MoRR Beauty Moringa Series Review | Skincare Berbahan Dasar Daun Kelor?

by - June 01, 2021

Aaaaa! I’m super excited to review these products! Alasannya, selama pemakaian kurang lebih 3 (tiga) mingguan ini hampir semua produknya cocok dan nyaman di kulitku. Selain itu, kemasan dari produk mereka itu eye-catching banget, warna jingga loh yang dipakai. Nah skincare yang akan kubahas kali ini adalah dari MoRR, brand yang baru saja lahir di awal tahun 2021 ini. Meski baru, tenang. Semua produk-produk yang mereka keluarkan tentunya sudah mendapat sertifikat BPOM, halal, tanpa paraben, dan tanpa hidrokuinon. 

Seri pertama yang mereka keluarkan adalah Moringa Series, terdiri dari facial wash, balancing toner, nourishing cream, dan miracle oil. Keempat produk ini menggunakan kandungan yang unik, yaitu Moringa alias daun kelor sebagai bahan utamanya. Ada yang bertanya,

‘Daun kelor emang ada manfaatnya ya buat kulit?’ 

Ada dong guys! Moringa atau daun kelor punya banyak fungsi, seperti memperlambat penuaan, mengencangkan kulit, menghilangkan flek, meratakan warna kulit, mencegah dan membantu melawan timbulnya jerawat. Kalau disimpulkan, moringa punya fungsi umum untuk anti-aging. Selanjutnya, aku bakal bahas satu per satu bagaimana produknya bekerja di kulitku. Mari disimak!

- MoRR Moringa Facial Cleanser -

Yang tentunya aku akan bahas pertama adalah facial cleanser alias sabun wajah. Sabun wajah ini punya kemasan yang clean and sleek, tapi tetap colorful. Aku suka dengan keputusan MoRR menggunakan warna orange atau jingga pada kemasannya yang berbentuk tube, pilihan warna yang sangat unik! Informasi yang tertera di kemasan juga lengkap, seperti kandungan, cara pakai, fungsi, peringatan, tanggal kadaluwarsa, nomor BPOM, dan informasi lainnya. Oh ya, kalau aku dapat produk ini tanpa kotak kemasan, untungnya semua informasi sudah ada di tube-nya jadi ga terlalu masalah.

Mari kita bahas fungsi dan kandungannya. Facial wash ini berfungsi membantu menghilangkan polusi, debu, makeup, dan kotoran. Ia juga membantu mengangkat sel kulit mati. Nah, meski dia bisa menghilangkan makeup, aku tetap pakai first cleanser sebelum menggunakan ini agar wajah lebih bersih.

Sesuai namanya, kandungan yang menjadi bintang pada produk ini adalah Moringa alias daun kelor (moringa oleifera seed oil). Selain dari moringa, facial wash ini juga punya kandungan lain seperti ekstrak teh (camellia sinensis leaf) dan centella asiatica untuk antioksidan, tocopherol alias Vitamin E untuk mencegah penuaan, stearic acid untuk membersihkan pori-pori dan minyak berlebih, serta kandungan lain yang baik untuk kulit. Aku juga melihat ada kandungan cetearyl alcohol, yang merupakan alkohol baik untuk kulit. 

Produk ini mengandung fragrance atau parfum, tetapi sejauh aku mencium wanginya tidak mengganggu sama sekali, cenderung lembut dan relaxing. Dia juga ada kandungan SLS, kandungan yang mungkin sering jadi perdebatan banyak pihak. Sebetulnya SLS tidak berbahaya, hanya saja dia punya kemampuan mengangkat minyak jadi mungkin akan membuat wajah sebagian orang kering setelah cuci muka. Aku bakal bahas di bawah bagaimana experience-nya di kulitku.

Mari masuk ke recap review. Seperti biasa, aku akan bahas masing-masing mengenai tekstur, wangi dan warna, rasanya di kulit, efeknya di kulit, cara pemakaian, dan harga. 

