Basicskincare Superfood Body Oil Serum Review | Body Oil yang Mengandung Spirulina?!

by - May 06, 2021

 Kalau teman-teman sering melihat foto-fotoku saat me-review skincare, teman-teman mungkin sadar bahwa aku sangat mengandalkan cahaya matahari langsung di setiap foto. Alasanku, cahaya matahari bikin foto keliatan lebih lively dan berwarna. Namun, satu konsekuensi yang harus aku ambil adalah kulit tangan dan kaki yang semakin belang. Meskipun aku sering menggunakan baju lengan tangan panjang, terkadang aku pun sering lupa dan menggunakan baju lengan pendek sehingga akhirnya terjemur oleh matahari. Sunscreen untuk badan pun sering lupa kugunakan (jangan ditiru!) sehingga kulit tubuh semakin belang saja. Aku tersadar, ‘ah, aku harus mulai melakukan perawatan badan nih. Jangan hanya wajah saja yang dirawat!’ Akupun mulai rutin menggunakan body lotion setiap malam sebelum mau tidur. Juga pakai sunscreen sebelum mengambil foto. 

Nah sekitar 2 (dua) mingguan lalu, aku berkenalan dengan sebuah clean beauty brand baru bernama basicskincare. Produk yang mereka keluarkan pada saat launching adalah Superfood Face Oil Serum dan Superfood Body Oil Serum. Dua produk ini mengandung spirulina, bahan yang ternyata cukup jarang digunakan sebagai kandungan skincare. Menarik! Akupun berkesempatan mencoba body oil serum-nya yang dengar-dengar best known as exfoliating and brightening oil serum dan sekarang mau update ke teman-teman review-nya bagaimana. Yuk!

Kemasan kotak dari body oil serum ini mengingatkanku pada pantai. Yes, dia beach vibes banget ga, sih? Desainnya berwarna pink, putih, dan hijau dengan gambar laut di sisi kanan dan kirinya. Ga heran sih, ternyata brand mereka itu Bali based jadi vibe-nya memang Bali banget! Bentuk kotaknya juga unik, ternyata cara buka kemasannya dari bawah seperti kotak kado (bukan dari atas ya... aku sempat salah).

Botolnya berbentuk tinggi langsing layaknya serum wajah. Aku suka dengan desainnya yang simpel dan bersih. Cara menggunakannya juga mudah, tinggal putar botol lalu tekan pipet bagian atas, produk akan masuk ke pipetnya. Sayang, terkadang agak sulit untuk produknya tersesap full ke pipetnya, jadi harus ambil beberapa kali saat sedang menggunakan. Bukan masalah besar kok sebenarnya, hehe. Oh ya, pada kemasan botol terdapat informasi seperti kandungan, cara penggunaan, juga tanggal kadaluwarsa. Informasi lain terdapat pada kotak kemasan, jadi teman-teman bisa cek.

Mari kita bahas kandungannya. Basicskincare Superfood Body Oil Serum ini mempunyai kandungan utama spirulina. Apa itu? Ya, spirulina adalah tanaman ganggang berwarna hijau-kebiruan yang hidup di air laut dan air tawar. Karena mengandung banyak manfaat, tanaman ini banyak diolah dan dijadikan suplemen kesehatan. Nah untuk skincare sendiri, sejauh yang kutahu baru ada masker spirulina, aku belum menemukan varian skincare lain yang menggunakan bahan ini. Basicskincare sepertinya merupakan yang pertama menggunakan spirulina untuk varian body oil serum, bahannya pun  dipanen secara fresh oleh petani lokal sebelum melewati proses selanjutnya. Keren! 

Nah, selain spirulina, body oil serum ini mengandung 9 (sembilan) bahan aktif lain seperti yang tertera pada ingredients yang mempunyai banyak manfaat pada kulit sehingga disebut superfood! Ada 3 (tiga) ingredients yang menjadi kunci:

  1. Spirulina: melindungi skin-barrier, memperbaiki kondisi kulit, dan melembabkan kulit.
  2. Lactic Acid 10%merupakan kandungan yang berfungsi mengeksfoliasi kulit sehingga dapat lebih cepat mencerahkan kulit yang kusam.
  3. Licorice, Lemon: untuk mencerahkan kulit.

