Omniskin Whitening - Watermelon Series Review (Face Wash, Toner, Day Cream, Night Cream)

by - May 17, 2021

Adakah teman-teman pembaca yang suka males mix & match produk dan memilih untuk pakai skincare 1 (satu) rangkaian? Selain memang lebih praktis, biasanya pakai 1 (satu) rangkaian skincare bisa lebih hemat juga apalagi kalau semua produknya cocok. Dipikir-pikir, sudah lama juga ya aku tidak mencoba skincare satu rangkaian, biasanya pasti berbeda brand antara 1 (satu) jenis produk dengan yang lain. Nah, sekitar hampir 2 (dua) mingguan ini aku pakai rangkaian skincare dari Omniskin, yaitu Whitening - Watermelon Series dan yang aku coba adalah face wash, toner, day cream, dan night cream-nya.  Sebetulnya, ada 2 (satu) produk lagi dalam rangkaian mereka yaitu cc cream dan serum, tetapi aku hanya mencoba 4 (empat) produknya saja. Ingin tau bagaimana ulasannya? Mari disimak!

Sebelum memulai review, aku ingin memperkenalkan terlebih dulu tentang brand Omniskin. Nama Omniskin berasal dari bahasa latin yang artinya 'semua', dengan tujuan ingin menjadi jawaban semua wanita Indonesia dengan berbagai jenis kulit serta segala kebutuhannya. Produk pertama yang mereka luncurkan di awal tahun 2020 adalah cleansing balm, baru setelahnya mereka mengeluarkan 2 (dua) rangkaian yang bisa teman-teman coba yaitu Whitening - Watermelon Series (yang kemasannya berwarna pink) dan Acne Series (yang kemasannya berwarna hijau). Secara umum, fungsi dari rangkaian Whitening - Watermelon Series adalah untuk membuat kulit cerah dan glowing. 

OMNISKIN WHITENING MILD CLEANSER WATERMELON SMOOTH

Produk pertama yang akan aku bahas adalah sabun wajahnya. Aku suka banget kemasannya! Dia ini mempunyai tipe kemasan pump, tapi karena teksturnya kental dia pakai teknologi air pump. Teman-teman bisa lihat, di bagian dalam kemasannya tidak ada selang dan bagian bawahnya ada semacam ruang kosong yang semakin berkurang isinya, akan semakin tertarik ke atas. Menurutku ini inovasi kemasan yang keren banget, sih! Oh ya, untuk kemasan kotak dari sabun wajah ini aku pribadi tidak mendapatkannya karena aku dapat dalam 1 (satu) pouch besar, tetapi setauku kalau teman-teman membeli satuan nanti bisa dapat kotaknya. 

Informasi yang ada pada kemasan cukup lengkap, ada nama produk, manfaat, cara penggunaan, kandungan, QR Code BPOM, tanggal kadaluwarsa, dan informasi lainnya. Sedikit informasi untuk teman-teman, kalau teman-teman merasa informasi di bagian belakang kemasan perlu, jangan kelamaan rendam kemasan ini dengan cairan karena tulisannya mudah luntur. Oh ya, kemasannya terbuat dari plastik tebal, jadi seharusnya aman kalau misalnya tak sengaja tersenggol dan jatuh.

Mari kita bahas ingredients dan fungsinya. Sabun wajah ini punya 5 (lima) kandungan yang menjadi highlight, yaitu:
  1. Ekstrak semangka (Watermelon Citrullus Vulgaris Ectract): berfungsi untuk melembabkan kulit, mencegah penuaan dini, dan merevitalisasi kulit.
  2. Sodium Hyaluronate: kandungan yang sudah banyak digunakan pada produk skincare, fungsinya sebagai humektan yang menarik kelembaban pada udara dan lingkungan sekitar lalu menguncinya pada lapisan kulit terluar.
  3. Soluble Collagen: kolagen bermolekul kecil fungsinya membantu mengencangkan kulit.
  4. Gluthatione: fungsinya untuk mencerahkan kulit.
  5. Vitamin C (Ascorbyl Palmitate): fungsinya mencerahkan kulit dan memperlambat penuaan kulit.
Selain kelima kandungan tersebut, face wash ini mempunyai 11 (sebelas) macam botanical extract lain. Teman-teman bisa lihat kandungan lainnya secara detail pada ingredients list. Oh ya, dia ada kandungan parfum di urutan atas ingredients, makanya dia punya wangi yang cukup kencang. Akan aku bahas lebih detail di bawah, ya.