Tekstur: sabun wajah ini mempunyai tekstur krim berwarna putih. Seperti paste, tapi tidak di tengah-tengah antara cair dan kental. Aku pribadi suka-suka saja dengan tekstur face wash seperti ini, karena aku juga sebetulnya lebih sering pakai sabun wajah yang teksturnya cream dibanding gel ataupun foam

Wangi dan warna: produk MoRR semua wanginya enak-enak deeeh! Dia ini wanginya seperti tanaman, tapi ada manis-manisnya jadi kaya wangi sampo dan sabun di hotel-hotel mahal gitu, lho guys. Di hidung aku yang sensitif dia gak ganggu sama sekali karena wanginya lembut dan relaxing. Warna cream-nya putih. 

Rasanya di Kulit: oke, saat cream diberikan air, dia menghasilkan busa yang pekat dan lumayan banyak. Saat ditaruh di wajah rasanya juga enak, dingin-dingin dan lumayan nyaman. Yang agak peer adalah saat membilasnya, karena dia ini kan tipe busa yang pekat jadi kadang masih ada sisa-sisa yang menempel di wajah dan harus dibilas lagi. Asalkan kita sabar dan telaten, sabun ini enak kok saat dipakai. Oh ya, setelah selesai cuci muka tidak ada rasa kering atau ketarik, hanya saja ada bunyi kesat di kulit. Bunyinya itu kaya piring yang kalau habis dicuci terus digosok pakai jari, teman-teman yang suka cuci piring mungkin tau bunyi itu. 

Efeknya di Kulit: so far selama pemakaian hampir 3 (tiga) minggu sih tidak ada efek negatif dari penggunaan facial wash ini. Kulit lebih terasa bersih dan fresh. Tidak ada efek ketarik atau gatal atau perih juga, terasanya normal. Asal gak bikin kering sih aku seneng, hehe.. 

Cara Pemakaian: aku pakai facial wash ini pagi dan malam, setelah memakai first cleanser. Caranya tinggal tuang ke telapak tangan sebesar kacang polong, taruh air sedikit lalu gosok. Ketika sudah berbusa, taruh di wajah, usap perlahan lalu bilas hingga bersih.

Harga: Rp169.000,- bisa dibeli di Sociolla.

- MoRR Moringa Balancing Toner -

Selama aku terjun di dunia per-skincare-an, aku hanya mengenal 2 (dua) jenis toner, yaitu hydrating toner dan exfoliating toner. Nah ternyata, ada 1 (satu) jenis lagi yang merupakan kombinasi dari keduanya, yaitu balancing toner. Fungsi utama balancing toner sendiri adalah untuk menyeimbangkan pH wajah. Selain itu, seperti pada MoRR Moringa Balancing Toner, ada fungsi-fungsi lain pada toner sesuai dengan kandungannya.
 
Aku suka banget sama kemasannya! Dia ini model kemasan pump, jadi memudahkan kita untuk mengeluarkan produknya (tinggal pencet pump pakai kapas terus cairannya keluar deh). Warna kemasan juga cantik, didominasi warna orange dan putih. Toner ini tidak ada kotaknya, untungnya semua informasi produk sudah tertera di kemasan jadi aman.

Mari kita bahas fungsi dan kandungannya. MoRR Moringa Balancing Toner merupakan toner yang berfungsi menutrisi dan mencerahkan kulit. Selain itu, ia juga bisa membantu mengontrol minyak berlebih di wajah dan menjaga kulit tetap halus. Ada juga beberapa kandungan yang bagus untuk melembabkan kulit. 

