Confitty Silky Skin Two Way Cake Review | Bedak Wajah Tahan Lama!

by - March 14, 2022

Akhirnya setelah sekian lama, aku review make up lagi! Sejak pandemi, aku jadi super jarang pakai make up (bahkan, cenderung malas karena di rumah saja). Namun, beberapa kegiatan tentunya tetap memerlukan make up, makanya aku tetep ngikutin perkembangannya. Hari ini, aku mau membahas 1 (satu) produk make up yang memang dipakai dalam daily basis, yaitu bedak. Yang kali ini aku review dari Confitty, namanya Silky Skin Two Way Cake. Kebetulan aku berkesempatan membahas keempat warnanya, siapa tau bisa jadi referensi temen-temen! Cus disimak review ya! 

Pertama-tama, apa itu Two Way Cake? Dilansir dari Fimela, Two Way Cake merupakan kombinasi antara bedak dan foundation yang bergabung menjadi satu. Jenis bedak ini menjadi pilihan yang tepat jika temen-temen ingin praktis saat make up. Karena ada kandungan foundation, biasanya Two Way Cake punya ketahanan yang lebih lama, cocok untuk dipakai pergi seharian. Begitu juga dengan Confitty Silky Skin Two Way Cake. Sesuai namanya, bedak ini diformulasi tahan lama, memberikan hasil yang natural dengan efek silky skin. Aku penasaran sih gimana performanya di dry skin.

Kemasannya sendiri berwarna pink bundar seperti kemasan bedak umumnya. Yang kusuka, desainnya terlihat elegan dengan motif pink marble dan tempat bedak transparan. Selain itu, dia punya bentuk yang super unik. Untuk membukanya, kita perlu memutar atau menggerakannya ke kanan (tulisan open), baru tarik. Barulah di  dalamnya ada cermin, tempat puff, dan bedaknya. Ketika membeli bedak, teman-teman juga akan mendapatkan brush pipih lho, jadi ada 2 (dua) jenis aplikator.

Sekarang kita bahas ingredients-nya. Bedak ini punya 3 (tiga) kandungan utama;

  • Zinc Oxide (SPF 15): melindungi kulit dari UVB dan mencegah sunburn. Lumayan bisa membantu menambah proteksi kulit setelah pakai sunscreen.
  • Sodium Hyaluronate: melembabkan dan melembutkan kulit, mencegah bedak creasing atau crack.
  • Salicylic Acid (0.02%): untuk oil control, menjaga tekstur kulit dan meminimlaisir pori-pori tersumbat.

Untuk warnanya sendiri, bedak dari Confitty ini punya 4 (empat) pilihan warna:

  • Vanilla: warna paling terang. Cocok untuk teman-teman yang punya light skintone dengan undertone cool / pink.
  • Cheesecake: warna terang. Cocok untuk teman-teman yang punya light skintone dengan undertone warm.
  • Cookie Dough: warna medium-gelap. Cocok untuk teman-teman yang punya medium skintone dengan undertone warm.
  • Mocha Latte: warna medium-gelap. Cocok untuk teman-teman yang punya medium skintone dengan undertone warm. Watna agak sedikit ke pink / cool.

Sekarang kita masuk ke recap review-nya. Untuk bedak ini aku akan membahas mulai dari tekstur, aroma, dan warna, rasanya di kulit, efeknya, cara pemakaian, serta harga.

Tekstur: alas bedak dari Confitty ini punya tekstur padat atau pressed. Saat aku swipe dengan jari, teksturnya terasa lembut dan gak terlalu powdery (jatuh-jatuh). Karena bentuknya yang padat, dia memiliki partikel lebih kecil sehingga bisa menyamarkan pori dan menutupi kekurangan di wajah. Bentuk pressed powder ini juga nyaman dibawa kemana-mana karena tidak akan mudah tumpah.

Aroma & Warna: Untuk launching awal, adanya 4 (empat) pilihan warna mulai dari light-pink undertone, light-yellow undertone, medium-yellow undertone, dark-yellow undertone menurutku cukup oke ya. Ke depannya boleh banget ditambahkan warna lain yang lebih gelap atau terang supaya bisa menjangkau banyak warna kulit. Aku sendiri sepertinya akan lebih cocok di warna antara Vanilla & Cheesecake, tapi warna Cheesecake juga masuk kok. Oh ya, bedak ini hampir tidak ada aromanya lho! Buatku yang selektif dengan wewangian, ini jadi another poin plus sih!