Seperti biasa, aku akan membahas tekstur, wangi, warna, rasanya di kulit, cara pemakaian, dan harga dalam recap review supaya teman-teman lebih mudah dalam membacanya.

Tekstur, Wangi, dan Warna: sabun wajah ini mempunyai tekstur kental seperti madu, makanya dia menggunakan air pump sebagai kemasannya. Warnanya merah semangka, wanginya cukup menyengat sehingga lumayan mengganggu indra penciumanku. Untungnya ini sabun wajah, jadi wanginya cepat hilang! Nah saat diberi air, busa sabun wajah ini lumayan banyak meski baru digosok sebentar, jadi rasa saat mencuci muka nyaman. 

Rasanya di Kulit: mengingat wanginya yang cukup kencang dan busanya yang lumayan banyak, aku sudah berekspektasi ini akan bikin kering. Surprisingly, wajah tidak terasa kering, perih, ataupun ketarik setelah mencuci muka melainkan terasa bersih, fresh, dan kulit wajah pun dalam keadaan normal. Secara keseluruhan aku suka dengan sabun wajah ini, hanya kurang di wanginya saja.  

Cara Pemakaian: super gampang! Tinggal buka tutupnya, tekan 1 (satu) pump, berikan air, lalu gosok di tangan. Usapke wajah, kemudian bilas. Sebelum pakai ini aku selalu pakai cleansing oil sebagai first cleanser supaya lebih bersih. Sabun wajah Omniskin ini aku jadikan second cleanser.

Harga: Rp 89.000,-

OMNISKIN WHITENING WATERMELON PLUMP INFUSED TONER

Dari namanya 'infused toner', aku tau ini akan menjadi toner yang unik. Yes, Omniskin Watermelon Plump Infused Toner ini punya 2 (dua) cairan terpisah di dalamnya, cairan merah merupakan ekstrak semangka, sedangkan cairan putih merupakan air toner-nya. Sebetulnya, infused toner yang kutau selama ini biasa dalam bentuk benda di dalam toner, seperti misalnya kelopak bunga. Kalau 2 (dua) cairan terpisah dalam 1 (satu) botol biasanya dinamai biphase. Ya, penamaan apapun itu tidak masalah menurutku selama produknya bekerja dengan baik. 

Kemasan toner ini berwarna pink bening, sehingga kita bisa melihat isi dari botolnya. Di bagian atas terdapat lubang tempat keluarnya toner yang cukup besar, jadi hati-hati ya saat teman-teman menuangkannya. Aku pribadi sih cukup suka dengan kemasannya yang simpel, terbuat dari plastik jadi gak was-was bakal pecah kalau tidak sengaja terjatuh. Informasi yang ada pada botol kemasan juga lengkap, ada nama produk, ukuran, manfaat, cara pemakaian, kandungan, tanggal kadaluwarsa, dan lainnya. Nah untuk kemasan kotaknya sendiri aku tidak ada karena punyaku hadir dalam pouch set, kalau teman-teman beli satuan, baru dapat kemasan kotaknya.

Sekarang kita bahas ingredients dan fungsinya. Untuk ingredients sendiri, ada 5 (lima) yang utama, yaitu Ekstrak Semangka, Squalane, Ekstrak Portulaca, Sodium PCA, dan Ekstrak Poria Coscos. Keempat kandungan pertama mempunyai fungsi umum untuk melembabkan dan meningkatkan elastisitas kulit, sedangkan untuk kandungan terakhir yaitu ekstrak Poria Cocos (jamur fu-ling dari Cina) berfungsi menenangkan kulit yang kemerahan. Ekstrak Portulaca (tanaman krokot) juga berdasarkan hasil research-ku di google berguna untuk anti inflamasi dan mengurangi iritasi. Bisa dibilang, toner ini berfungsi sebagai hydrating toner.

Yang perlu teman-teman tau, toner ini ternyata multifungsi, lho. Ada 3 (tiga) cara pemakaian yang bisa dicoba, yaitu:
  1. Sebagai toner biasa: caranya teman-teman tinggal shake, taruh toner ke kapas, usap ke wajah. Cara ini paling umum digunakan untuk tipe toner yang cair seperti ini.
  2. Sebagai essence: dikenal sebagai metode raup oleh kalangan instagram, cara penggunaannya teman-teman tinggal shake, taruh toner di tangan, raup ke wajah dan tepuk-tepuk. 
  3. Sebagai masker: gunakan metode CSM! Shake, taruh cairan toner ke kapas tipis (aku pakai Silcot), diamkan kapas di wajah selama 10-15 menit.
Aku pribadi tetap paling suka dengan cara pertama, yaitu gunakan sebagai toner. Alasannya akan aku jelaskan di bawah, ya.