Nah, sebagai sebuah balancing toner, manfaat serta kandungan yang perlu aku highlight adalah:
  1. Mencerahkan kulit dan antioksidan: niacinamide, Tocopherol
  2. Melembabkan dan menenangkan kulit: Butylene Glycol, Hydrogenerated Castor Oil, Allantoin, dan Panthenol.
  3. Anti-Aging: Retinol
  4. Mencegah jerawat: AHA (Glycolic Acid)
Bisa teman-teman lihat, toner ini punya banyak manfaat. Menurutku dia ini toner serbabisa, kalau teman-teman malas pakai 2 (dua) toner dengan fungsi berbeda, bisa pakai ini saja karena dalam 1 (satu) produk mengandung keduanya. Yang perlu aku infokan, produk ini mengandung retinol, jadi aku kurang merekomendasikan ini bagi ibu hamil dan menyusui. Nah aku sempat tanya, mengenai actives pada produk ini. Dari MoRR menyatakan bahwa AHA dan Retinol yang digunakan kurang dari 1%. Jadi ini juga bisa dijadikan pilihan bagi teman-teman pemula yang baru mau coba exfoliating.

Tekstur: cair dan runny, persis seperti air. Aku suka dengan teksturnya, apalagi dengan kemasan seperti ini, cocok banget. Untuk apply di kulit juga gampang, tinggal taruh kapas di pump, tekan beberapa kali, air langsung ada di kapas dan tinggal usap.

Wangi dan warna: jujur, aku suka banget sama wanginya! Andai ada parfum dengan wangi begini, pasti bakal enak banget dan akan aku beli. Oh ya, dia ini ada kandungan parfumnya di ingredients list, aku infokan agar bisa jadi bahan pertimbangan untuk teman-teman. Di aku pribadi sih wanginya cocok, padahal hidung aku tergolong sensitif sama bebauan. Wanginya manis, tapi gak berlebihan jadi enak banget. Warna cairannya juga bening.

Rasanya di Kulit: ketika diaplikasikan, dia bikin kulit terasa dingin dan segar. Aku juga merasa dia lumayan bikin lembab tapi gak ada rasa lengket atau greasy sama sekali. Meski mengandung AHA dan Retinol, aku gak merasa wajah cekit-cekit, gatal, ataupun tingling.

Efeknya di Kulit: sejauh pemakaian 3 (tiga) minggu, aku merasa cocok pakai toner ini. Dia seperti toner multifungsi, exfo iya, hydrate iya. Namun kemampuan exfo-nya masih di tahap ringan, jadi akan cocok untuk pemula. Setiap habis pakai aku merasa wajah terasa fresh dan lembab.

Cara Pakai: aku pribadi dengan kemasan seperti ini lebih senang menggunakan kapas. Tekan kapas ke pump, lalu usap ke wajah dan leher. Bisa digunakan pagi dan malam hari.

Harga: Rp179.000,-, bisa dibeli di Sociolla.

- MoRR Moringa Miracle Oil -

Produk ini fotonya paling banyak di antara yang lain. Alasannya? Selain karena botolnya yang cantik, produk ini adalah yang paling aku suka dari 1 (satu) rangkaian! Bahkan menurutku, dia salah satu face oil terenak dari kumpulan face oil yang pernah aku coba. Kecil-kecil cabe rawit deh produk ini! Sesuai namanya Miracle Oil, face oil ini benar-benar miracle dalam skincare routine-ku.

Sama seperti produk MoRR lain, face oil ini juga berwarna orange, tetapi dengan shade yang lebih tua. Kemasannya berbentuk tinggi kurus, mempunyai pipet dan terbuat dari plastik, jadi kalau tersenggol tidak akan takut pecah. Informasi produk terdapat pada kemasan kotaknya, jadi kalau teman-teman mau mempelajari ingredients list-nya, pastikan untuk kotaknya tidak dibuang, ya.

Mari kita lihat fungsi dan ingredients-nya. Face oil ini berfungsi untuk melembabkan wajah dan mengurangi garis-garis halus. Dia juga membantu melawan dan menghilangkan bekas jerawat menghitam di wajah. Kalau kita lihat, manfaat tersebut tidak terlepas dari kandungan-kandungan yang dimiliki face oil ini, seperti ekstrak kelapa, ekstrak moringa, ekstrak kunyit (turmeric), ekstrak chinaberry, ekstrak alga merah (coralina officinalis), ekstrak holy basil, dan kandungan-kandungan lain. 

