Harlette Waterymelon Deep Hydration Unscented Toner Review (vs Scented Version) | Apa Bedanya dengan yang Lama?

by - April 09, 2021

New product alert! Hari ini aku mau me-review produk yang baru saja launching hari ini, yaitu Harlette Waterymelon Deep Hydration Unscented Toner. Terasa familiar? Yes, sebelumnya Harlette Beauty sudah pernah mengeluarkan produk tonernya dengan nama yang sama, bedanya yang keluar kali ini adalah versi unscented atau tidak mengandung parfum.

Sebelum memulai review, aku ingin membahas sedikit tentang latar belakang tim Harlette mengeluarkan versi unscented, karena jujur aku pribadi super penasaran. Jadi, setelah mengeluarkan Harlette Waterymelon Deep Hydration Toner (botol pink), Harlette menyadari kalau ada beberapa konsumen yang ternyata punya kulit super sensitif, yang terkadang bisa bereaksi terhadap kandungan parfum. Selain itu, ada juga teman-teman pengguna skincare yang lebih senang jika menggunakan skincare yang tidak mengandung parfum, termasuk aku sendiri. Oleh karena itu, Harlette akhirnya memutuskan untuk membuat toner Waterymelon versi unscented, agar semua teman-teman pengguna skincare bisa mencoba toner Waterymelon dan punya pilihan, ingin menggunakan yang scented atau unscented.

Lantas, apakah parfum pada produk skincare itu buruk? Ngga sama sekali! Banyak kok produk skincare di pasaran yang mempunyai kandungan parfum dan itu aman setelah diuji BPOM. Selain itu, kandungan parfum pada skincare sebagian besar ada di bagian paling bawah list ingredients, sehingga sebenarnya kandungannya kecil sekali. Wanginya pun kadang menambah kenyamanan pada penggunanya, seperti punya Harlette yang wangi semangkanya enak banget, gak berlebihan. Semuanya bergantung pada pilihan dan kebutuhan kulit penggunanya.

Yuk yuk kita mulai review-nya! Pertama seperti biasa aku akan membahas tentang kemasannya dulu. Satu kata, gemes! Ukurannya 100 ml, terbuat dari plastik tebal, berwarna putih keabuan dengan tulisan pink. Karena ukurannya yang cuma setelapak tangan, dia travel friendly banget lho guys! Bisa jadi pilihan juga buat teman-teman yang baru mau nyoba-nyoba toner Harlette tapi pingin yang ukuran kecil dulu.

Pada botol, terdapat informasi produk seperti nama produk, manfaat, tipe kulit yang cocok, dan key ingredients (terletak pada bagian belakang botol) serta tanggal kadaluwarsa (pada bagian bawah botol)Informasi lain seperti ingredients list, cara pemakaian, dan nama produsen terdapat pada kotak kemasan, jadi kalau kalian ingin membaca kandungan produk, kotaknya jangan lupa disimpan. Oh ya, kotak kemasannya juga tak kalah lucu, loh! Aku suka perpaduan warna putih dan pink-nya, font yang digunakan juga jelas. Fotonya ada di bawah yaa.

Sekarang kita bahas kandungannya. Harlette Waterymelon Deep Hydration Unscented Toner ini mempunyai 4 (empat) star ingredients, yaitu:

  1. Watermelon Fruit Extract yang mempunyai banyak manfaat bagi kulit, seperti melembabkan, mencegah penuaan dini, serta meremajakan kulit.
  2. Centella Asiatica Extract atau tanaman pegagan, merupakan kandungan yang mungkin sudah banyak diketahui oleh teman-teman pengguna skincare, berfungsi untuk menjaga kelembapan dan elastisitas kulit.
  3. Niacinamide, berfungsi mengatasi bekas jerawat di wajah, mencerahkan, serta mencegah kerutan dan garis halus di wajah.
  4. Hyaluronate merupakan humectant yang bekerja dengan cara menarik kelembapan dari udara dan lingkungan sekitar dan menguncinya pada lapisan paling luar kulit sehingga kulit terasa lebih kenyal, lembab, dan lembut. 
Selain keempat kandungan tersebut, ada juga kandungan lain seperti aloe vera dan panthenol yang juga berfungsi untuk melembabkan kulit. Bisa dibilang, toner dari Harlette ini masuk ke dalam slot hydrating toner, karena fungsinya yang melembabkan. 

Seperti biasa, aku akan memberikan recap review per kategori supaya teman-teman lebih mudah membacanya. Untuk kemasan dan kandungan produk sudah kubahas di atas, kita masuk ke pembahasan lainnya, ya!

Fungsi: secara umum, fungsi dari toner ini adalah hydrating, calming, and balance. Artinya, Harlette Waterymelon Unscented Toner ini dapat melembabkan kulit, menenangkan, dan juga menyeimbangkan level pH pada kulit. Diperkaya ekstrak semangka yang berfungsi melembabkan kulit dan Centella Asiatica yang sangat baik untuk menenangkan kulit.

