Tinka Whitening Face Series Review | Rangkaian Basic Skincare untuk Pemula?!

by - June 14, 2021

Adakah teman-teman di sini yang baru mulai skincare-an? Atau mungkin sudah pakai skincare, tapi suka tahapan yang simpel-simpel aja? Aku mau kenalin satu rangkaian skincare dari brand Tinka, namanya adalah Whitening Face Series. Rangkaian ini merupakan rangkaian dasar yang terdiri dari 4 (empat) produk, yaitu face wash, toner, day cream dan night cream sebagai moisturizer. Produk dari Tinka ini sudah BPOM, aman untuk semua jenis kulit, ibu hamil, ibu menyusui, dan remaja usia 13 tahun ke atas juga bisa pakai.

Untuk teman-teman yang mungkin baru belajar, pada dasarnya basic skincare itu dilakukan dengan 3 (tiga) tahapan: clean, hydrate, protect. Jadi pertama bersihkan kulit wajah menggunakan sabun, kemudian berikan produk yang melembabkan, terakhir lindungi dengan sunscreen. Kalau basic skincare-nya sudah kuat, teman-teman bisa menambahkan produk-produk lain seperti serum, masker, dan lain-lain. Di sini aku bakal bahas produknya satu per satu dan mana yang rekomen untuk teman-teman coba. Mari disimak!

TINKA WHITENING FACIAL FOAM

Sabun wajah dari Tinka ini punya kemasan yang lumayan bulky, didominasi warna putih dan hijau mint. Dia hadir tanpa kotak, jadi untuk penjelasan produk langsung tertempel di belakang tube. Tidak ada masalah terkait kemasannya, hanya saja aku salah fokus ke namanya. Menurutku, akan lebih tepat jika sabun wajah ini dinamakan facial wash atau gel cleanser ketimbang facial foam, karena biasanya sabun wajah yang pakai kata foam itu memang bentuk awal saat di-pump adalah busa pekat seperti awan sedangkan sabun wajah milik Tinka ini teksturnya gel. Namun, sebetulnya bukan masalah besar sih, cuma nama kok!

Secara umum, fungsi sabun wajah ini seperti sabun wajah biasanya, yaitu membersihkan wajah, mencerahkan dan melembabkan kulit, serta mengatasi minyak berlebih di wajah. Sabun ini sendiri punya 3 (tiga) key ingredients, yaitu:

  1. Allantoin: mampu menghidrasi kulit dan menenangkan kulit, bersifat anti inflamasi.
  2. Niacinamide: berfungsi melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam, dan mencerahkan kulit.
  3. Aloe Vera: memberikan kelembaban pada kulit. 

Selain ketiga kandungan di atas, ada juga kandungan lain yang bisa teman-teman lihat di bagian belakang kemasan. Meski mempunyai kandungan SLS, teman-teman tidak perlu khawatir karena SLS tidak berbahaya selama digunakan secara singkat, seperti halnya sebagai sebuah sabun wajah. Produk ini juga mengandung fragrance, tapi aku merasanya wangi selewat saja jadi tidak terlalu masalah.

Mari masuk ke recap review. Aku akan membahas tekstur, wangi dan warna, rasanya di kulit, efeknya, cara pemakaian, serta harga pada setiap produk supaya teman-teman lebih mudah membacanya.

Tekstur: sabun wajah ini punya tekstur gel bening yang cukup kental dan sticky. Aku pribadi selalu terbuka dengan berbagai macam tekstur sabun wajah, jadi aku suka-suka aja dengan tekstur gel-nya. Hanya saja, untuk menggunakan produk ini menurutku ada triknya tersendiri, karena kalau kita taruh produknya  terlalu banyak, akan ada sisa cairan yang sulit dissolve atau larut dengan air untuk kemudian menjadi busa.  Sebaiknya, teman-teman taruh sedikit saja (kalau aku seukuran kacang bali pipih), supaya semuanya larut dengan air dan menjadi busa.

Wangi: meskipun produk ini mempunyai fragrance, wanginya sih hampir tidak terasa, hanya sedikit wangi-wangi segar. Aku pribadi sebagai pemilik hidung sensitif tidak terganggu sama sekali dengan wanginya, suka-suka aja.

Rasanya di Kulit: selama pemakaian face wash ini di wajah sekitar hampir 2 (dua) mingguan, aku merasa sabun wajah ini cukup nyaman di kulit. Saat dipakai tidak ada rasa panas ataupun rasa negatif lain, dibilasnya pun gampang. Setelah mencuci wajah, wajah terasa bersih dan segar. Kalau setelah cuci muka wajah dibiarkan 1-2 menit tidak masalah, tapi kalau 5 (lima) menit setelah cuci muka tidak pakai skincare apapun, wajah akan terasa kering. Oleh karena itu, sebagai pemilik kulit kering aku setelah pakai sabun wajah langsung melanjutkannya dengan toner, supaya meminimalisir rasa kering.