Tekstur: face oil ini termasuk jenis oil yang dry, jadi teksturnya lebih cair, ringan, dan mudah menyerap. Aku pribadi adalah penyuka dry face oil karena di kulit rasanya lebih tidak greasy dan lebih ringan. Teksturnya runny, seperti air dan tidak terlalu terasa berminyak, bahkan termasuk cepat kering sehingga gak meninggalkan sisa residu berminyak di wajah dan tangan. Sukaa!

Wangi dan warna: kalau biasanya face oil mempunyai wangi yang khas, face oil ini tidak ada wanginya sama sekali saat ditaruh di wajah. Paling ada sedikit wangi-wangi minyak sayur kalau kita dekatkan hidung kita ke botol, tapi kalau di wajah sih ga berasa wangi apapun. Untuk warnanya sendiri dia berwarna kuning muda, tetapi saat dibaurkan menjadi bening. 

Rasanya di kulit: parah, aku suka banget! Awal-awal aku pakai ini, aku taruh dulu di tangan, baru tepuk-tepuk ke wajah. Rasanya benar-benar ringan, tidak berminyak sama sekali dan langsung menyerap. Dia benar-benar ga meninggalkan rasa oily, malah aku merasa kulitku terasa velvety dan lembut. Aku juga mencoba jika si oil langsung ditaruh di wajah, mana tahu jadi berasa minyakannya. Ternyata.... tetap ga berasa minyakan dong. Keren banget formulanya!

Efeknya di Kulit: betul-betul bikin kulit lembab dan lembut. Wajah terasa velvety dan lembab, tapi gak berasa oily sama sekali.  Padahal ini face oil, loh! Kulit juga jadi terasa plumpy dan glowing, serasa glowing dari dalam dan ga too much.

Cara Pakai: setelah menggunakan toner, taruh secukupnya face oil di telapak tangan, lalu usapkan ke wajah dan leher. Aku biasa pakai 3-5 tetes, ini sesuai dengan selera aja ya berapa banyaknya. Nah kalau teman-teman lihat, urutan pemakaianku adalah face wash - toner - face oil - moisturizer. Aku awalnya bingung, kenapa dari MoRR menyarankan pakai face oil ini dulu baru si moisturizer? Ternyata ada alasannya. Bakal aku jelasin di bagian terakhir.

Harga: Rp229.000,- bisa dibeli di Sociolla. Harganya memang lumayan, tapi mengingat kualitasnya yang super bagus, worth to buy menurutku.

- MoRR Moringa Nourishing Cream -

Ini adalah produk terakhir yang aku review dari rangkaian Moringa. MoRR Moringa Nourishing Cream, merupakan pelembab atau krim wajah yang ringan, fungsinya untuk memberikan hidrasi optimal pada kulit. Secara kemasan dia seperti pelembab pada umumnya, berbentuk jar dengan tutup tipis di bagian dalamnya. Informasi produk terdapat pada kotak kemasan, jadi pastikan untuk tidak membuang kotak kalau ingin membaca ingredients-nya.

Ini dia untuk ingredients list-nya. Kandungannya cukup banyak, beberapa hampir sama dengan kandungan di produk lain seperti niacinamide, allantoin, moringa seed oil, dan tocopherol. Produk ini juga mengandung fragrance atau parfum, dan memang si cream ini yang wanginya paling kuat di antara yang lain.

Tekstur: cream ini teksturnya lumayan kental dan pekat. Kalau ditaruh di atas kulit yang kering, agak sulit untuk diratakan jadi harus sabar dan pelan-pelan. Supaya lebih mudah diratakan pun harus pakai agak banyak. Nah, itulah sebabnya dari MoRR menyarankan untuk pakai face oil dulu baru pakai moisturizer ini, karena ketika ditaruh di atas face oil, dia jadi lebih glides on smoothly

Wangi dan warna: produk ini yang wanginya paling kencang di antara yang lain. Sebetulnya sih mungkin bagi yang hidungnya terbiasa dengan wewangian, akan biasa saja dengan wanginya. Namun, karena hidungku sensitif, aku merasa kurang srek jadinya. Wanginya seperti wangi sabun varian bunga, dan lumayan bertahan lama di kulit. Setelah aku coba dengan berbagai metode, wangi tersebut akan jauh lebih lembut kalau si cream ditaruh di atas face oil. Jadi, memang harus pakai face oil dulu baru cream ini. 