Wangi, warna, dan tekstur: sesuai dengan namanya, Harlette Waterymelon Unscented Toner ini tidak mempunyai wangi karena tidak mengandung perfume. Aku pribadi lebih suka dengan produk skincare yang tidak mengandung parfum, karena hidung aku super sensitif dengan wewangian, jadi aku lebih pilih yang tidak ada wanginya. Selain itu, sebagai pemilik kulit sensitif, terkadang kulitku suka bereaksi dengan skincare yang mengadung perfume, misalnya seperti gatal atau memerah. Makanya, aku seneng banget sih dengan keluarnya Harlette Toner versi unscented ini! Oh ya, untuk warnanya dia bening, sedangkan teksturnya cair, sedikit kental. Masih runny seperti air, tetapi sedikit lambat ketika mengalir. 

Rasanya di kulit: Oke, untuk toner dari Harlette ini aku selalu mengaplikasikan ke wajah menggunakan kapas. Ini selera ya, teman-teman. Nah saat pertama ditaruh di wajah dia lumayan dingin (apalagi kalau ditaruh di ruangan ber-ac) dan sensasi setelah pemakaian, kulit terasa plump atau membal. Sedikit terasa nempel di 1 menit pertama, tetapi setelahnya menyerap dengan baik ke kulit. Karena dia teksturnya cair sedikit kental, di wajah dia tetap ringan rasanya, tetapi bikin lembab.

Efeknya di kulit: kulit terasa benar-benar lembab dan kenyal! Kalau di kulitku, pakai toner dari Harlette ini saja sudah cukup melembabkan, makanya Harlette Waterymelon Deep Hydration Unscented Toner ini jadi pilihan aku saat lagi ingin pakai simple skincare. Aku sendiri sempat mencoba menggunakan toner ini dengan metode layering atau 7-step skincare ala Korea, jatuhnya malah terlalu lembab dan ada sedikit rasa gatal, jadi aku memilih pakai tahapan yang lebih simpel. Menurutku skincare is all about mix and match, jadi kalau ada efek yang kurang menyenangkan dicoba dulu apakah bisa dijodohkan dengan produk skincare lain. Toner ini sepertinya bakalan cocok bagi teman-teman yang suka pakai simple skincare atau yang baru nyoba-nyoba skincare, jadi cukup face wash, toner, moisturizer, sunscreen kalau di pagi hari. 

Cara pakai: setelah cuci muka, tuang toner secukupnya pada kapas atau telapak tangan, lalu usap ke area wajah dan leher hingga menyerap. Bisa dipakai saat pagi dan malam hari! 

Harga: Rp 125.000,- bisa dibeli di website Harlette atau di shopee!

APA BEDANYA HARLETTE WATERYMELON KEMASAN PINK SAMA PUTIH?
Kalau ditanya, apa bedanya Harlette yang botol pink dan botol putih? Ya, akan aku jelaskan di bawah menggunakan tabel biar teman-teman bisa lebih mudah membacanya.  Nah mungkin perlu aku cerita dulu bahwa sebelumnya aku sudah pernah menggunakan seri Waterymelon dari Harlette, yaitu toner versi scented dan emulsion-nya. Sayang. aku kurang berjodoh dengan 2 (dua) produk tersebut. Untuk toner sepertinya aku kurang berjodoh karena kandungan parfum, sehingga ketika Harlette memutuskan untuk mengeluarkan versi unscented-nya, aku senang sekali! Dan ternyata versi unscented-nya cocok sama aku, hehe.

Perbedaan utama dari 2 (dua) produk ini adalah di kandungan parfumnya. Untuk yang versi botol pink, ada kandungan parfum yaitu wangi semangka manis, sedangkan yang versi botol putih tidak ada wanginya sama sekali. Seperti yang sudah aku jelaskan di paragraf pertama, kandungan parfum pada Harlette sebetulnya kecil sekali, karena pada ingredients list pun dia urutannya berada paling akhir. Hanya saja, ada beberapa pengguna skincare yang memilih atau lebih cocok dengan skincare yang tidak mempunyai kandungan parfum, sehingga Harlette hadir untuk memenuhi kebutuhan itu. Banyak juga kok teman-teman yang suka dengan versi scented-nya, jadi tergantung preferensi saja.

Perbedaan kedua adalah dari botolnya. Untuk yang scented, dia berwarna pink dengan ukuran 200ml, sedangkan untuk yang versi unscented berwarna putih dengan ukuran 100ml. Mereka ini kaya kakak adik ga, sih? Gemes banget. Harlette versi unscented ini bisa jadi pilihan juga untuk temen-temen yang selama ini penasaran dengan Harlette Waterymelon Toner tapi mau coba ukuran kecil dulu.

Sebagai perbandingan, aku juga sertakan bagian belakang kemasan kotak yang berisi ingredients list. Overall semua kandungannya sama, secara tekstur dan fungsi toner juga tidak ada perbedaan, hanya beda di kandungan parfumnya saja. Pilihan ada di tangan teman-teman, ya!