Efeknya di Kulit: yang aku rasakan setelah memakai sabun dari Tinka, wajah terasa bersih dan segar. Untuk efek whitening-nya aku pribadi belum terlalu merasakan, efeknya lebih ke bersih saja. Kotoran pada wajah rasanya terangkat dengan baik.

Cara Pakai: sabun wajah ini bisa digunakan pagi dan malam. Aku pribadi biasanya menggunakan cleansing oil dulu, baru dilanjut dengan sabun wajah ini. Lanjutkan dengan rangaian skincare lain. A tip for you: tuang cairan sabun sedikit saja supaya cairan tersebut bisa bercampur dengan air dan menghasilkan busa. 

Harga: sedang diskon, dari Rp 92.000,- menjadi Rp 60.000,- bisa dibeli di sini.

TINKA WHITENING TONER

Produk selanjutnya yang akan aku bahas adalah toner. Saat pertama kali aku melihat produknya, ku kira ini adalah sebuah face mist karena bentuknya yang spray. Ternyata, dia adalah toner! Untuk kemasannya sendiri aku suka-suka saja, semprotannya tidak keras jadi saat digunakan tetap nyaman. Informasi produk terdapat pada bagian belakang botol, teman-teman bisa cek semua di sana termasuk kandungan, tanggal kadaluwarsa, Nomor BPOM, dan informasi lainnya.

Toner ini mempunyai 3 (tiga) key ingredients, yaitu:

  1. Niacinamide, berfungsi melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam, dan mencerahkan kulit.
  2. Arbutin, merupakan turunan dari hidrokuinon yang efektif untuk mengatasi hiperpigmentasi pada kulit. Banyak digunakan karena tidak mempunyai efek samping jika dibandingkan dengan pemakaian hidrokuinon.
  3. Witch Hazel, ekstrak tanaman yang mampu mengatasi jerawat pada wajah, menghambat produksi minyak berlebih, dan mengecilkan pori-pori di wajah.

Selain ketiga kandungan tersebut, toner ini juga punya kandungan lain seperti niacinamide dan beberapa ekstrak. Secara umum, toner ini berfungsi menyegarkan dan membantu mengangkat sel kulit mati sehingga kulit tampak segar dan cerah.

Tekstur, Wangi, dan Warna: karena bentuknya spray, toner ini mempunyai tekstur yang cair seperti air. Dia ada kandungan fragrance, jadi saat menyemprotkan face mist sebaiknya tutup mata, katupkan area bibir ke dalam, baru semprotkan. Jangan tarik napas juga saat disemprot karena wanginya akan langusung masuk ke hidung dan membuat kurang nyaman.

Rasanya dan Efeknya di Kulit: saat toner ini disemprotkan ke wajah, rasanya cukup nyaman karena sprayer-nya tidak terlalu keras, cairannya juga tidak terasa menampar wajah. Sensasi yang aku rasakan adalah wajah terasa dingin sesaat, kemudian terasa segar. Untuk efek melembabkannya sendiri akan lebih terasa jika kita semprotkan cairan terlebih dahulu ke kapas, baru taruh kapas di wajah menggunakan teknik CSM. Aku pribadi sih tetap lebih senang dengan cara semprot karena lebih praktis.

Cara Pakai: ada beberapa cara pemakaian toner ini. Cara pertama adalah menyemprotkannya langsung ke wajah. Dengan cara ini, wajah akan mendapatkan efek segar. Cara kedua adalah menyemprotkan ke kapas, lalau usap ke wajah. Cara ini digunakan kalau teman-teman ingin mengangkat sel kulit mati. Cara terakhir adalah dengan metode raup atau CSM, kalau teman-teman ingin merasakan kelembabannya. Mengingat adanya kandungan parfum pada toner ini, aku pribadi lebih nyaman menggunakan cara pertama karena lebih praktis dan nyaman  Toner ini digunakan pagi dan malam hari setelah memakai facial wash.

Harga: sedang diskon dari Rp 114.000,- menjadi Rp 75.000,- bisa di beli di sini.

TINKA WHITE MOIST DAY CREAM

Sekarang kita masuk ke moisturizer. Ada 2 (dua) pelembab dari Tinka, yaitu day cream untuk pagi dan night cream untuk malam hari. Untuk day cream-nya sendiri, kemasannya sendiri seperti pelembab pada umumnya, berbentuk jar. Informasi produk tertera pada bagian belakang kemasan, karena dia hadir tanpa kotak jadi silakan kalau teman-teman ingin baca. Mungkin 1 (satu) hal, karena informasi yang perlu disampaikan banyak dan tempat menaruhnya sedikit, tulisan jadi terlalu kecil untuk dibaca. Dengar-dengar sih mereka akan buat kemasan baru, semoga tulisannya semakin besar, ya!