Pengaplikasian: oke ini part paling penting. Aku memilih warna Cheesecake dan mencoba mengaplikasikannya dengan sponge yang tersedia. Buatku yang kulitnya kering, sponge ini agak tricky ya untuk dipakai. Saat aku mencoba teknik 'seret' atau gosok yang sedang in, dia jadi agak patchy (muncul warna kuning di beberapa titik yang cukup jelas). Akhirnya aku kembali ke teknik dulu, yaitu 'tepuk' atau tap. Hasilnya lumayan oke, merata di seluruh wajah. Untuk area pinggir hidung dan sekitar bibir terlihat powdery atau crack karena area tersebut super kering, karenanya untuk kedua area tersebut aku bantu rapikan dengan brush pipih-nya.

Kemudian, aku mencoba kembali pakai bedak ini dengan sponge atau aplikatorku pribadj. Hasilnya jauh-jauh lebih oke dan merata. So maybe it's not the powder but the sponge yang bikin aku agak struggle di awal. Aku akan pakai punyaku sendiri untuk ke depannya.

Pigmentasi, Finish, Ketahanan: bedak Confitty ini pigmentasinya medium menurutku. Untuk under eye dia lumayan bisa menyamarkan sekitar 50% (lima puluh persen). Untuk urat di pipi dan bekas jerawat menghitam, surprisingly dia bisa menyamarkan hingga 80%, jadi hampir tak terlihat. W o W! Bakal cocok dipakai daily, nih. Meski punya kemampuan menutupi imperfection di wajah, bedak ini rasanya cukup nyaman di kulit. Gak kerasa berat atau cakey atau powdery sama sekali di kulit.

Untuk finish-nya sendiri, seperti namanya dia lumayan bikin kulit terlihat silky-smooth. Blurring effect-nya oke banget! Paling terlihat di foto sih, pori-pori jadi lebih samar kalau dilihat dari jauh. Warna kulit juga jadi lebih merata. Nah soal ketahanan, kebetulan karena sekarang aku lebih banyak di rumah dia bisa tahan 5-6 jam. Untuk area pipi yang kering sih pastinya dia bertahan banget, nah yang aku agak kaget di area T-Zone dan hidung yang lebih berminyak ternyata dia juga bertahan dan tidak patchy. Ada patchy sedikit di area pinggir hidung letak kacamata, tapi diusap sedikit langsung oke kembali.

Cara Pakai: seperti yang aku jelaskan sebelumnya, aku memakai sponge sendiri untuk mengaplikasikan bedak Confitty. Kalau ingin pigmentasinya lebih oke, aku biasa pakai sponge. Namun jika aku sudah pakai foundation dan hanya ingin membuat foundie-nya bertahan, aku pilih pakai brush saja supaya lebih ringan.

Harga: Rp139.000,- bisa dibeli di shopee.

Overall, aku suka bedak ini karena dia punya blurry effect yang oke dan punya pigmentasi yang bagus. I wish they had a better sponge though, pengaplikasian jadi a bit tricky karena sponge-nya tadi. Teman-teman tertarik mencoba ga nih?

Thank You for Reading!

You May Also Like

4 comments

  1. Wah menarik juga ya produknya, soalnya jarang banget ada two way cake yang punya kandungan salicylic acid..

    ReplyDelete
  2. Wah oke banget ini yah terlihat buttery banget, aluss pisan. Warnanya masih masuk banget yah buat undertone kulit Indonesia.

    ReplyDelete
  3. ini lucu bangeeet packagingnya, kayak produk-produk remaja gitu ya kak apalagi warnanya juga pink :D
    btw aku relate banget sih kadang sponge bawaan produknya malah kurang cucok, paling bener emang harus punya aplikator sendiri :D

    ReplyDelete
  4. Dari lihat swatch-nya sepertinya di aku shade Cookie Dough bakalan pas deh.
    Selain suka sama kemasannya aku juga suka deh sama coverage-nya yang medium jadi gak dempul

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L