Cara Membuat Dried Flowers / Dried Plants (DIY)

by - March 26, 2020

Valentine's Day kemarin aku mendapat kiriman bunga dari temanku yang merupakan florist, yaitu Chandra dari Chance Flower. Setiap aku dikirimkan fresh flowers, aku sangat senang, tapi ada sedikit sedihnya juga. Sedih ketika bunga-bunga ini setelah 1 (satu) minggu akan layu, rasanya sayang aja gitu pas ngebuangnya. Nah daripada bunganya dibuang percuma, aku mau coba membuat dried flowers sebelum daunnya layu. Ini pertama kali aku buat bunga kering, jadi kalo hasilnya jelek maklumin ya! Menurutku sih untuk percobaan pertama hasilnya lumayan bagus.

Daun atau bunga yang batangnya tipis dan kandungan airnya sedikit akan lebih mudah untuk dikeringkan, sedangkan yang kandungan airnya banyak seperti bunga mawar mungkin akan membutuhkan usaha lebih bagi pemula. Jenis bunga yang biasanya digunakan untuk rangkaian adalah bunga baby breath, daun eucalyptus, daun caspia, bunga kapas, daun pampas, bunga lavender, bunga mawar, bunga pussy willow, bunga lagurus, dan banyak lagi. 

Here's the step!

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan.
Ada 3 (tiga) jenis daun atau bunga fresh yang aku mau keringkan, yaitu daun dolar atau eucalyptus, daun caspia, dan bunga baby breath. Daun dan bunga ini aku ambil dari bouquet bunga yang aku terima. Usahakan untuk membuka bouquet-nya sebelum daun atau bunganya layu, misalnya 2 (dua) hari setelah bunga diterima.
Bahan lain yang aku butuhkan:
- tali untuk menggantungkan daun dan bunga;
- gunting;
- karet;
- gantungan baju;
- vas bunga atau botol minuman bekas.

2. Pisahkan masing-masing bunga atau daun
Pisahkan setiap batang daun atau bunga secara hati-hati. Biasanya, saat dilepas dari bouquet antar batang itu saling menempel, jadi harus dipisahkan supaya saat kering tidak menyatu dan kemudian patah. Jangan lupa trim atau potong batang atau daun yang jelek supaya lebih rapi dan cantik.

3. Ikat daun dan bunga pada seutas tali.
Satukan daun dan bunga sesuai jenisnya lalu karetkan. Setelah dikaretkan, ikat batang-batangnya ke seutas tali untuk nanti digantungkan. Sebetulnya, akan lebih baik jika digantung satu-satu, tapi aku tidak punya tali lagi untuk menggantungnya. Yang penting jangan sampai menempel saja saat digantung, harus terpisah satu sama lain.

4. Ikat tali ke gantungan baju
Gantungkan daun dan bunga yang sudah diikat tali digantungkan ke gantungan baju secara terbalik. Fungsinya agar daun dan bunga yang dikeringkan tetap kokoh berdiri ke atas. Kalau dibiarkan saja tanpa digantung terbalik, ada resiko bunga dan daun layu saat kering.

5. Gantungkan daun dan bunga di tempat yang terkena sinar matahari
Setelah diikat ke gantungan baju, gantungkan daun dan bunga ke tempat yang terkena sinar matahari. Di kamarku, sinar matahari hanya ada dari jendela, jadi aku gantungkan di sana. Pastikan ikatan pada gantungan baju kencang agar tidak jatuh.

6. Tunggu sampai kering (sekitar 1-2 minggu)
Tunggu daun sampai kering. Kalo punyaku sih 1 (satu) minggu juga sudah kering karena bunga dan daunnya memang yang tidak banyak menyerap air. Mungkin kalau bunga mawar atau bunga lain yang mempunyai kandungan air banyak memerlukan waktu sampai 2 (dua) minggu.

7. Pisahkan daun dan bunga
Jika sudah kering, lepaskan bunga dan daun dari ikatannya. Pisahkan daun dan bunga secara hati-hati karena daun dan bunga yang sudah kering cenderung lebih mudah patah.

8. Semprot hairspray agar lebih tahan lama (opsional)
Sebetulnya step ini juga aku dapat dari internet sih, katanya kalau bunga dan daun yang telah dikeringkan sebaiknya disemprot hairspray supaya lebih tahan lama. Namun jika kamu tidak punya hairspray atau tidak tahan bau hairspray, tidak perlu disemprotkan. Tahap ini opsional saja.

9. Taruh di vas!
Bunga dan daun sudah siap dirangkai! Taruh di vas ataupun botol minuman bekas yang kamu punya. Aku memakai vas yang berbahan kaca karena tanaman kering sangat cocok dengan vas dari bahan kaca dan keramik. Kalian bebas merangkainya seperti apa sesuai selera!

Here's the result! Cakep kan buat properti foto-foto.
see you in another post!

You May Also Like

3 comments

  1. Wahh,,, ternyata gk serumitt yg kukiraa,,mksh kak tutorialnya ❤️

    ReplyDelete
  2. Hooo pakai hairspray yaa biar tahan lama, aku suka baby breaths, aesthetic yaa vas nya😍 thankyou yaa kak tips step by step nya. IG: muthiaahld

    ReplyDelete

Thank you for your comments!