Mari kita masuk ke ingredients-nya. Pelembab ini punya beberapa kandungan utama, yaitu:
  1. Niacinamide: berfungsi melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam, dan mencerahkan kulit.
  2. Salicylic Acid: kandungan aktif yang berfungsi membantu mengobati jerawat. 
  3. Mucin: merupakan lendir dari siput yang bermanfaat bagi segala jenis kulit. 
  4. Licorice Extract: berfungsi mengatasi kulit radang dan gatal serta memperbaiki hiperpigmentasi pada kulit.
Selain dari kandungan di atas, day cream ini juga punya kandungan-kandungan lain yang bisa teman-teman cek di ingredients list. Fotonya aku sertakan di atas, jadi teman-teman bisa lihat, ya.


Tekstur, Wangi dan Warna: pelembab ini punya tekstur krim kental yang lumayan moussy. Sebenernya teksturnya cukup unik, karena aku jarang menemukan pelembab dengan tekstur seperti ini. Wanginya lumayan terasa, untungnya saat diaplikasikan dia berangsur-angsur menghilang. Cream ini berwarna putih, saat diratakan akan menyerap.

Rasa & Efeknya di Kulit: Saat diaplikasikan ke wajah, sebetulnya rasanya cukup nyaman karena dia ringan. Sayangnya, krim ini terasa seret saat diratakan. Aku sudah coba akali menggunakan face oil, menjadi lebih mudah saat diusap tetapi tetap sulit merata. Warna putih pada krim seperti back and forth dan tidak kunjung terserap.  Alhasil, wajahku yang sensitif dengan gosokan ini memerah karena terus-terus mengalami gosokan. Dia baru akan menyerap kalau digosok dengan kencang menggunakan telapak tangan. Akhirnya, aku pakai day cream ini di area tangan saja, supaya produknya masih bisa digunakan. Mungkin, this product is my least favorite from all ya.

Harga: sedang diskon dari Rp 129.000 menjadi Rp 85.000, bisa dibeli di sini.

TINKA LUMINOUS WHITENING NIGHT CREAM 

Produk terakhir yang akan ku-review adalah night cream-nya. Night cream ini punya kemasan yang sama dengan day cream, hanya beda di tulisan saja. Informasi produk juga semuanya tertera di badan jar, jadi teman-teman bisa mempelajari. Sama dengan day cream, tulisan yang tertera menurutku terlalu kecil, semoga di kemasan baru nanti jadi lebih besar, ya. Meski kemasan sama, tetapi secara tekstur mereka berdua sangat berbeda jauh. Aku akan jelaskan lebih lanjut.

Ada 4 (empat) kandungan utama dari produk ini, yaitu:
  1. Niacinamideberfungsi melembabkan kulit, mengatasi jerawat, menyamarkan noda hitam, dan mencerahkan kulit.
  2. Allantoin: mampu menghidrasi kulit dan menenangkan kulit, bersifat anti inflamasi.
  3. Aloe Vera: memberikan kelembaban pada kulit. 
  4. Licorice Extract: berfungsi mengatasi kulit radang dan gatal serta memperbaiki hiperpigmentasi pada kulit.
Keempat produk tersebut memberikan beberapa manfaat bagi kulit, seperti melembabkan dan memberi nutrisi pada kulit, mengurangi hiperpigmentasi, membuat wajah tampak segar dan glowing. Ingredients lain bisa teman-teman lihat pada foto di atas yang aku sertakan.


Tekstur, Wangi, dan Warna: menurutku moisturizer ini teksturnya cukup unik, rich seperti cleansing balm. Aku pribadi tidak ada masalah dengan teksturnya, hanya saja kalau teman-teman pegang, teksturnya ini lumayan pekat jadi aku punya cara pakai sendiri yang mungkin bisa teman-teman coba jugaa. Untuk wanginya sendiri wangi khas parfum pada skincare, untungnya saat diaplikasikan cepat hilang jadi tidak terlalu mengganggu. Warnanya putih, tetapi saat diratakan menjadi bening jadi tidak terlihat putih di wajah.

Rasanya di Kulit: saat pertama kali mengaplikasikan produk ini, aku menaruhnya langsung di kulit, lalu aku ratakan. Dengan cara seperti ini, wajah rasanya jadi lumayan berat dan lengket. Akhirnya, aku mencoba pakai cara lain supaya terasa nyaman di wajah, yaitu dengan cara: taruh 1-2 scoop di telapak tangan, gosok, lalu tekan-tekan ke wajah. Dengan cara ini, rasanya lebih nyaman dan lembabnya jadi pas, tidak terasa terlalu berat juga.