Tekstur, Wangi. dan Warna: toner ini mempunyai tekstur cair dan watery. Yang unik, dia mempunyai cairan berwarna merah yaitu ekstrak semangka di bagian atas cairan toner yang ketika ingin digunakan harus dikocok terlebih dahulu agar cairannya tercampur. Menurutku ini suatu inovasi yang unik dan perlu dijadikan poin plus lho guys! Teksturnya yang cair ini juga terasa ringan, tetapi tetap melembabkan di wajah. Nah, untuk wanginya sendiri jujur ini juga lumayan strong, jadi aku pakai seperti memakai toner biasa dengan tapas agar wanginya tidak linger terlalu lama di wajah.

Rasanya di Kulit: aku suka dengan efek setelah pemakaian, wajah awalnya terasa dingin, lalu berangsur lembab dan plump. Hanya saja, di bagian filthrum atau atas bibir seringkali terasa panas, jadi aku hanya pakai di area T-Zone dan pipi saja. So far untuk area ini tidak ada efek negatif apapun, rasanya nyaman saat digunakan. 

Cara Pemakaian: seperti yang telah dijelaskan di atas, ada 3 (tiga) cara pemakaian, yaitu sebagai toner biasa, sebagai essence dengan metode raup, dan sebagai masker dengan metode CSM. Aku pribadi paling suka pakai toner ini sebagai toner biasa, jadi aku taruh toner ke kapas, lalu usap ke wajah. Sebenarnya cara pemakaian lain juga enak, cuma aku pribadi kurang nyaman dengan wanginya jadi aku prefer untuk produknya digunakan sebagai toner biasa saja. Aku pakai dengan urutan face wash - toner - serum - moisturizer.

Harga: Rp 89.000,-

OMNISKIN WHITENING DAY CREAM UV GLOW WATERMELON
Ada 2 (dua) produk moisturizer yang dipunyai oleh Omniskin, yaitu day cream yang dipakai di pagi hari dan night cream yang dipakai di malam hari. Meski mempunyai kemasan yang hampir sama, ternyata keduanya punya tekstur dan hasil yang sangat berbeda. Untuk kemasannya sendiri dia berbentuk jar plastik berwarna pink dengan ukuran yang kecil, cukup compact untuk dibawa kemana-mana. Saat dibuka, di dalamnya terdapat plastik putih yang melindungi isi dari day cream ini. Informasi pada produk cukup lengkap, teman-teman bisa melihat di bagian bawah jar-nya.

Mari kita bahas ingredients dan fungsinya. Untuk day cream, Omniskin menggunakan bahan aktif BRIGHT Oléoactif®, yaitu bahan aktif berbahan dasar oil yang diambil dari 3 (tiga) tanaman: marshmallow root ( (Althaea officinalis), rice bran (Oryza Sativa Bran Extract), dan licorice root (Glycyrrhiza glabra). Fungsinya adalah untuk mencerahkan kulit dan juga mengurangi hiperpigmentasi. Selain itu, terdapat juga ekstrak mulberry (morus alba root) dan ekstrak semangka yang fungsinya untuk melembabkan kulit. Menurutku kandungannya ini super menarik dan out of the box, karena aku baru pertama kali bertemu dengan brand lokal yang mempunya Bright Oleoactif sebagai kandungannya!

Nah, kalau teman-teman lihat di kemasannya, dia mempunyai tulisan UV Glow. Day cream ini mempunyai kandungan Zinc Oxide, Ethylhexyl Methoxycinnamate, Titanium Dioxide yang memang bekerja sebagai sunscreen agent. Sayang, tidak jelas disebutkan berapa kandungan SPF-nya jadi sebaiknya bagi teman-teman yang menggunakan bisa dilayer sunscreen lagi agar proteksinya lebih terasa. 

Recap Review Time! Akan aku bahas bagaimana tekstur, wangi, warna, rasanya di kulit, dan cara pemakaian.

Tekstur, Wangi, dan Warna: pas awal aku buka kemasannya, aku agak kaget dengan teksturnya. Dia punya tekstur yang padat, sehingga untuk mengambil produknya aku harus memutar jari di bagian atasnya lalu menaruhnya di wajah perlahan (semacam concealer / foundation stick). Aku pribadi kurang srek dengan tekstur seperti ini karena ketika diaplikasikan ke wajah jadi sulit dan seret. Terlebih, warna dia itu betul-betul putih, jadi di wajah hasilnya whitecast. Untuk wanginya sendiri day cream ini lebih soft ketimbang face wash dan tonernya, jadi secara wangi dia paling oke.

