Bosan? Ini Rekomendasi Kegiatan Buat Kamu yang #dirumahaja

by - March 24, 2020


Ada yang bosen #dirumahaja? Ya sama, aku juga. Sudah sejak Rabu minggu lalu aku gak pergi kemana-mana dan hanya stay di rumah aja. Mungkin ada yang bilang:

           "alah, virus Corona kan cuma flu-flu doang. Buat apa takut keluar". 

Ya benar, sebenarnya aku pribadi nggak takut dengan virus Corona atau COVID-19 ini, secara aku kan masih muda. Beberapa informasi yang aku baca juga menyatakan orang yang badannya fit dan umurnya muda cenderung lebih kuat menghadapi virus Corona. Yang aku takutkan adalah aku menjadi carrier bagi orang-orang di sekitarku yang sudah berumur, seperti orang tua, saudara, maupun orang lain yang sudah tua. Aku gak mau menyebarkan virus ke orang lain yang rentan. Oleh karena itu, aku pribadi menerapkan physical distancing dengan berusaha keluar rumah seminimal mungkin.

Mungkin berbagai orang dan companies berbeda-beda menanggapi pandemik COVID-19. Ada yang menerapkan WFH alias Work From Home untuk karyawannya, ada yang meliburkan, ada juga yang tetap menyuruh karyawannya masuk. Semua keputusan balik lagi ke diri masing-masing pihak, tapi kalaupun harus keluar rumah, tetap lindungi diri dengan 3 (tiga) pertahanan, yaitu: masker, hand-sanitizer, dan cuci tangan. Kita sendiri yang harus jaga kebersihan diri supaya mencegah penularan virus Corona.

Buat teman-temean pastinya bosan kalau terus-terusan di rumah aja dan gak kemana-kemana. Aku sendiri juga bosan, mau ngapain ya...? Nah, di posting-an kali ini aku mau kasih rekomendasi ala aku buat teman-teman supaya bisa produktif saat lagi di rumah aja. 

Tentunya, sebelum melakukan kegiatan, teman-teman bisa buat to do list kegiatan apa yang belum selesai atau terealisasikan dan kegiatan mana yang mau dikerjakan di hari itu. To do list ini memudahkan kita untuk tahu mana kegiatan yang akan, belum, maupun sudah dilakukan.

1. Merapikan Kamar & Barang
Sibuknya jadwal kita sehari-hari membuat kita malas untuk membersihkan kamar. Mumpung sedang #dirumahaja, teman-teman bisa mengisi waktu dengan membersihkan kamar (atau bahkan rumah) teman-teman. Mulai dari menyapu, menata kembali letak-letak barang, merapikan lemari, dan lain-lain.

2. Decluttering
Ini merupakan kelanjutan dari bersih-bersih kamar. Saking banyaknya barang yang menumpuk, kondisi kamar jadi berantakan. Decluttering merupakan kegiatan membersihkan rumah dengan mengurangi barang-barang yang tidak diperlukan lagi. Pakaian, tas, dan sepatu yang tidak disukai bisa dikumpulkan untuk kemudian disumbangkan atau dijual kembali.

3. Mencoba Hobi Baru
Kegiatan #dirumahaja bisa diisi dengan mencoba hobi baru. Untuk aku sendiri, aku mau mencoba belajar menjahit. Untuk teman-teman lain bisa mencoba kegiatan baru seperti misalnya menggambar, melukis, menulis, dan lain-lain.

4. Menyelesaikan Pekerjaan yang Tertunda
#dirumahaja gak membuat kita meninggalkan pekerjaan kita. Aku sendiri yang sedang mengerjakan tesis juga secepatnya menyelesaikan tugas-tugas dan dokumen-dokumen yang dibutuhkan. Task yang perlu dikerjakan aku tulis di to do list ku agar semuanya dapat selesai dan tidak ada yang terlewatkan.

5. Olahraga di Rumah
Buat teman-teman yang jarang olahraga, waktu-waktu sekarang bisa diisi dengan olahraga di rumah. Buat yang rutin olahraga di gym pun, ada baiknya saat sekarang ini melakukan olahraga di rumah agar tidak makin menaikan potensi tersebarnya virus COVID-19. Olahraga di rumah tidak harus dilakukan dengan alat gym, tapi bisa dilakukan sendiri tanpa alat, misalkan dengan zumba atau aerobyc. Tutorialnya banyak kok di youtube!

Doaku untuk Indonesia dan negara-negara lainnya, semoga penyebaran virus COVID-19 ini segera berakhir. Salah satu cara yang aku lakukan dan mungkin bisa teman-teman lakukan yaitu dengan melakukan physical distancing. Dengan cara tersebut, kita dapat meminimalisir kemungkinan terpapar virus dan harapannya kita tidak akan menjadi pihak yang menyebarkan virus (carrier). Jaga kesehatan semua, semoga bulan depan semuanya dapat kembali seperti semula. Cheers!

You May Also Like

2 comments

  1. Produktif bangett nih kak lisa❤️

    ReplyDelete
  2. Decluttering done, udh lama pengen pisah2in barang finally bisa juga😊 hobby baru kuu nonton film huehehe. IG: muthiaahld

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L