Ini dia review-ku untuk Harlette Waterymelon Unscented Toner! Ada yang penasaran pingin cobain toner Harlette Beauty terbaru ini?
Thanks for Reading!

tags: Harlette Waterymelon Deep Hydration Toner Review, Review Harlette Waterymelon, Review Harlette Waterymelon Toner, Harlette Waterymelon Toner Review, Review Harlette Toner Unscented, Review Harlette Unscented Toner, Review Harlette Toner Unscented, Perbedaan toner Harlette, perbedaan toner harlette botol putih dan pink, perbedaan toner harlette unscented vs scented, perbedaan toner harlette yang baru dan yang lama, harlette waterymelon unscented toner review, harlette waterymelon toner unscented review, harlette waterymelon skincarisma, harlette waterymelon ingredients 

You May Also Like

21 comments

  1. kandungan nya manteebb banget yak, kulit kamu jadi plumply banget 😍😍

    ReplyDelete
  2. Jadi penasaran cobain 😍 aku suka banget sama waterymelon original soalnya, penasaran sama unscented

    ReplyDelete
  3. Aku baca ini jadi pengen beli,baik banget harlette ya kk,buat versi yang lebih kecil dan masih terjangkau lagi ❤️❤️ mau langsung check out

    ReplyDelete
  4. packaging nya lucu banget ya,
    btw aku sih ga masalah sama perfume, yang jadi masalah buatku itu harga hahahaha, mana yg murah itu yg aku beli XD

    ReplyDelete
  5. Senada sama El yaaa, soft😆. Btw, aku jadi mau coba karena IL nya cukup simple dan basic☺️. Ngebaca ngehidrasinya juga mantebs, huhu kenapa gak dibuat 200 or 150ml something aja ya? :")

    ReplyDelete
  6. seneeeng harganya jadi lumayan affordable 🥺 selama ini mau beli yang 200ml kerasa kemahalan. thank you reviewnya kak El!

    ReplyDelete
  7. Kenapa gemes banget sih botolnyaaa, 100ml harganya affordable juga yaaa 😆

    ReplyDelete
  8. harganya affordable juga ya, dan packaginya lucu! anyway fotonya bagus dan keliatan seger banget hihi

    ReplyDelete
  9. Seneng banget deh kalau lihat ada brand yang responsif sama feedback terhadap produknya! That being said, saya belum pernah coba Harlette ini, tapi menarik juga kalau persediaan hydrating toner udah abis, hehe. Thanks for the review!

    ReplyDelete
  10. Suka banget sama review nya ka el , lengkap detail dan gampang dipahamin , udh penasaran banget sama produk satu ini , ngebantu banget buat yang lagi butuh review ❤🙏 thankyou ka el🌻

    ReplyDelete
  11. salfok sama kulitnya huhu. suka sama reviewnya jelas dan super lengkap. ditambah sama fotonya yang super estetik hehe.

    ReplyDelete
  12. wishlistku :) yang scented aja belum kebeli udah ada yg baru hahaaa

    ReplyDelete
  13. Ngga cuma hydrating ya ini tapi kayaknya bisa kasih efek soothing juga

    ReplyDelete
  14. Jadi lebih kecil yaa, tapi dari segi harga juga ini lebih terjangkau dan kulot sensitifku kayaknya bakal suka sama yang unscented.

    ReplyDelete
  15. Wah jdi penasaran bgt sih apalgai Packagingnya pinky² makin cute & kandungannya mantul juga😍

    ReplyDelete
  16. aah aku penasaran pengen pake juga!
    perpaduan warna di kemasannya maniis, pemilihan font-nya juga cute :D
    mau scented atau unscented buat aku ga masalah kak, yang penting kalo scented aromanya ga mengganggu. :D

    ReplyDelete
  17. yang scented aja belum tercoba udah ada yg unscented ajaa haha tapi asik sih jadi adalah varian lain plus pilihan besar kemasan juga

    ReplyDelete
  18. di wishlistku udah ada yg scented, tapi sejak yg unscented ini launching jadi malah pengen coba yg inii karena kulitku suka sensitif

    ReplyDelete
  19. Nah produk initu yang bikin menarik buat aku packagingnyaa, lucu gitu warna2 packagingnya juga ragam ada juga kan yang warna biru hihi, awalnya mau coba yang scented eehh pas baca ini ternyata ada juga keluaran terbaru yang unscented, sama si kak kalau aku lebih suka yang unscented karena kulitku suka sensitif.
    Suka banget sama review²nyaa jelass bangettt cara penyampaiannya!

    ReplyDelete
  20. menarik bgt ka buat dimasukin wishlist dan cobain produknya. reviewnya lengkap bgt as always. semangat trs ka lisaa

    ReplyDelete
  21. Terima kasih sudah mengijinkan untuk belajar cara skincarean yang benar dan tau kegunaan berbagai produk nya makin semangat ka untuk mereview produk

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L