasaran sama yang jamboe btw, semoga bisa ikutan nyoba ah!

    ReplyDelete
  9. Lucu banget sih toner tema buah2an gini. Tp kalo aku privadi sebenernya bakal lebih suka yg unsur floralish gitu hehe

    ReplyDelete
  10. wah sukaa banget ama foto2mu mbaa.. cakeup banget dan representatif. vibes segarnya dapet bangeet sampai2 bikin aku penasaran juga ini produk apa dan bakal cocok ama kulitku apa ndak kira2. thanks buat ulasannya yaa

    ReplyDelete
  11. Segeerr banget lihat kemasan warna-warni begini..
    Plus wangi buah.
    Yang sangat aku sukai setelah mandi adalah menggunakan skincare dengan wawangian yang menenangkan. Bisa nambah mood banget sih setelahnya...

    ReplyDelete
  12. Kemasannya gemes bgt itu, produk lokal skrg bgus2 ya konsep nya, aku pnasaran sama yg jamboe teduh ��

    ReplyDelete
  13. Di liat dari packaging-nya aja udah seger banget yaa, btw aku pun jadi pengen coba nih penasaran sama yang varian Jambu hihi

    ReplyDelete
  14. Baru kali ini loh aku lihat toner yang kemasannya unyuuuk banget gini. Ada kandungan buah-buahannya pula. Aku kok penasaran pengin nyobain yang Labu sih, lagi butuh exfoliasi nih.

    ReplyDelete
  15. Seger banget lihat essence tonernya, belom pernah aku coba essence yang dari buah gini. Nama-namanya juga lokal banget. Penasaran pengen coba semua, soalnya kulitku kering dan tiap hari butuh essence toner. Hehe.

    ReplyDelete
  16. Eh iya mba bebenr jangan loh ada produk skincare yang mengandung guava. Aku kok langsung suka ama kemasannya mbaa. Bagus unik seger.Bermanfaat juga pastinya

    ReplyDelete
  17. suka sama desainnya cantik amat lucu, warnanya juga pastel cute gitu jadi pengen beli deh, ada buat tonernya juga ya

    ReplyDelete
  18. Ah! Cute bgt packagingnya ya beneran eyecatching. Ini active ingredientsnya juga bagus2 bgt nih cocok mau cobain ahhh penasaran bgt

    ReplyDelete
  19. Ini rebranding lagi ya mia glansie ini? Terakhir lihat beda sama ini. Tapi lucu sih stickernya gemes sama namanya ih

    ReplyDelete
  20. sumpaaah pertama kali liat post IG kamuu kirain ini minuman gituu! gemes banget yah packaging nyaa.. btw penasaran banget sama yg alpukaatt

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L