Selain 3 (tiga) key ingredients di atas, ada juga ingredients lain dari buah-buahan atau tanaman  seperti Cranberry Extract, Curcuma Extract, Lemon Extract, Grapeseed Oil,  Citrus Oil, dan Basil Oil yang berfungsi untuk menutrisi kulit dan antioksidan sehingga kulit akan tampak muda.

Sebagai sebuah clean beauty brand, basicskincare menggunakan bahan-bahan yang vegan dan menjauhkan bahan-bahan yang dipertanyakan untuk kebaikan kulit (hazy ingredients). Selain itu, mereka ternyata memberikan 1% dari profit untuk lingkungan dan juga mengurangi penggunaan plastik dengan bergabung dalam program Plastic Positive. Cool, benar-benar usaha untuk menjaga lingkungan dengan cara mereka. 

Mari kita masuk ke recap review-nya. Di sini aku akan membahas tekstur, wangi dan warna, rasanya di kulit, efeknya bagi kulit, dan juga cara pemakaian.

Tekstur: oke, secara tekstur dia cair dan milky, cukup berbeda dari oil kebanyakan. Aku suka dengan teksturnya yang runny seperti ini, membuatnya terasa ringan dan tidak terlalu sticky di kulit. Produk juga terambil dengan mudah dari pipetnya.

Wangi dan warna: dia ini wangi-wangi semacam gandum, kalau menurutku. Wanginya cukup enak sih dan diterima oleh hidungku yang sensitif. Warnanya putih susu, yaa..

Rasanya di Kulit: awal aku memakai body oil serum ini, aku merasa area tangan cukup hangat. Mungkin efek eksfoliasinya kali ya.. Rasahangatnya tidak mengganggu sama sekali, kalau sudah digosok sudah biasa lagi. Cukup nyaman saat menggunakan ini.

Efeknya bagi Kulit: aku merasa body oil serum ini bisa memberikan kelembaban tanpa rasa greasy di area badan karena teksturnya tadi yang cair. Dia juga memberikan efek glowing, sehingga kulit pada tubuh terlihat sehat. Untuk efek mencerahkannya mungkin aku pribadi belum terlalu merasakan karena memang aku akhir-akhir ini sering panas-panasan, tapi aku merasa belangnya sedikit berkurang.

Cara Pemakaian: bagian terpenting, harus disimak ya teman-teman. Aku menggunakan body oil serum ini di malam hari, sebaiknya jangan gunakan di pagi hari untuk menghindari sun burn. Setelah malam pakai body oil serum ini, keesokan paginya teman-teman boleh pilih, antara mau pakai sunblock atau lengan panjang, lagi-lagi untuk menghindari sun burn. Kok bisa sun burn? Karena kulit sedang dalam keadaan tereksfoliasi secara kimia atau bahasa yang lebih awamnya terkikis sehingga lapisan kulitnya menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari.

Untuk teman-teman yang masih pemula sepertiku dalam menggunakan body oil serum, sebelum pakai body oil serum boleh gunakan body lotion terlebih dahulu. Pakainya juga 3-4 hari sekali, nanti kalau kulit sudah terbiasa baru silakan dipakai setiap hari. Nah, apa bedanya body oil serum dan body lotion? Keduanya sama-sama untuk merawat kulit tubuh, perbedannya body oil serum ini bekerja lebih kuat supaya efeknya lebih cepat, karena dia mengandung 10% Lactic Acid.

Harga: Rp 238.000,- bisa teman-teman cek di shopee, silakan cek!

Ini dia untuk foto before-afternya. Bisa teman-teman lihat, pada foto after area tangan yang aku ucapkan body oil terlihat lebih glowing dan lembab.

