Cara Membuat Masker Kain (DIY)

by - April 07, 2020

Halo semua! Di beberapa post yang lalu aku pernah membagi ke kalian beberapa ide kegiatan untuk kalian yang sedang di rumah aja. Nah, salah satu kegiatan yang aku sedang lakukan akhir-akhir ini adalah menjahit. Awalnya aku ingin belajar menjahit baju saja, tapi ada satu peristiwa yang membuat aku beralih, yaitu ketika supirku datang dan ia bercerita bahwa tetangga-tetangganya tidak mempunyai masker, padahal ada satu warga sekitarnya yang terkena Covid-19. Berawal dari kejadian itu, aku bersama mamaku akhirnya memutuskan untuk membuat masker dan membagikannya kepada orang-orang sekitar saja.

Aku sudah sekitar seminggu belajar membuat masker kain. Penggunaan masker kain memang tidak seefektif disposable mask, tapi sekarang harga disposable mask sudah sangat mahal, dari yang tadinya hanya sekitar Rp 25.000,- sekarang sudah mencapai Rp 300.000,- sehingga masker kain pun menjadi pilihan juga. Pemerintah pun juga sudah mewajibkan masyarakat Indonesia untuk menggunakan masker kain. Oleh karena itu, aku mau membagi ke kalian bagaimana cara membuat masker kain yang bisa diisi tisu sebagai filter.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah:
- kain berbahan katun
- karet ukuran 4mm (untuk yang tidak berhijab) atau tali guling (untuk yang berhijab)
- gunting
- jarum pentul
- mesin jahit (jika tidak punya bisa jahit manual menggunakan tangan, siapkan benang dan jarum)
- setrika

Tahapannya adalah sebagai berikut:

1. Gunting kain dengan ukuran panjang 37 cm x lebar 20 cm.

2. Klim atau lipat bagian lebar kain, kemudian jahit.

3. Lipat kain menjadi dua untuk mengetahui batas tengah kain.

4. Arahkan masing-masing bagian lebar kain (L) ke arah tengah. Bagian putih pada kain berada di luar. Tandai dengan jarum pentul.

5. Jahit bagian kanan dan kiri kain. Sisakan sekitar 1.5-2 cm di masing-masing ujung jahitan untuk menyelipkan karet atau tali.

6. Balik kain ke arah keluar.

7. Buat 3 (tiga) lipatan ke arah bawah, lalu tandai dengan jarum pentul di sisi kanan dan kiri kain sampai membentuk masker dengan ukuran sekitar 18.5 cm x 9.5 cm. Agar lebih mudah saat dijahit, setrika masker agar lipatannya lebih bagus.

8. Untuk yang tidak berhijab, masker diselipkan karet sepanjang 15 cm pada kedua sisi sudut masker, lalu jahit bagian pinggir. Jangan lupa berikan jahitan tambahan 2-3 kali pada bagian karet agar lebih kuat. 

9. Untuk yang berhijab, selipkan tali dengan panjang 45 cm pada masing-masing pada bagian sudut masker lalu jahit sepanjang sisi masker. Jangan lupa berikan jahitan tambahan pada bagian tali agar lebih kuat.
Bagian menjahit ini harus pelan-pelan karena kain yang tebal saat ditumpuk.

9. Jadi deh.

bisa diselipkan tisu loh!

p.s: kalau tidak punya mesin jahit, bisa jahit menggunakan tangan tapi mungkin tidak akan sekuat menggunakan mesin jahit.

You May Also Like

7 comments

  1. Superrr kreatifff ❤️❤️😍😍mkshh kak tutorialnya ❤️

    ReplyDelete
  2. Waktu itu sempet bikin masker kain kaya gini cuma karna aku nggak punya mesin jahit akhirnya aku jahit pake tangan. Hasilnya ngga serapih pake mesin jahit sih, cuma aku puas aja gitu karna buatan sendiri 🤗

    ReplyDelete
  3. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  4. Proud bangeeet, informatif banget kak blog nya aku sukaaa, detail sampai brp cm nya, bermanfaat banget, ThankYou kak👏🏻👍🏻👍🏻👍🏻 IG: muthiaahld

    ReplyDelete
  5. Pernah bikin ini😃 untungnya ibuku punya mesin jahit hehe,jadi lebih mudah dan rapi.

    ReplyDelete
  6. Menarik sekali jadi pengin coba membuat masker menggunakan kain.
    apalagi kain-kain sekarang bahan dan motifnya lucu-lucu banget.

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L