Rasanya di Kulit: aku pribadi kurang suka rasanya di kulit, karena saat diaplikasikan ke wajah dia lumayan seret jadi wajah rasanya tergosok. Dia juga whitecast banget di kulit aku, jadi aku mungkin kurang rekomen pakai ini. 

Cara Pemakaian: gunakan moisturizer ini di pagi hari setelah face wash, toner, dan serum. Lanjutkan dengan sunscreen.

Harga: Rp 89.000,-


WHITENING NIGHT CREAM WATRMELON BRIGHT
Untuk produk terakhir yang aku review adalah night cream-nya. Kemasannya sama persis dengan day cream,  yang berbeda hanyalah stiker dan penjelasan bagian depan produk. Aku pribadi suka dengan kemasannya, kecil imut compact mudah dibawa kemana-mana. Di bagian dalam jar juga ada plastik putih sebagai penyekat. Informasi pada produk juga lengkap, letaknya ada di bagian bawah jar.

Kita bahas kandungan dan fungsinya yaa. Sama seperti day cream-nya, night cream ini juga mengandung beberapa ekstrak seperti marshmallow root, rice bran, dan licorice yang berfungsi untuk mencerahkan kulit. Selain itu, juga ada kandungan ekstrak semangka yang fungsinya melembabkan. Salut dengan inovasi Omniskin, kandungan yang digunakan banyak yang unik dan menarik!

Tekstur, Wangi, dan Warna: karena punya kemasan yang sama dengan day cream, aku agak sedikit berekspektasi kalau teksturnya akan sama kerasnya dengan si day cream. Ternyata aku salah! Night cream-nya punya tekstur creamy yang ringan, jadi pas ditaruh ke wajah mudah diratakan dan gak seret sama sekali. Meski warnanya pink-putih, saat dia diratakan tranparan dan cepat menyerap. Wanginya pun enak, tidak sekencang face wash dan toner-nya. Menurutku night cream ini yang paling oke di antara keempat produk yang aku coba.

Rasanya di Kulit: aku nyaman pakai ini! Dia mudah diratakan, rasanya ringan di wajah, cepat menyerap. Setelah memakai ini wajah terasa lembab dan plump, tetapi tetap terasa ringan. Kadang ada moisturizer yang bikin lembab, tapi terasa berat. Nah punya Omniskin ini ngga! Night cream ini masih enak jika dilanjut dengan skincare lain, karena tidak terasa lengket di wajah. Wanginya akan hilang 

Cara Pemakaian: gunakan pada malam hari. Aku biasa pakai dengan urutan face wash, toner, serum, dan night cream. Ambil 1-2 jari dari jar-nya, lalu oleskan ke wajah secara merata.

Harga: Rp 89.000,-

Ini dia untuk before after-nya! Menurut teman-teman bagaimana, terlihat ada perubahan kah?

Kesimpulan: dari keempat produk yang kucoba, yang paling aku suka dan nyaman untuk pakai daily adalah night cream-nya. Dia punya tekstur yang ringan dan mudah menyerap. Untuk sabun wajah dan toner, secara experience pemakaian enak, hanya saja wanginya terlalu kencang untukku (ini tergantung hidung masing-masing yaa... hidungku memang sensitif sama wewangian). Untuk day cream-nya aku kurang rekomen karena dia whitecast dan agak sulit untuk diratakan.

Thank you for Reading!
tags: omniskin review, Review Omniskin Watermelon Glow Waterfull Whitening Serum, Omniskin Whitening Serum Watermelon Glow Waterfull Review, Omniskin Watermelon Review, Omniskin Watermelon Glow Review, omniskin whitening reviw, omniskin watermelon whitening review, omniskin whitening watermelon review

You May Also Like

25 comments

  1. Pekat banget yg day cream-nya ya. Lebih oke tekstur night cream-nya deh. Trus tonernya juga menarik sih buat aku 🥰

    ReplyDelete
    Replies
    1. Day cream yg dipakenya kesat juga aku kutang suka sih. Krn jadinya wasting time buat meratakannya. Lbh suka yg effortless

      Delete
  2. Penasaran banget sama si tonernya deh, tp kepo ama day creamnya krna kok ky pekat gtu teksturnya.