Thank You for Reading!
Tags: body oil serum lokal, cara merawat kulit tangan yang belang, body oil untuk mencerahkan kulit, body oil untuk kulit kering, body oil terbaik, body oil female daily, rekomendasi body oil terbaik, body care indonesia, rekomendasi body care terbaik, body oil untuk melembabkan kulit, body oil yang bagus dan murah

You May Also Like

26 comments

  1. Ka makashh reviewnyaa, bener2 lengkap..jadinya pengen ikut nyobain juga :)

    ReplyDelete
  2. Gederr pen banget nyobainn 😍 kalo kak eltan review pasti jujur banget , kalo produk gtu biasanya ngiler pen coba bisa buat glowing dan lembab lagii😍 cwek mana yg gamau glowing dan sehat jugaa kulitnya karna terjaga❤

    ReplyDelete
  3. Aku penasaran banget sih kk el, dai packangingnya itu simpel tapi menarik aja, wortid to Buy ya kk el❤️

    ReplyDelete
  4. Looks like a great product! Love your photo at the end 💐

    Blog de la Licorne *

    ReplyDelete
  5. Review nya benar2 bikin ngiler,lengkap banget

    ReplyDelete
  6. reviewnya selalu menarique 😍😍

    ReplyDelete
  7. Belum pernah pake body oil serum. Jadi pengen nyobain 🥺

    ReplyDelete
  8. Hai kak. Really excited with your review. How you write feel honest and interesting. Can't wait another review ��

    ReplyDelete
  9. Ini produk body serum yang bener-bener serum ya. aku dulu baru pernah coba serum dalam bentuk lotion gitu sih. Yang kayak produk yang kakak review ini pasti lebih efektif.

    ReplyDelete
  10. Aku belum pernah nyoba yang body oil serum ini mba. Dan baru tahu juga penggunaannya juga lebih baik di malam hari. Makasih rekomendasinya mba :)

    ReplyDelete
  11. Ternyata ada ya untuk badan. Selama ini aku cuek aja, lebih fokus untuk wajah

    ReplyDelete
  12. Packagingnya simpel tapi bagus, sama dengan produknya yang memang ternyata bagus banget ya kak. Jujur sih aku belum pernah cobain Body Oil Serum, penasaran juga jadinya pengen nyobain.

    ReplyDelete
  13. Belum pernah coba yang namanya oil serum untuk badan. Duh jadi pengen glowing juga jadinya. 😍 1 botol ini bisa habis dalam waktu berapa lama?

    ReplyDelete
  14. Oh gitu, pemakaian setelah body lotion ya. Aku belom pernah pake body oil serum begini. Palingan serum wajah. Penasaran. Kudu nyoba deh kayaknya ☺

    ReplyDelete
  15. Aku baru tau soal body oil ini dan ternyata banyak manfaatnya untuk menjaga kecantikan kulit tubuh ya, menarik banget untuk dicoba

    ReplyDelete
  16. Kak Lisa, tanya doonk...judulnya Body Oil Serum, tapi hanya dipakai di wajah sebagai serum untuk malam hari, begitukah?
    Spirulina ini memang sedang hits yaa...bahan alami yang bisa bantu merawat kesehatan kulit.

    ReplyDelete
  17. Kayaknya ini bikin kulit lembab banget ya beb. Uda gitu unik banget ada kandungan spirulina nya ya. Jadi pengen cobain

    ReplyDelete
  18. Aku pikir teksturnya yg kentel gtu ternyata gak jg yaaa
    Oh jd sebaiknya hindari dipakai pagi/ siang ya? Pakai malam aja supaya lbh aman
    Kalau keluar2 jgn lupa apply sunscreen gtu ya?

    ReplyDelete
  19. langsung suka sama desainnya warna putih dominan gitu, cantik banget. btw kebetulan saya sedang cari serum, bisa rekomendasi buat saya mba Lis

    ReplyDelete
  20. Perlu nih aku mau coba juga thks for riview ya dear

    ReplyDelete
  21. Wah baru denger aku kalo ada produk body oil ini. Cara pakainya masih sama seperti hand & body lotion kah? Menarik nih kalo bisa exfoliation.

    ReplyDelete
  22. Menarik banget,ada kandungan Exfoliator nya. Aku juga kk el kalo gak enak bau nya jadi males pakainya jadi nya.dan produk terunik sih jarang aku baca kandungan skincare yang ada spiriluna, Wishlist banget!!

    ReplyDelete
  23. Makasi kak reviewnya lengkapppp

    ReplyDelete
  24. Wah sekarang produk lokal juga banyak bgt yg ngerambah ke serum for body mungkin ku jadikan wishlist dahulu hehe 😅. As usual very nice review.

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L