Nah untuk warnanya sendiri, dia berwarna putih jadi memang agak whitecast (kulit naik 1 tingkat lebih cerah). Karenanya, aku pribadi lebih senang pakai di malam hari ketimbang pagi, karena memang aku pribadi jarang pakai produk yang punya fungsi tone up.

Rasanya di Kulit: oke, produk ini memang agak tricky, apalagi kalau teman-teman tipe yang jarang baca ‘cara pakai’ sepertiku. Awal aku pakai ini, aku pakai dengan urutan face wash, toner, cream, face oil. Cream ini cukup sulit saat diratakan, karena teksturnya kental sehingga butuh kesabaran untuk bisa rata sewajah. Pakainya pun harus lumayan banyak supaya gak seret. 

Aku juga coba pakai cara scrambled oil. Jadi, aku campurkan cream dengan face oil, lalu taruh di wajah. Aku pribadi kurang cocok memakai 2 (dua) produk tersebut dengan cara ini karena kulit malah terasa gatal. Aku lebih cocok pakai mereka masing-masing.

Akupun akhirnya membaca dengan lebih seksama cara pakainya. Ternyata, pakai face oil dulu, baru cream. Akhirnya aku coba, dan.... hasilnya jauh lebih bagus. Diratainnya lebih mudah. Wanginya juga ga sekencang biasanya. Memang harus ada base yang oily dulu baru enak ratain cream ini! Ah, my bad aku terlambat sadar. Mesti rajin-rajin baca dan ikuti petunjuk, hehe.

Efeknya di Kulit: sesuai fungsinya, aku merasa kalau produk ini melembabkan tanpa meninggalkan rasa greasy di wajah. Daya serapnya cukup cepat, 1-2 menit taruh langsung menyerap sempurna.

Cara pakai: seperti yang aku ulang-ulang barusan, pakai face oil dulu baru cream-nya. Cara ini cara terbaik bagi kulitku yang kering supaya produk ini lebih enak dipakai. Boleh dipakai pagi dan malam, kalau aku pribadi suka pakai ini di malam hari.

Harga: Rp259.000,-, bisa dibeli di Sociolla.

Kesimpulan: aku suka dengan rangkaian ini! Dari keempat produk, favoritku tentunya si face oil. Aku juga cukup suka dengan face wash dan toner-nya karena mereka bekerja sesuai fungsinya. Untuk cream, dia enak dipakai jika menggunakan cara yang tepat. Kalau teman-teman ingin beli 1 (satu) rangkaian bisa juga, tinggal klik link ini.

Tertarik untuk coba produk-produk MoRR? Yang mana yang teman-teman ingin coba? Tulis di kolom komentar ya.

Thank you for Reading!
tags: Morr Moringa Review, Morr Beauty Review, skincare daun kelor, skincare berbahan dasar daun kelor, skincare berbahan dasar moringa, Skincare Berbahan Daun Kelor Jadi Tren Kecantikan, skincare moringa

You May Also Like

27 comments

  1. duh aku naksir banget ini sama warna packagingnya deh, warna orangnya beneran cerah dan eye catching banget yaaa, apalagi moringa, ku suka banget sama wanginya nih

    ReplyDelete
  2. pertama lihat desainnya dan warnanya langsung suka banget, warna peachnya lembut dna menarik banget. terus desainnya travel friendly banget jadi pengen beli deh

    ReplyDelete
  3. daun kelor ternyata manfaatnya banyaak ya mba dan aku jadi tertarik juga untuk memcobanya niiih

    ReplyDelete
  4. harganya Rp. 259ribu itu sepaket apa cuma satu-satu? Molly kayaknya kurang cocok sama facial washnya. Wajah di musim panas kan suka jadi kering, kalo ada SLS bertambah kering dong nanti. :(

    ReplyDelete
  5. Wah,menarik banget nih skin care berbahan dasar daun kelor, kayaknya belum pernah ada deh.