    ReplyDelete
  3. Omniskin ini warnanya gemes bgt ya, berasa klo dipakenya bikin nyess. Yg day cream klo pekat aku jg krg begitu suka apalagi klo bikin whitecast... mgkin spfnya tinggi kali ya

    ReplyDelete
  4. Gemes liat packagingnya yang pinky. Day creamnya teksturnya thick sekali, kayanya lebih enak pakai moisturizer dulu ya atau produk yang melembapkan biar nggak seret.

    ReplyDelete
  5. nampaknya seger ya infused toner kalo diaplikasikan ke wajah, teksturnya juga keliatan mudah meresap

    ReplyDelete
  6. watermelon tuh salah satu kandungan fav aku el, makanya aku selalu naksir kalau ada watermelonnya hahaaa

    ReplyDelete
  7. gemes banget packagingnya. penasaran sama toner & cleasernya sik

    ReplyDelete
  8. teknologi air pump di face washnya keren nih belum coba yang seperti itu, day creamnya kayaknya awal diapply tebel ya ternyata mudah diratakan juga

    ReplyDelete
  9. Ini tuh aku banget deh kalau untuk cream pagi dan malam biasanya sukanya yang brandnya sama. Atau kalau bisa toner dan facial wash juga dari brand yang sama.

    ReplyDelete
  10. Dari packagingnya udh gemesss banget, liat tektur masing" produk dan kandungan yg terdapat di dalam produk jadi penasaran pngn cobain juga nih produk dri omniskin ini. ❤

    ReplyDelete
  11. Gemes banget warnanya pink semua! Aku paling tertarik sama sabunnya. Keknya gede ya botolnya.

    ReplyDelete
  12. Skincare nya unyu sekali Mba Lisa. Gemes banget pengen punya juga reviewnya suka detail banget makasih Mba Lisa

    ReplyDelete
  13. aku belum pernah pakai produk ini mbaa tapi sekilas aku suka kemasan, warna dan mood produk, plus bagaimana produk ini menyajikan informasi yang lengkap dan utuh. saluuutt..

    ReplyDelete
  14. Memang kalau menggunakan sekalian satu rangkaian tuh, enaknya gini yaa... Berasa perawatan maksimal dan hasilnya bisa dirasakan.
    Aku masih beda-beda niih..jadi ada skincare yang terasa bikin kulit kadi kering. Agak susah trackingnya.

    Omniskin bikin kulit seger.

    ReplyDelete
  15. Watermelon ngebayanginnya pasti seger pas dipakai ya kak. Dari foto hasil pemakaian kelihatan hasilnya lebih bersih dan segar

    ReplyDelete
  16. Aku langsung salfok sama kemasannya pinky gemesh gitu yaa, jadi penasaran sama face wash-nya nih

    ReplyDelete
  17. pertama kali lihat langsung jatuh cinta dengan desain warna kemasannya girly banget dan warnanya pastel biin jatuh cinta. jadi penasaran pengen cobain mba Lis

    ReplyDelete
  18. Ini kemasan Dan warnanya kok cute banget ya. Dan wow, watermelon. Ingredients yang masih jarang dipake. Tapi kalo lihat sifat watermelon yang kaya air sih, iya juga ya, pasti bagus dalam menghidrasi kulit. Hmmm cocok gak ya di aku yg usianya udah masuk 40-an? Hehe kudu nyoba sendiri ya ☺

    ReplyDelete
  19. Banyak banget nih manfaatnua sebagai toner, essence, hingga masker hehe.
    Kebayang segernya dari semangka gtu.
    Kemasan dan isinya gemesin warnanya ya.
    Terima kasih info produknya.

    ReplyDelete
  20. hihi ada varian semangka, pasti seger lah. aromanya jg memikat. senengnya lagi sesuai namanya, omniskin bs untuk segala jenis wajah. jd pengen cpba pakai juga kan

    ReplyDelete
  21. Wah sama banget ka sama aku, kurang suka dengan skin care dengan wangi yang kuat. Suka ganggu ya ga sih.

    ReplyDelete
  22. ka aku mau tanya, klo kita udh pake day cream yg ada spf nya, nah itu kita mesti apply sunscreen lagi ga sih?
    aku pake garnier sakura wahite udh ada spf nya 35 PA+++, dan itu aku bigung harus di layer sunscreen lagi atau engga??

    ReplyDelete
  23. Duhh kalo liat ini seger bgt kaa 😭😍💖

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L