Efeknya di Kulit: dengan cara yang tepat, aku merasa kulitku betul-betul lembab. Kalau aku sedang pakai pelembab ini, aku tidak pakai produk hydrating lain (misalnya serum, ampoule, atau sleeping mask) karena dia sendiripun sudah melembabkan. Jadi aku pakai dengan urutan, face wash, toner, dan night cream saja. Night cream ini cocok untuk teman-teman yang pingin pakai simple skincare untuk kegiatan sehari-hari.

Harga: sedang diskon dari Rp 135.000 jadi Rp 90.000. Bisa dibeli di sini.

Kesimpulan: dari keempat produk yang ada, favoritku adalah toner-nya karena bentuknya yang spray, bisa digunakan sebagai face mist juga. Sabun wajah dan krim malamnya juga nyaman digunakan, jika menggunakan cara yang tepat. Untuk day cream-nya, aku pribadi memilih pakai ini di badan saja, karena wajahku sensitif dengan gosokan.

Thank you for Reading!
tags: Tinka Beauty Care Review, Review Tinka, Tinka Skincare Review, Review Tinka Whitening Series, Tinka Whitening Review, Tinka Official Review, Tinka Beauty Care Whitening Face Series, Tinka Whitening Series Review

You May Also Like

17 comments

  1. Wah pas banget buat wajahku yang lagi cari whitening face yang cocok ❤ thnksyou reviewnya ka๐Ÿ’• harganya terjangkau ๐Ÿ’–

    ReplyDelete
  2. Kalo udah niacinamide dan arbutin bersatu, hasil nya pasti no kaleng² bisa memudarkan bekas jerawat, mencerahkan sama meratakan warna kulit. Naksir facial foam sama toner nya๐Ÿค toner nya cocok bgt buat aku yg gamau ribet tinggal semprotin ke wajah tapi kalo mau hasil maksimal bisa 2 layer dituangin di kapas kayak kak lisa. Thank you kak๐Ÿ’™

    ReplyDelete
  3. Idk why...sukak banget sama penjelasannya kk Lisa!�� Buat aku yang kulitnya cenderung kusam dan oily kayaknya cocok pake ini. Dari dulu lagi nyari facemist/toner yang cocok dan mencerahkan..semoga cocok di kulit aku. Thx u kk��

    ReplyDelete
  4. Aww review nya bagus bgt jadi penasaran pen coba๐Ÿ˜๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  5. Wahh day cream nya ada kandungan mucin nya juga๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  6. Penasaran banget , krimnya formulanya juga ringan ya kak jd mudah meresap๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  7. Keren bgt sih produknya udah aman untuk semua jenis kulit ��

    ReplyDelete
  8. Wahh key ingredientsnya bagus dan pastinya aman untuk semua jenis kulit, ibu hamil, ibu menyusui, dan remaja usia 13 tahun ke atas juga bisa pakai donggg���� suka banget rivewnya lengkap bangett❤️

    ReplyDelete
  9. Mantap bgt ingredients nya๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  10. Baru denger sama brand ini, salfok sama motif di produknya ih lucu banget

    ReplyDelete
  11. Mantaps banget review-nya lengkaaapp banget. Ku jd penasaran sama face mist-nya huhu

    ReplyDelete
  12. Wahh local brand sekarang makin banyak pilihan yang menarik and btw harganya lumayan terjangkau.

    ReplyDelete
  13. toner spray ini unik juga ya, aku belum pernah make. pasti lebih seger deh rasanya dari toner yang cara pakainya ditaptap? ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  14. aku suka banget konsep brand yang keluarin basic skincare gini, lebih penting biar gak cuma fokus ke treatment/serum aja ๐Ÿ˜

    ReplyDelete
  15. Aku lagi proses coba ini, untuk 3 hari pemakaian aku suka banget! Semoga cocok sama semua produknya even agak deg-deg an cobanya karena kulitku masuk masa-masa sennsitif.

    Gak sabar coba night creamnya, kayaknya Tinka harus reformulasi konsistensi produknya juga nih :') biar lebih terasa humectant tapi tetep rich enough buat melembapkan ya.

    ReplyDelete
  16. Duh ingredient nyaa mantul bgt sih ini ka ๐Ÿ˜ญ jadi penasaran poll pengen cobain
    Thankyou ka ell buat reviewnya nya bermanfaat banget ๐Ÿ’–๐Ÿค—

    ReplyDelete
  17. Packaging nya cukup menarik nihh๐Ÿ˜ toner nya unik banget bentuknya spray gitu jadi gampang buat dipakenya๐Ÿ˜™

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L