    ReplyDelete
  6. Aku juga suka banget liat packagingnya dan pemilihan warnanya ini emang tepat karena bikin packaging jadi lebih eye catching.

    ReplyDelete
  7. aku naksir sama tonernya :) suka sama pumpnya hehee btw skincare dengan kandungan moringa mulai marak ya sekarang

    ReplyDelete
  8. aku suka nih sama skincare yang wadahnya simpel2 gini dan tonenya hangat dengan dua kombinasi warna. simpel, ga aneh2. yang penting produknya bagus aja deh buat wajah kita yaa

    ReplyDelete
  9. suka banget sama kemasannya. tonernya juga punya packaging yang oke banget nih. kandungannya juga bikin penasaran banget. lengkap!

    ReplyDelete
  10. Dari warna packaging aja udah kelihatan seger banget el! Aku penasaran sama cleansernya deh.

    ReplyDelete
  11. Waah aku baru tau brand skincare ini, unik banget yaa ingredients-nya dari daun kelor

    ReplyDelete
  12. jadi bahan dasarnya moringa atau daun kelor ya? hmm menarik, aku belum pernah coba skincare berbahan dasar ini

    ReplyDelete
  13. Wah aku juga baru mengenal balancing toner mbak? Jd kyknya ini cocok2 aja dipakai semua jenis kulit ya?
    Suka sama kemasan keseluruhan produknya
    Baru tau daun kelor pun bisa dibikin sebagai bahan skincare yang ampun mempercantik kulit :D

    ReplyDelete
  14. Packagingnya fresh banget ya, bikin mood ceria. Aku suka packaging toner pump itu keliatan exclusive yah.

    ReplyDelete
  15. Lengkap banget dan yampun kemasannya gemes! Aku suka warnanya cerah dan kekinian juga ya. Resultnya juga baguuus di kulitmu.

    ReplyDelete
  16. Aku juga tertarik face oilnya mba jadi pengen cobain juga ah baru tau long tentang moringa ini bisa untuk skincare taunya buat lancarkan ASI hehe

    ReplyDelete
  17. Uuh...cantik banget, kak.
    Keliatan banget hasil before and afternya. Kemasannya pun oks banget yaa..cerah ceria menyenangkan.

    ReplyDelete
  18. Wow, biasanya saya menggunakan daun kelor utk masakan di rumah. ternyata berkhasiat juga ya untuk membuat kulit lebih cantik :D

    ReplyDelete
  19. Suka lihat packagingnya warna orange dan yg paling penasaran aku mau coba Face oilnya

    ReplyDelete
  20. Kemasannya udah bikin penasaran bgt ini produknya, dan kandungan moringa bkin kepo

    ReplyDelete
  21. kemasannya seger banget tapi masih penasaran sama tonernya yang kombinasi kira-kira aman buat setiap hari gak, ya?

    ReplyDelete
  22. Cantik bgt packagingnya terutama balancing tonernya. Manfaat daun kelor ternyata banyak yaah

    ReplyDelete
  23. awesome! Dari segi packaging aja udah bagus dan lucuk banget hiks hiks...dari penjelasan kk Lisa jadi antusias pengen nyobain face olinya..hasilnya so wonderful! Thx u fo information kk Lisa!����

    ReplyDelete
  24. Cocok juga nih buat yg punya kulit dry skin😍

    ReplyDelete
  25. Detail banget penjelasannya , penasaran sama tonernya 😍

    ReplyDelete
  26. Duhh bikin penasaran bgt sih ka produknya morr beauty ini menarik bgt buat dicoba 😍 thankyou ka buat reviewnya bermanfaat banget πŸ™

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L