Online Shopping? Yes or No?

by - January 26, 2014

<In Bahasa>

Halo semuanya! Selama bertahun-tahun aku posting, aku gak pernah sekalipun pake bahasa Indonesia. Baru kali ini akhirnya aku memberanikan diri pake bahasa indonesia buat sebuah blog post yang spesial ini. Aku agak bingung sebenarnya mau pake bahasa yang baku or gaul, but.. let's see what will I write hahahaha!

okay kali ini aku mau bahas yang namanya online shopping. Pasti semua sudah pada familiar banget gak sih? Aku yang dulunya gak suka shopping online karena aku takut ketipu, akhirnya memberanikan diri beli online. Memang sih, ada yang memuaskan, ada yang tidak. Nah, dari pengalaman aku ini, aku mau bagi pengalaman tips belanja online!

1. Berbelanja di toko yang terpercaya.
Ketika mau membeli sebuah barang, cek dulu apakah toko itu terpercaya apa tidak. Maksudnya, coba iseng-iseng search testimoni toko itu, liat juga comment di page tersebut gimana. Aku pribadi sih merekomendasikan shop yang memang udah punya nama besar, seperti contohnya Zalora. Buat kalian yang belum tau apa itu Zalora, Zalora adalah salah satu online shop terbesar yang ada di Indonesia. Nah di Zalora ini, ada banyak banget brand-brand baik yang udah terkenal maupun yang masih baru. Kalian bisa pilih-pilih mau barang apa. 

Nah di Zalora ini, pengirimannya gratis! Tp kalo di atas Rp 200.000,00 dan yang paling menyenangkan, kalian ga harus transfer dulu. Kalian bisa bayar di tempat pakai credit card or debit card jadi gak perlu was-was takut barangnya gak sampe.



2. Real picture.
Aku lebih prefer toko yang sediain gambar asli atau real picture, biar pre order maupun ready stock. Maksudnya gambar asli, barangnya itu difoto ketika udah sampe lalu di publish. Lebih bagus lagi kalo shopnya publish gambar ketika barang itu dipake (untuk apparels like clothes, shoes, etc) biar kita bisa bayangin baju itu cocok di kita atau tidak. Apalagi kalo free size dan pas sampai gak masuk, sedih banget kan pasti. Cek juga size di toko tersebut apakah sesuai dengan ukuran tubuh kamu. Ini contohnya:


3. Testimonial
Testimonial juga cukup penting buat kita percaya apakah toko itu real atau fake. Aku lebih suka toko-toko yang mempublish foto foto testimonial dari customer. Selain itu, comments di social media juga suka aku perhatiin kaya misalnya di instagram, facebook, or even website toko itu sendiri.

4. Harga
Jangan terlalu percaya dengan shop yang jual barang dengan harga gak wajar. Misalkan ada shop yang jual tas michael kors selma asli tapi dengan harga cuman satu jutaan yang padahal aslinya bisa empat jutaan <contohnya michael kors selma because it has been on my wishlist all the time :p>. Aneh? Ya, jangan percaya dulu kalo barang itu asli. Inget pepatah, Ada harga ada barang? Dari pengalamanku sih itu betul banget, biasanya yang barang dengan harga gak wajar itu, ketika datang, bakal mengecewakan.

5. Resiko Barang dengan Harga WOW
Aku pribadi tidak akan beli barang-barang dengan harga 'wow' di internet karena aku gak berani ambil resiko. Lebih baik kita beli di toko aslinya dan coba-coba barang tersebut gak sih? Terkecuali tokonya memang gak ada di Indonesia, it's ok to buy online. Tapi ini pribadi setiap orang sih, kalo kamu berani, why not??

Semoga post ini membantu ya walaupun cuman 5 and aku memang lagi pengen banget share but sampai nomor ke 5, i'm stucked hahahahahaha. Banyak juga post di luar sana yang lebih bagus dan mungkin ini tips yang super familiar, but I just try to help! ftc: semua tips based on my experience and my opinion, so if you don't really agree, that's ok! :)

cheers <3

p.s : I'm super super busy these days with my school tests, and my brother is currently sick so he can't take photos of me. I hope I can post some stuffs from my sponsor, sooooon!!

You May Also Like

8 comments

  1. Nice tips! I've always have doubt with online shopping and your post help me a lot<3

    christymonicaa.blogspot.com

    ReplyDelete
  2. I like online shopping but I need to know the seller. xa

    http://www.fashiondenis.com/

    ReplyDelete
  3. Hi My Dear ! :* Your blog is so cool ! I want to invite you to mine , and check the shop witch the banner is on the right side of my blog ! You will get 10% discount! I think that u will find in this shop something special for u ;* maybe u wanna follow each other ? If yes just follow me and let me know I will do the same ! :*

    ReplyDelete
  4. Lisaa!!! goodluck skolahnyaa.. gils minggu dpn ud upra aja. ckck... thank you for sharing! setuju banget, kalo mau beli online mesti cek dulu testi costumernya sama nama besarnya.. daripada was-was mendingan di cek ato ga beli skalian..

    have a nice day!
    http://helena-nt.blogspot.com

    ReplyDelete
  5. great post doll :) xx
    www.ambifashion.com

    ReplyDelete
  6. thank you for your info about online shopping dear


    kisses from Bali,
    DIAS

    ReplyDelete

First of all, thank you for your comments!

Fyi, I rarely reply on comments, so if you have any questions regarding the products or anything, bump me on my e-mail, or on my instagram! I'll answer your questions there!

With Love, L